Cara Sederhana Memahami Inflasi📉



Kata 'Inflasi' mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Namun rupanya, banyak orang yang masih sulit memahami apa itu inflasi? Sobat treasury sudah tahu apa itu inflasi?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Inflasi diartikan sebagai 'suatu keadaan kemerosotan nilai uang (kertas) sebab terdapat banyaknya dan juga cepatnya uang (kertas) yang beredar sehingga menimbulkan naiknya harga barang-barang'.

Bingung kan? Nah, coba kita artikan secara lebih sederhana.

Misalnya, di tahun 2017 kita membeli sebuah burger dengan uang tunai senilai Rp1.000.000 akan mendapatkan sekitar 35 hamburger. 

Tapi dengan Rp1.000.000, jika kita membeli hamburger tahun 2021, hanya akan mendapatkan sekitar 28 hamburger. Jumlah hamburger yang kita dapat berkurang 7 buah. Itu terjadi karena nilai uang kita tergerus oleh inflasi. Sederhananya, inflasi membuat nilai uangnya sama, tapi jumlah barang yang bisa dibeli dengan uang itu di masa depan akan lebih sedikit.

Terus kita harus apa dong, biar uang kita nggak tergerus inflasi? Sobat Treasury nggak perlu sedih. Inflasi bisa dilawan dengan investasi, salah satunya investasi emas.

 

Kenapa emas? Kita jawab cengan contoh sederhana ya.

Saat kita investasikan Rp1.000.000 untuk membeli emas pada tahun 2017, kita akan mendapatkan Emas sebanyak 2,01 gram. Kemudian pada November 2021, kita mencairkan investasi emas tersebut dengan harga Rp 851.282/gram, maka kita akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.715.000. 

Dengan analogi hamburger tadi, dengan uang Rp1.000.000 yang kita tanam di 2017 dan berkembang menjadi Rp1.715.000 pada November 2021, maka hamburger yang kita dapatkan menjadi 50 hamburger. Lebih banyak ketimbang uang Rp1.000.000 yang ditabung tanpa pengembangan.

Dari situ kita bisa lihat bagaimana emas bisa melindungi aset kita dari inflasi.

Karena karakteristik harga emas yang selalu naik itulah, banyak pengamat ekonomi yang menyebut emas sebagai aset yang terbukti efektif untuk membuat tabungan kita kebal inflasi.

Coba deh investasi Investasi emas di Treasury bisa Sobat Treasury lakukan mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu!


Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas digital di Treasury

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!