✨Menuju Financially Glow 2022✨



Belakangan, urusan mengurus kulit terutama wajah sudah bukan hanya jadi milik kaum hawa. Banyak pria yang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit. Eits, kok tiba-tiba jadi ngomongin kulit sih? Oh tenang… artikel kali ini akan mengingatkanmu, bahwa selain kulit dan wajah, ada lagi yang perlu dijaga biar tetap glowing: keuangan.

Yes, mumpung tahun baru, yuk sama-sama bikin goal untuk urusan keuangan. Waktunya punya financial goal biar financial glow. Seperti pernah Goldy bahas di sini, ada beberapa cara agar kamu kamu punya manajemen keuangan yang baik. Salah satunya adalah dengan mengatur pengeluaran dengan sebaik-baiknya, karena ini akan berpengaruh pada kondisi keuanganmu. Selain itu, kamu juga jadi tahu berapa sebenarnya kebutuhan kamu.

Pengeluaran Rutin nan Penting

Namanya juga manusia, ada saja kebutuhannya. Mulai dari urusan perut hingga pendidikan dan kesehatan. Hal-hal ini penting dijaga dan disiapkan dananya, biar nggak keteteran di masa depan. Berikut Goldy kasih beberapa pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan tiap bulan (disclaimer, tentunya ini bakal beda-beda untuk setiap orang ya. Tapi ini Goldy coba bikin yang paling general!)

  1. Uang Sekolah/Kampus

Tiap bulan (atau per-semester) kita harus membayar SPP alias uang sekolah. Ini harus disiapkan dan sebisa mungkin jangan ditunda agar tidak menyusahkan kelak. Biasanya bayaran lengkap ini jadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian atau kegiatan sekolah lainnya.

  1. Belanja Sembako

Termasuk di dalamnya, makanan pokok seperti beras, gula dan telur serta kebutuhan pribadi macam sabun mandi dan pembalut. Kebutuhan ini haruslah dipenuhi karena berhubungan dengan kelangsungan hidup. Jika setelah dihitung, jumlahnya lumayan besar, coba ceki-ceki lagi, siapa tahu ada beberapa barang yang sebenarnya tidak butuh-butuh amat!

  1. Transportasi

Setelah dua tahun #DiRumahAja dan dana transportasi dikonversikan jadi pengeluaran lain (atau simpanan Emas) sepertinya 2022 kita akan lebih mobile dibanding 2020 atau 2021, karena kondisi pandemi yang berangsur-angsur turun. Kantor mulai beroperasi kembali dan waktunya bilang  bye bye sama pojokan ngantor di rumah. Jadi, jangan lupa siapkan dana transportasi buat berangkat WFO ya!

  1. Utilitas (listrik, air, gas dan kebersihan)

Ini juga salah satu pengeluaran dan tagihan rutin yang harus kudu wajib dibayar tiap bulan. Karena sangat penting untuk kehidupan. Jangan biasakan menunda pembayaran, karena ada denda dan bisa menyulitkan. Bisa-bisa diputus, dan kamu jadi nggak  bisa ngerjain deadline dengan raport di rumah deh. 

  1. Uang kos atau sewa rumah

Meski uang sewa rumah itu biasanya tahunan, tapi kamu bisa mengumpulkan dana tiap bulan agar saat tenggat waktu, kamu tak perlu kesulitan mencari dana untuk membayar uang sewanya. Jika ada bonus atau uang lebihan, boleh juga dimasukan ke pos pembayaran rumah. Untuk kosan, ya sebaiknya jangan sampai menunda pembayaran ya, bisa-bisa kamu diusir dari kosan!

Nah, itu tadi beberapa pengeluaran yang harus dikeluarkan tiap bulan dan sebaiknya tidak ditunda, biar cashflow tiap bulan tetap aman. Selain pengeluaran rutin tadi, Sobat Treasury juga sebaiknya menyiapkan dana untuk pengeluaran tahunan seperti pengeluaran Pajak, baik tanah/rumah maupun kendaraan. Karena tiap tahun harus dikeluarkan dengan nominal yang tetap, coba sisihkan dana setiap bulan agar tidak berat saat harus membayar pajak ya.

Setelah tahu pengeluaran apa saja yang harus disiapkan, Sobat Treasury juga jadi tahu berapa sisa pemasukan yang kamu miliki dan langkah apa saja yang harus disiapkan untuk menuju financial glowing di masa depan. Salah satu langkahnya adalah dengan menyiapkan simpanan yang bisa dijadikan safety net untuk menjaga keuangan kamu.
Bentuk simpananny bisa berbagai macam, sesuai dengan kebutuhan. Kalau Goldy boleh kasih saran sih, cobalah untuk mulai investasi Emas di Treasury (ehem…) karena nilai Emas yang cenderung meningkat dari masa ke masa, bikin nilai simpenan kamu juga ikutan meningkat dan tetap bernilai besar walau inflasi menerjang.
Mumpung masih tahun baru, yuk dibiasakan untuk investasi Emas dan mengatur pengeluaran sedemikian rupa, demi #MasaKeEmasan!