Mengenal Emas Digital, Keuntungan dan Cara Investasinya



Emas menjadi instrumen investasi yang aman untuk penyimpanan nilai jangka panjang. Selain lebih aman, nilai emas juga tidak pernah turun. Pada saat risiko sistemik dan periode inflasi tinggi, emas telah menunjukkan sifatnya sebagai diversifikasi portofolio yang efektif. Di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19, emas naik sebesar +28,2% pada tahun kalender 2020 dan 23,9% pada 2019.

Hanya saja, terkadang menabung untuk berinvestasi emas memang kerap kali jadi tantangan tersendiri. Karena pecahan paling kecil emas fisik adalah 0,5 gram yang harganya sekitar Rp400 -500 ribu, tentu kita perlu menabung dulu untuk membeli emas fisik.

Untuk mempermudah skema investasi, saat ini sebenarnya sudah ada emas digital. Sobat Treasury bisa secara langsung mencicil emas mulai dari Rp5.000. Emas Digital adalah cara zaman baru untuk membeli logam mulia tanpa perlu memegang emas secara fisik. Sobat Treasury dapat membelinya dengan nyaman dan mudah secara online, duduk dalam kenyamanan di rumah.

Saat Sobat Treasury membeli Digital Gold, transaksi dialihkan melalui mobile atau internet banking, memfasilitasi transaksi saat bepergian dengan harga pasar. Tarif didasarkan pada beberapa faktor seperti harga emas internasional, bea cukai dan nilai tukar.

Keunggulan dari emas digital adalah Sobat bisa membeli emas sesuai dengan kemampuan. Selain itu emas digital juga lebih aman dari segi penyimpanan karena emas digital akan berbentuk saldo seperti uang di rekening yang nilainya bisa diperiksa setiap waktu.

Adapun saat ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memberikan lisensi untuk penjualan emas digital secara resmi pada PT Indonesia Logam Pratama, Treasury. Sehingga jaminan kemurnian emas karena disertifikasi oleh lembaga berlisensi pemerintah. Sifat emas digital juga sangat likuid Sobat Treasury dapat dengan mudah membeli/menjual unit kapan saja, di mana saja.

Selain melakukan pembelian emas, lanjutnya, transaksi mulai Rp5.000 an juga bisa dilakukan untuk mengirimkan emas dan membeli Gift Card untuk dikirimkan ke sesama pengguna maupun non-pengguna Treasury. Fitur ini bisa diakses melalui fitur Transfer Emas.

Seluruh emas yang sudah dibeli oleh pengguna, tersimpan dengan baik dan aman di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sebagai partner penyedia emas. Apabila pengguna ingin memiliki emas fisik maka cukup melakukan Cetak Emas melalui aplikasi Treasury dan emas akan dikirimkan ke alamat pengguna.

 

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yaxng Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!