Mending Mana Saat Butuh Uang: Jual Emas Atau Jaminkan Emas



Ketika menjalani kehidupan, kita sering menemui kejadian-kejadian yang tidak terduga. Bahkan, kejadian-kejadian ini tidak jarang “memaksa” untuk mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Emas sering dijadikan “jalan ninja” sebagai solusi keuangan ketika seseorang butuh uang.

Memang, orang-orang menjadikan emas sebagai alat investasi. Bentuknya pun beragam, mulai dari perhiasan, logam mulia, atau koin emas. Selain investasi, logam itu juga sering dijadikan sebagai dana darurat karena mudah dijual atau dicairkan menjadi uang tunai. Kelebihan inilah yang menjadi pemikat banyak orang

Ada dua cara yang digunakan oleh orang-orang dengan emasnya ketika sedang butuh uang. Pertama, jual emas. Kedua, jaminan emas. Lalu, lebih untung mana, sih, Sobat Treasury: jual emas atau jaminan emas, ya?

 

Jual Emas 

Opsi pertama, jual emas. Ada kelebihan ketika kamu memilih menjual emas. Pertama, harganya lebih tinggi dan mengikuti harga standar ANTAM. Ketika menjual di toko emas, biasanya pihak sana menerapkan standar harga buyback sebesar 4 persen dari harga saat ini. Pencairannya pun mudah. Sobat Treasury bisa langsung menerima uang ketika emas diserahkan.

Namun, ada yang perlu diingat ketika memilih menjual emas. Sobat Treasury harus mengecek terlebih dahulu perkembangan harga emas. Jangan menjualnya ketika harga sedang turun. Nanti rugi. Lalu, kamu bisa membandingkan harga dari satu toko ke toko lain kalau memungkinkan. Jangan lupa membawa sertifikat emas dan nota pembelian agar kamu tidak semakin rugi. Kamu bisa memanfaat situs-situs toko emas untuk mengetahui perkembangan harga.

Oh, ya, pastikan juga kadar emas yang akan dijual. Biasanya kadar kemurnian logam mulia batangan ini mencapai 999,9 persen.

 

Jaminan Emas 

Bagaimana dengan jaminan emas? Nilai pencairan emas dengan cara ini lebih rendah daripada saat kamu menjualnya langsung. Biasanya, nilainya mencapai 80-90 persen dari nilai taksir. Metode jaminan emas bisa dipilih ketika harga logam mulia itu sedang tidak bagus, tetapi kamu benar-benar membutuhkan uang.

Sistem pembayarannya pun bisa dilakukan secara langsung ketika memiliki uang atau mengangsur sesuai dengan ketentuan. Memang ada nilai plus dari sistem jaminan. Kamu masih punya status milik emas yang dijaminkan. Sebelum mengjaminankan emas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, memperhitungkan kondisi finansial agar bisa mengetahui seberapa besar kemampuan untuk menebus emas dan bayar biaya jaminan.

Kedua, biaya jaminan pada umumnya tinggi. Kalau tidak diperhitungkan, yang ada justru kita yang rugi.

Ketiga, tentu kita akan mengalami kesulitan menebus emas jika tidak memperhitungkannya dengan baik. Kesulitan ini bisa membuat kita mengulur waktu pelunasan sehingga akan ada banyak biaya yang muncul.

 

Jadi, jual emas atau jaminkan emas nih?

Itu semua tergantung kepadamu. Kalau dengan jual emas, Sobat Treasury bisa mendapatkan harga jual lebih tinggi ketika harga emas sedang naik. Lagipula harga buyback toko emas pun juga tinggi. Namun, harganya bisa anjlok ketika kamu menjualnya ketika harga emas sedang turun. Apalagi, kalau tidak membawa sertifikat dan nota pembelian emas di toko.

Untuk jaminan, memang kamu akan menerima uang sebesar 80-95 persen dari harga emas, tetapi aset itu masih milikmu. Kamu harus terlebih dahulu menghitung dulu kemampuan finansial agar tidak mengalami kesulitan ketika meng jaminan emas. Jangan lupa bahwa biaya jaminan pada umumnya tinggi.

 

Mau jaminan Emas yang biayanya terjangkau?

Bicara soal jaminan emas, ada kabar baik dari Treasury. Aplikasi emas digital ini punya fitur Jamimas. Melalui fitur ini, Sobat Treasury bisa menjaminkan emas digital yang dimiliki di aplikasi ini. Emas yang bisa dijaminkan di sini mulai dari 0,2 gram, lho!

Sobat Treasury bisa mendapatkan emas itu kembali dengan melunasi cicilan sesuai dengan periode yang ditentukan, dari 15 hari sampai 360 hari. Bebas biaya administrasi di awal loh! Bunganya juga 0,9 persen per 15 hari. Misalnya, kamu menjaminkan emas selama sebulan. Jadi, kamu cukup membayar biaya Jamimas sebesar 1,8 persen per bulan. Kalau sudah lunas, emas digital langsung kembali ke Saldo Emas Treasury!

Nah kebetulan, Treasury lagi butuh bantuan Sobat untuk mengisi survey tentang fitur Jamimas nih! 100 orang pengisi survet yang beruntung akan mendapatkan kupon diskon beli Emas di Treasury. Yuk, isi surveynya dengan klik tombol dibawah ini

Isi Survey Sekarang

 

 

Penasaran gimana cara pakai fitur Jamimas?

Sebelum menggunakan fitur ini, Sobat Treasury harus melakukan KYC dulu. Kamu bisa melengkapi persyaratan dengan verifikasi profil di aplikasi Treasury. Ada dokumen-dokumen yang diperlukan, yaitu foto NPWP, KTP, serta foto selfie dengan KTP dan NPWP. Kalau sudah, baru, deh, kamu bisa menikmati fitur Jamimas di Treasury. Mudah, kan? Yuk download aplikasi Treasury sekarang!

#DiTreasuryAja #AmanPakaiTreasury