Mengenal Bowo, Mahar Adat Suku Nias



Setiap suku di Indonesia memiliki bentuk pernikahan adat yang berbeda-beda, terutama bicara tentang mahar. Minggu kemarin, kita sudah membahas sinamot dan mayam. Kali ini, giliran mahar Suku Nias yang dibahas, yaitu bowo.

Sobat, Suku Nias ini berada di Sumatera Utara. Adatnya pun masih sangat kental di sana, terutama di pernikahan. Namanya juga pernikahan adat, tentunya prosesinya pun panjang, mulai dari lamaran, kunjungan ke rumah mertua, penentuan uang jujuran, hingga ke pesta pernikahan. Bagaimana dengan biayanya? Biayanya pun tidak sedikit, terutama untuk mahar. Pernikahan adat Suku Nias pun juga terkenal sebagai salah satu pernikahan termahal di Indonesia, lho! Berikut ini penjelasannya.

Dalam adat istiadat Nias, mahar menjadi syarat penting untuk melangsungkan pernikahan. Tanpa mahar, pernikahan adat tidak bisa diberlangsungkan. Mahar ini diberikan oleh pengantin pria kepada mempelai wanitanya. Bowo sendiri berarti kasih sayang orang tua kepada anak. Bowo terjadi karena pihak pria menyatakan kasih sayangnya kepada pihak perempuan.

Dulunya, mahar di Nias ini berupa emas dan barang berharga lainnya, sekarang dikonversikan menjadi babi dan uang. Hewan ternak ini dibutuhkan untuk keperluan pesta. Uang yang dikeluarkan untuk membeli babi pun tidak sedikit. Misalnya, untuk lamaran, pengantin pria harus menyiapkan 25 ekor babi. Kalau harga per ekor sebanyak Rp1 juta, sang pria harus menyiapkan uang Rp25 juta untuk membeli babi.

Kalau ditambah dengan panjangnya rangkaian acara upacara adat pernikahan, biayanya pun bisa mencapai ratusan juta rupiah. Makanya, nggak heran kalau pernikahan adat Nias ini termasuk ke daftar pernikahan adat termahal di Indonesia.

 

Mengapa Mahar Adat Nias Itu Mahal?

Melansir dari berbagai sumber, mahar nikah Suku Nias mahal karena derajat wanita itu tinggi dan tingginya mahar agar gadis Nias tidak dipandang sebelah mata. Tak hanya itu, maharnya besar karena banyak persiapan pernikahan dan acara yang harus dipersiapkan oleh pihak perempuan. Ditambah lagi, itu adalah tradisi adar yang harus dilestarikan.

Di Suku Nias, mempelai pria harus melunasi mahar kepada semua pihak yang memiliki hubungan famili dengan pengantin wanita, terutama pihak ibu (uwu). Kemudian, di desa, mempelai pria juga diharapkan menggelar pesta untuk seluruh warga.

Pesta ini merupakan syarat kalau kemudian hari sang pria ingin menggelar pesta jasa (owasa). Kalau pengantin pria tak bisa menggelar pesta di desa, dia tetap dianggap sebagai anak-anak sekalipun sudah tua. Sang pria juga tak memiliki suara di desa. Biaya utama pesta pernikahan adat Nias adalah babi yang dibeli untuk keperluan pesta.

 

Bisa Mencegah Perceraian, Lho!

Sobat Treasury, besarnya jumlah maskawin yang dibayarjan pengantin pria berdasarkan kepada banyak aspek penilaian, seperti status orang tua pengantin perempuan, tingkat pendidikan sang wanita, serta kekayaan. Semakin tinggi pendidikan sang wanita atau semakin kaya dia, mahar yang diminta pun akan semakin mahal.

Jumlah mahar nikah pun juga menentukan derajat sosial seseorang dalam masyarakat Nias. Ini merupakan bentuk pengakuan penghormatan dan penghargaan terhadap wanita. Mahar pun bisa menjadi nilai untuk menjalin kekerabatan di Nias serta penghormatan dalam adat istiadat setempat. Selain itu, mahar juga bisa mencegah terjadinya perceraian. Jumlah mahar pun bisa didiskusikan kalau pengantin laki-laki punya keterbatasan finansial. Nantinya, digelar musyarawarah untuk tawar-menawar mahar pernikahan.

Untuk mahar adat Nias, koin emas bisa kamu gunakan sebagai pengganti uang, lho, Sobat Treasury. Koin Nusantara bisa kamu lirik karena desainnya terinspirasi dari budaya di Indonesia serta terbuat dari emas 24 karat. Ada dua jenis Koin Nusantara, yaitu Edisi 1 Dinar Padang seberat 4,4 gram dan Edisi 0,5 Dinar Lombok seberat 2,2 gram. Koin Nusantara ini dibuat oleh PT Untung Bersama Sejahtera untuk Treasury.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!