Dolar AS Melemah Lagi Bikin Harga Emas Naik Tipis



Harga emas menguat tipis berkat dolar AS kembali melemah. Turunnya nilai tukar dolar AS ini disebabkan oleh investor yang mempersiapkan diri untuk laju kenaikan suku bunga The Fed pada bulan ini.

Dilansir dari CNBC, Rabu 20 Juli 2022, harga emas di pasar spot naik 0,17 persen ke US$1.711,89 per ons dan emas berjangka AS jalan di tempat di US$1.710,2 per ons.

Sementara itu, harga emas 1 gram Treasury berada di Rp852.636. Logam mulia ini berada di level tertinggi, yaitu Rp855.328, lalu terguling ke Rp851.393.

Indeks dolar turun 0,7 persen hari ini. Melemahnya dolar AS mengurangi tekanan kepada emas dan menjadikan logam mulia ini lebih murah bagi pembeli luar negeri.

“Melemahnya dolar mengurangi beberapa tekanan yang kita lihat di sejumlah komoditas dan emas,” kata Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger.

Analis di platform perdagangan online OANDA, Ed Moya, mengatakan ada kemungkinan emas berjuang untuk naik ke US$1.750 per ons.

“Dolar AS melemah (saat) memulai minggu perdagangan ini, tapi ini mungkin bukan yang teratas,” kata Moya, dilansir dari medcom.id.

Selain emas, di pasar spot, harga perak, platinum, dan paladium juga ikut naik. Harga perak menguat 0,31 persen ke US$18,73 per ons, platinuim 1,13 persen ke US$872,6 per ons, dan paladium 1,01 persen ke US$1.873,66 per ons.

 

Hambatan untuk Emas

Meger menilai kebijakan bank sentral global yang mulai menaikkan suku bunga acuannya ini menjadi hambatan emas tanpa bunga. Sekadar informasi, kenaikan suku bunga acuan bertujuan untuk menekan laju inflasi. Kebijakan ini membuat investor melirik aset lain.

“Ini alasan logis yang menekan emas akhir-akhir ini,” kata dia.

Dalam beberapa minggu terakhir, emas dinilai belum mampu jadi aset safe haven. Harga emas batangan melemah US$350 dari level US$2 ribu per ons pada awal Maret 2022. Hal ini disebabkan oleh rencana kenaikan suku bunga agresif dari The Fed dan reli penguatan dolar AS. 

Diperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunganya sebesar 75 basis poin pada pertemuan tanggal 26-27 Juli 2022. 

Kemudian, para petinggi Bank Sentral Eropa akan membahas kenaikan suku bunga acuannya, apakah akan naik 25 basis poin atau 50 basis poin. Pertemuan ini dijadwalkan akan diadakan pada Kamis waktu setempat.

 

Kekhawatiran Mereda

Sebelumnya, Kepala Analis Pasar Exinity, Han Tan, menilai ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga The Fed sebesar 100 basis poin berkurang. Sebelumnya, pasar berekspektasi The Fed akan menaikkan suku bunga sebanyak 100 basis poin pada akhir Juli untuk menekan angka inflasi. Ditambah ada ekspektasi inflasi berkurang karena harga BBM turun dalam sebulan terakhir.

“Dengan pergerakan 75 basis poin, dolar AS telah melemah dari rekor minggu lalu. Ini memberikan bantuan di pasar komoditas dan ekuitas,” kata analis pasar di Kinesis Money, Rupert Rowling.

Pejabat The Fed juga memberikan sinyal akan mempertahankan suku bunga acuannya sebesar 75 basis poin pada pertemuan tanggal 26-27 Juli 2022. Mereka juga menyoroti kemungkinan Bank Sentral Eropa yang akan menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin.

Emas dunia juga mendapatkan angin segar dari data perekonomian AS. Menurut data National Association of Home Builders, indeks kepercayaan anjlok 12 poin ke 55 pada Juli 2022. Penurunan ini lebih besar daripada ekspektasi pasar.

“Sebagai tempat berlindung yang sebelumnya aman, emas belum keluar dari kesulitan,” kata Kepala Strategi Teknis skcharting.com, Sunil Kumar Dixit.

Dixit memprediksi emas bisa turun ke bawah level US$1.700 per ons, tepatnya ke US$1.666-US$1.683 per ons.

Harga emas yang semakin murah menjadi kesempatan yang oke bagimu untuk memiliki logam ini. Untuk Sobat Treasury yang cemas terhadap inflasi, keunggulan emas tak perlu dipertanyakan lagi. Instrumen investasi itu terkenal tahan inflasi dan nilainya tetap terjaga.

Ingin beli emas? Sekarang kamu tak perlu repot ke toko emas dan cukup membelinya melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa menjadi pilihan untuk membeli emas. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

 

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!