Mengapa Banyak Orang Beli Perhiasan Emas untuk Investasi?



Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang diminati banyak orang. Selain emas batangan, banyak orang turut melirik perhiasan emas sebagai sarana untuk menumbuhkan uangnya.

Selain terbuat dari emas, perhiasan punya beraneka ragam model. Kalau dipakai, benda ini bisa mempercantik tampilan seseorang. Makanya, perhiasan emas juga populer di kalangan wanita 

Lalu, apakah perhiasan itu terbuat dari emas murni?

Untuk membuat perhiasan emas, ada tiga bahan yang biasa digunakan, yaitu emas batangan, perak, dan tembaga. Persentase ketiga bahan ini akan mempengaruhi harga perhiasan. Perhiasan yang punya kandungan emas lebih tinggi, biasanya harganya akan lebih mahal.

Tinggi atau rendahnya kandungan emas ditentukan dalam pembuatannya. Tingkat karat tertinggi adalah 24. Itu artinya emas murni tanpa ada campuran bahan lainnya.

Lalu, harga perhiasan emas juga ditentukan oleh permintaan, pajak, dan ongkos pembuatan. Kalau proses membuatnya makin sulit, harganya juga akan mahal.

 

Alasan Orang Investasi Perhiasan Emas

Ada beberapa alasan sebagian orang melirik perhiasan emas untuk investasi. Pertama, perhiasan ini bisa digunakan untuk membuat penampilan lebih menarik. Tak sedikit orang memakainya untuk penampilan sehari-hari. Sang pemilik juga sering memakai perhiasan untuk acara penting, seperti menghadiri acara pernikahan teman atau keluarga.

Jangan salah, perhiasan emas juga bisa menaikkan gengsi si pemilik di lingkungan sehari-hari. Semakin besar ukurannya, harga perhiasan emas semakin mahal. Makanya, tidak jarang kekayaan orang dinilai dari besar dan banyaknya perhiasan yang dimiliki.

Kedua, gampang ditemukan. Emas batangan ini dibeli di tempat tertentu, pada umumnya. Berbeda dengan perhiasan emas yang mudah ditemukan. Sobat Treasury bisa membeli perhiasan tersebut di toko yang ada di pusat perbelanjaan atau ruko. Kalau ingin membeli perhiasan emas, lebih baik memilih penjual yang punya reputasi yang baik. Jika baru pertama kali membelinya, kamu juga bisa meminta referensi kepada orang terdekat.

 

Ketiga, harga lebih terjangkau. Harga perhiasan lebih murah daripada emas batangan karena tingkat kemurniannya sudah berkurang. Apalagi, emas tersebut sudah bercampur dengan logam-logam lainnya.

Keempat, harganya bisa naik. Sekadar informasi, emas ini punya lebih tangguh dalam menghadapi inflasi. Saat perekonomian memburuk, nilai instrumen investasi lainnya bisa jeblok. Kalau emas? harganya bisa tetap, bahkan malah semakin mahal karena permintaan meningkat.

Ada Tapinya, Nih…

Setiap instrumen investasi tentu memiliki risiko, termasuk perhiasan emas. Pertama, nilai jualnya turun. Harga perhiasan emas justru turun saat dijual. Toko emas akan mengukur kadar kemurnian emasnya, lalu biaya pembuatannya juga dihitung.

Kalau sudah diketahui jumlahnya, mereka akan memberitahukan harga jualnya. Kalau ingin perhiasan emas jadi investasi, lebih baik Sobat Treasury menunggu waktu yang pas untuk menjualnya lagi, misalnya saat harga emas sedang tinggi-tingginya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Melansir Kompas.com, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, berpendapat perhiasan emas bukan investasi karena nilai jualnya bisa turun drastis. Kalau sering dipakai, harga jual perhiasan emas juga akan semakin turun.

“Meskipun harga emas naik secara rata-rata, tetapi perhiasan emas bisa turun secara signifikan,” kata Bhima.

Awas Jadi Sasaran Perampok

Kedua, perawatannya tinggi. Perhiasan emas memerlukan perawatan yang ekstra kalau semakin sering digunakan. Perawatan ini bertujuan agar logam kuning ini tidak lecet. Sebab, bentuknya akan berubah dan warnanya jadi kusam kalau terbentur atau tergesek benda keras.

Ketiga, hilang. Perhiasan emas rawan hilang. Malah, barang ini sering jadi sasaran si panjang tangan dan jambret. Sebaiknya, jangan memakai perhiasan yang berlebihan di tempat umum agar tidak menjadi incaran para penyamun.

Dari sini terlihat bahwa emas batangan lebih unggul dari perhiasan emas untuk nilai jual. Kalau Sobat Treasury ingin menjadikan perhiasan emas sebagai investasi, tidak apa-apa.

Kalau ingin beralih ke emas batangan, tapi dananya terbatas, bagaimana? Kamu jangan khawatir. Emas bisa dibeli dengan harga terjangkau sekarang. Aplikasi emas digital seperti Treasury menyediakan emas dengan harga mulai dari Rp5 ribu. Sangat murah, kan?

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!