Mengenal Jujuran, Mahar Nikah Mahal dari Suku Banjar



Indonesia memiliki banyak tradisi adat pernikahan. Salah satunya mahar pernikahan. Setiap suku punya mahar nikah yang berbeda, bahkan ada yang mahal. Sebelumnya, kita sudah membahas mahar mayam dari Aceh, panaik dari Bugis, dan bowo dari Nias dan kini giliran jujuran dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Jujuran ini termasuk ke deretan mahar nikah termahal di Indonesia.

 

Apa itu uang jujuran?

Uang jujuran ini berupa pemberian dari mempelai pria kepada wanita dalam akad pernikahan. Jumlahnya ini berupa uang dan barang yang diberikan untuk keperluan proses pernikahan sampai keperluan rumah tangga, seperti uang, emas, lemari, atau kasur.

Jujuran ini juga merupakan bukti keseriusan seorang pria untuk meminang wanitanya. Selain itu, ada pula yang menilai jujuran merupakan cara untuk menaikkan status sosial seseorang. Semakin tinggi nilai uang jujuran, semakin tinggi pula derajatnya. Menurut berbagai sumber, uang jujuran ini mirip dengan uang panaik dari Suku Bugis. 

Dalam pernikahan, jujuran tidak menjadi hak pengantin wanita sepenuhnya. Uang jujuran bisa digunakan untuk membiayai pesta pernikahan. Malah, ada orang tua pengantin wanita yang menggunakannya untuk membelikan kebutuhan pengantin wanita untuk modal berumah tangga.

 

Berapa Besar Uang Jujuran?

Di tradisi Suku Banjar, jujuran ini merupakan sejumlah uang atau barang yang disepakati oleh kedua mempelai untuk menggelar pernikahan adat Banjar. Besar nilai jujuran ini bergantung kepada beberapa faktor. Contohnya latar belakang mempelai pengantin, tingkat pendidikan, atau sesuai kesepakatan antara pihak pengantin pria dan wanita. 

Mahar nikah orang Banjar, menurut berbagai info, berupa uang atau emas dengan nilai Rp5 juta-Rp20 juta. Ini belum termasuk barang-barang yang akan digunakan untuk lamaran lainnya. Saking tingginya uang jujuran, tak jarang pria menunda untuk menikah agar bisa mengumpulkan biaya untuk pernikahan.

Proses pemberian jujuran ini serupa dengan seserahan. Keluarga calon pengantin pria datang ke kediaman pihak wanita untuk melamar dan membahas jujuran.

Ketika membahas jujuran, pihak wanita berhak menerima atau menaikkan nominalnya. Jika sang pria belum menyanggupi dan dia benar-benar serius, ini bisa menjadi motivasi baginya untuk mengumpulkan jujuran.

Agar uang jujuran bisa cepat terkumpul, Sobat Treasury bisa memilih emas sebagai instrumen investasi. Selain nilainya tetap terjaga, harga emas bisa naik setiap tahun. Logam kuning ini juga terkenal sebagai instrumen yang tahan terhadap inflasi. 

Emas juga bisa digunakan sebagai jujuran, lho. Kamu bisa memilih koin emas Koin Nusantara untuk dijadikan jujuran. Selain terbuat dari emas 24 karat, koin ini punya desain yang terinspirasi dari budaya Nusantara dan koin dinar. Koin Nusantara diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) untuk Treasury. Ada dua jenis Koin Nusantara, yaitu Edisi 1 Dinar Padang seberat 4,4 gram dan 0,5 Dinar Lombok seberat 2,2 gram.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!