Harga Emas Global Terkerek Terimbas Konflik Ukraina



Harga emas mencapai level tertinggi lebih dari dua bulan terakhir. Naiknya harga emas dunia tak lepas dari adanya kekhawatiran geopolitik atas Ukraina yang mendorong investor menuju aset safe haven, serta penurunan tajam pada pasar saham AS menjelang pertemuan Federal Reserve (Fed) yang dapat memberikan keputusan terkait rencana pengetatan kebijakan moneter Yang akan diambil.

Kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman Februari di divisi Comex New York Exchange, melonjak 10,8 dolar AS atau 0,59 persen, menjadi ditutup pada 1.852,50 dolar AS per ounce. Di pasar spot, harga emas juga naik 0,50 persen menjadi diperdagangkan di 1.852,03 dolar AS per ounce pada pukul 19.03 GMT.

Sehari sebelumnya Senin (24/1/2022), harga emas berjangka terdongkrak 9,9 dolar AS atau 0,54 persen menjadi 1.841,70 dolar AS, setelah jatuh 10,8 dolar AS atau 0,59 persen menjadi 1.831,80 dolar AS pada Jumat (21/1/2022), dan terkikis 0,6 dolar AS atau 0,03 persen menjadi 1.842,60 dolar AS pada Kamis (20/1/2022).

Mengutip Reuters, saat ini Rusia sedang dalam sorotan setelah Amerika Serikat menempatkan 8.500 tentara dalam siaga untuk siap dikerahkan jika terjadi eskalasi, sementara Inggris mendesak sekutu Eropanya untuk menyiapkan sanksi jika Rusia menginvasi Ukraina.

Emas menjadi pilihan yang paling aman untuk mengamankan nilai selama masa konflik. Permintaan emas yang tinggi membuat harganya akan semakin terkerek dalam beberapa bulan ke depan (sumber)

Ahli strategi pasar senior di RJO Futures Bob Haberkorn menjelaskan, emas bertindak seperti 'pelarian' ke perdagangan yang aman dalam skenario menunggu dan memantau sampai setelah pengumuman Fed besok, Kamis (27/1/2022).

Investor menunggu isyarat tentang seberapa agresif The Fed untuk sisa tahun ini dan apakah itu akan memberi sinyal lebih banyak kenaikan untuk mengatasi inflasi, Haberkorn menambahkan.

The Fed diperkirakan akan menunjukkan rencananya untuk menaikkan suku bunga pada Maret dan menawarkan wawasan tentang seberapa hawkish yang akan terjadi.

Meskipun emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan risiko geopolitik, kenaikan suku bunga akan meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Emas juga tampaknya melepaskan tekanan dari arus masuk ke mata uang safe-haven dolar saingannya yang telah menyentuh tertinggi dua minggu.

Harga emas juga mendapatkan dukungan tambahan karena Dana Moneter Internasional (IMF) merilis Prospek Ekonomi Dunia pada Selasa (25/1/2022), dengan menurunkan perkiraannya untuk pertumbuhan ekonomi global. Selain itu, hasil konsensus Reuters juga memperpirakan level inflasi AS bulan Januari yang akan dirilis pekan ini akn kembali mengalami kenaikan. Dua hal ini memberikan dorongan terhadap pergerakan harga emas (sumber)

Harga logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret naik 9,6 sen atau 0,4 persen, menjadi ditutup pada 23,896 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 5,2 dolar AS atau 0,51 persen, menjadi ditutup pada 1.025,5 dolar AS per ounce (sumber)

Sebelum harga emas terus terkerek, sebaiknya sekarang Sobat Treasury mulai untuk membeli emas saat ini untuk berinvestasi di instrumen emas tidak perlu lagi menyentuh dan menjaga emas itu secara fisik. Tanpa ada rasa khawatir akan proteksi yang kurang aman, Sobat Treasury bisa berinvestasi melalui emas digital yang nominalnya setiap saat bisa dilihat dan diperiksa. Salah satu aplikasi jual beli emas digital yang sudah legal, aman dan terpercaya adalah Treasury. Investasi emas di Treasury bisa Kamu lakukan mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu.


Beli Emas Sekarang

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yaxng Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!