Cara Biar Merdeka Secara Finansial di Era Pandemi



“Financial freedom” alias merdeka secara finansial belakangan ini jadi salah satu tujuan hidup muda-mudi yang mulai melek sama kehidupan keuangan mereka. Cita-cita untuk kelak bisa merasakan hidup tanpa ‘diperbudak’ uang terlihat sangat memikat. Semua juga mau, kan?

Jangan salah ya, financial freedom ini bukan serta merta berarti punya banyak harta, melainkan punya cukup harta yang digunakan dengan baik untuk bisa menjaga masa depan. Dilansir dari berbagai sumber, ada tiga hal yang harus kamu miliki demi bisa punya financial freedom: tercukupinya dana pendidikan anak, tercukupinya dana perlindungan terhadap diri, dan kesehatan.

Meski pendapatan tidak sampai tiga digit, jika memang andal mengatur keuangan, bukan tidak mungkin tiga hal tadi bisa dicukupi dan mencapai cita-cita merdeka secara finansial. Tentunya tidak mudah, apalagi di era Pandemi yang cukup menyulitkan sektor ekonomi semua lapisan, tapi asal komit, bisa kok.

Berikut Treasury kasih contekan tips untuk bisa merdeka secara finansial ya!

Pertama, kamu harus tahu berapa anggaran rutin tiap bulan (untuk pengeluaran pokok, termasuk cicilan jika ada), agar tahu berapa nominal yang dibutuhkan tiap bulan dan bisa langsung disisihkan untuk tabungan dan investasi. Mengingat pandemi yang mungkin masih panjang, ada baiknya kamu atur ulang anggaran bulanan, mulai kurangi yang tidak terlalu dibutuhkan agar lebih efisien dan ekonomis.

Jangan lupa juga, kumpulkan dana darurat dari sekarang. Dana darurat ini penting banget demi bisa menjaga hidup saat ada hal-hal diluar kuasa terjadi. Seperti di-PHK atau mengalami kerugian usaha gara-gara COVID-19. Dana darurat ini bisa jadi pegangan untuk memenuhi kebutuhan dan pengeluaran rutin, hingga Kamu kembali punya pemasukan tiap bulan.

Kedua, sebisa mungkin hindari hutang konsumtif. Hutang konsumtif nih maksudnya menggunakan kartu kredit atau fitur pembayaran nanti demi memuaskan hasrat jajan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Seperti membeli kursi kerja empuk demi kenyamanan WFH, padahal bangku sekarang juga masih nyaman banget. Jangan ya. Ingat lah, sebelum merdeka memang butuh banyak pengorbanan.

Ketiga atau yang terakhir, perbanyak tabungan dan investasi. Bedakan tabungan dana darurat dengan tabungan untuk masa depan ya! Lalu, mulailah belajar berinvestasi atau mulai #PunyaSimpenan Emas untuk jangka panjang. Hanya lewat app, kamu sudah bisa mulai mengumpulkan Emas. Sedikit demi sedikit, bahkan mulai dari Rp5.000,- lho.

Jangan lupa langkah awalmu bisa dengan ikutan WASPADA (WAlau Sedikit taPi ADA) pada tanggal 17 Agustus 2020 (13.00 - 14.00), dengan pembelian Emas senilai Rp17,845.- saja (tidak berlaku kelipatan), kamu akan berkesempatan mendapatkan cashback up to 28% dari Goldie. Asalkan kamu konsisten melakukan langkah-langkah ini, financial freedom pasti bisa dicapai deh! Semangat terus ya!