Memasuki Kepala 3, Gini Tips Jitu Atur Uang!



Usia 30 tahun ini adalah fase di mana seseorang lebih dewasa dari 20-an. Tentu pada masa ini, ada beragam aspek kehidupan yang lebih stabil, seperti keuangan. Pada masa ini pula, biasanya seseorang sudah menuju mapan secara finansial.

Tapi, di usia ini pulalah, seseorang punya lebih banyak tanggungan untuk dibiayai, seperti istri, anak baru lahir, dan persiapan dana pendidikan anak. Biar tidak bangkrut, keuangan pun perlu dikelola dengan baik.

 

Pertama, mengatur anggaran sesuai dengan kebutuhan. Dikutip dari Simulasi Kredit, mengatur anggaran ini merupakan hal mendasar yang perlu dilakukan oleh semua orang. Ada untungnya kalau kamu melakukan ini, Sob. Kamu bisa melacak ke mana perginya uang yang dikeluarkan.

Saat membuat anggaran, kamu bisa membagi pengeluaran menjadi beberapa pos, seperti biaya kehidupan sehari-hari, bayar utang, menabung, dan lain-lain.

 

Kedua, memiliki dana darurat. Saat berada di usia ini, kita akan punya tanggung jawab yang lebih besa. Kalau sudah berkeluarga, tak hanya diri sendiri yang diurus, tetapi juga orang lain seperti istri dan anak.

Makanya, dana darurat ini penting dimiliki untuk mengantisipasi kejadian tak terduga, seperti sakit, kecelakaan, dan musibah yang bisa saja terjadi pada masa depan. Besar dana darurat yang ideal ini minimal bisa menanggung biaya hidup selama enam bulan. Memang terasa berat saat dikumpulkan, tapi dana ini bisa sangat bermanfaat saat ada kejadian tak terduga.

 

Ketiga, melunasi utang. Hal lainnya yang perlu dilakukan pada usia 30 tahun adalah melunasi utang dan pinjaman yang diambil. Misalnya, cicilan rumah, kendaraan, dan lain-lain.

Tanggungan pada fase ini memang lebih besar dan bisa menyulitkan kita untuk bayar utang. Tapi, kalau yang satu ini tidak dilunasi, nantinya akan menjadi beban bagi keluargamu.

Untuk melunasi pinjaman, Sobat Treasury perlu mengaturnya dalam bujet pengeluaran. Bayarlah utang dengan bunga yang tinggi terlebih dahulu. Pinjaman jenis ini bisa semakin membengkak. Saat berkomitmen bayar utang, ingatlah untuk tidak berbelanja di tempat yang bergengsi karena uang itu bisa digunakan untuk membayar pinjaman.

 

Keempat, menggunakan kartu kredit dengan bijak. Dikutip dari Koinwork, tak sedikit masyarakat terjebak dengan kemudahan kartu kredit. Ada yang kalap berbelanja dengan kartu ini untuk keperluan yang tidak bermanfaat.

Yang tak disadari adalah utang akan terus menumpuk dan mengganggu arus pengeluaran bulanan keluarga. Kalau terlambat bayar, ada tambahan biaya yang harus ditanggung.

 

Kelima, menabung untuk momen besar. Pada fase ini, biasanya terjadi momen-momen besar. Misalnya, pernikahan, beli rumah, ekspansi usaha, dan anak masuk sekolah. Tentu dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Oleh karena itu, kamu perlu menabung dari sekarang untuk mempersiapkan uangnya. Kalau tidak, momen ini sulit dibiayai langsung. Yang ada malah ujung-ujungnya pinjam uang.

Dengan menabung sedikit demi sedikit, beban yang ditanggung akan terasa lebih ringan dan pengeluaran bisa terencana. Kamu bisa menabung dan menyesuaikannya dengan waktu yang ditentukan.

Misalnya, mempersiapkan dana pendidikan bagi anak yang akan masuk kuliah 10 tahun lagi. Hitung semua biaya yang akan dikeluarkan dan bagilah dengan 10 tahun. Dari sini, akan terlihat seberapa banyak uang yang harus ditabung untuk keperluan kuliah anak.

 

Keenam, investasi 10 persen pendapatan untuk tabungan pensiun. Saat ini, mungkin Sobat Treasury merasa bisa bekerja sebanyak dan selama apa pun. Tapi, tak bisa dihindari segala sesuatu ada batasnya.

Suatu saat kamu akan berhenti bekerja saat usia lanjut. Walaupun pekerjaan berhenti, sayangnya kebutuhan hidup terus berjalan. Investasi tak harus mulai dengan jumlah yang besar. Yang terpenting melakukannya dengan rutin dan berkepanjangan.

Untuk mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, dan tabungan rencana lainnya, Sobat Treasury bisa memilih emas. Dengan segala kebaikan logam mulia itu, kamu bisa mewujudkan rencana-rencana jangka panjang tadi dengan mudah.

Untuk investasi emas, aplikasi Treasury bisa menjadi pilihan. Selain menawarkan harga emas yang murah, mulai dari Rp5 ribu, kamu juga bisa merencanakan keuangan dengan fitur Rencana Emas, seperti dana darurat dan dana pernikahan.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!