Mau Tabungan Makin Tebal? Yuk Buat Resolusi 2023 dengan 6 Langkah Ini



Wah, tahun 2023 tinggal menghitung minggu. Biasanya, nih, ada banyak hal yang dilakukan oleh orang-orang, yaitu membuat resolusi 2023. Ramai-ramai dibuat orang, sebenarnya resolusi itu apa?

Resolusi merupakan sebuah janji kepada diri sendiri atau keputusan untuk melakukan sesuatu. Biasanya janji dibuat untuk memperbaiki perilaku seseorang pada tahun depan. 

Resolusi yang biasanya dibuat oleh orang-orang ini berkaitan dengan jodoh, karier, dan keuangan. Khususnya keuangan, ada yang membuat resolusi agar tahun 2023 bisa banyak uang, penghasilan bertambah, atau ingin membeli rumah. Membuat resolusi keuangan ini bisa dibilang mudah. Yang susah adalah komitmen dan disiplin untuk mewujudkannya.

Lalu, bagaimana, ya, cara membuat resolusi keuangan 2023?

1. Meninjau Kembali Keuangan

Sebelum membuat resolusi, ada hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu, yaitu meninjau keuangan. Tulis kondisi finansialmu saat ini.  Kamu bisa mengevaluasi keuangan dengan pertanyaan-pertanyaan ini: Sudah punya dana darurat atau belum? Tabungan ada atau sudah ludes? Punya hutang atau nggak? Mengapa pertanyaan-pertanyaan ini penting dijawab? Pertanyaan itu bisa membantumu untuk mengetahui apakah kondisi keuangan sehat atau justru "sakit-sakitan". Oh, ya, kamu bisa mengecek kesehatan keuangan secara manual atau melalui apps keuangan pribadi. 

2. Menentukan Tujuan Keuangan

Hal yang paling penting ketika membuat resolusi adalah goal. Kamu bisa menentukan tujuan keuangan yang akan dicapai pada 2023, misalnya, nih, beli rumah secara cash, menabung untuk DP rumah, menyiapkan uang pernikahan, atau biaya sekolah anak. Jangan lupa juga untuk menuliskan rinciannya seperti uang yang harus dikeluarkan atau spesifikasi barang yang ingin dibeli agar semakin jelas. 

3. Sesuaikan Anggaran Bulanan

Setelah tujuan keuangan ditentukan, langkah berikutnya adalah "menerjemahkan" ke anggaran bulanan. Sobat Treasury bisa memasukkan goals itu ke dalam anggaran bulanan, misalnya ingin beli rumah. Contohnya, anggaran Januari 2023: kebutuhan sehari-hari 40 persen, tagihan dan cicilan 30 persen, dana darurat 20 persen, tabungan nikah 10 persen dari penghasilan. Jika sudah punya dana darurat, kamu bisa mengubah porsinya menjadi 20 persen untuk tabungan nikah dan 10 persen investasi. 

4. Utamakan Kesehatan Dompet, ya

Memang menyenangkan jika resolusi bisa tercapai. Tapi sebaiknya Sobat Treasury tidak mengorbankan kesehatan keuangan untuk bisa mencapai tujuan. Misalnya, menikah sampai harus meminjam puluhan juta rupiah ke bank. Cicilannya pun bisa menghabiskan separuh dari gaji. Kalau keuanganmu belum sehat, nggak apa-apa, kok, kalau goal belum bisa terwujud. Kamu masih bisa menundanya.

5. Jangan Nambah Hutang

Sebisa mungkin, kamu bebas hutang tahun 2023. Hutang ini, kalau dibiarkan, bisa membuat keuanganmu tidak sehat. Ada baiknya Sobat Treasury menuliskan bahwa tahun depan harus melunasi hutang-hutangnya. Ingat juga untuk tidak menambah kartu kredit. 

6. Lebih Banyak Menabung

Di resolusi keuangan, menabung menjadi hal yang populer yang akan dilakukan oleh orang-orang. Ada banyak jalan menabung yang bisa kamu lakukan, seperti memotong di awal sesuai dengan anggaran bulanan setelah gaji cair. Sebaiknya Sobat Treasury memisahkan rekening tabungan dengan yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan gaji.

 

Sudah Coba Menabung Emas?

Agar resolusi 2023 bisa terwujud, kamu bisa mengumpulkan uang dengan investasi. Emas bisa dijadikan pilihan untuk investasi. Selain tahan karat dan inflasi, emas ini mudah banget untuk dibeli dan dijual serta sering dijadikan sebagai jaminan ketika meminjam uang karena nilainya yang tinggi. Makanya, nggak jarang orang menjadikan emas sebagai dana darurat. Selain di toko, kamu juga bisa membeli emas melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan investasi emas. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

Treasury juga menawarkan banyak fitur menarik. Salah satunya adalah Rencana Emas. Fitur ini berisi simulasi dan bisa memberi tahu kita seberapa banyak emas yang harus ditabung agar financial goal bisa terwujud. 

Selain financial goal, Rencana Emas juga membantu kita untuk menghimpun dana darurat, lho! Keren banget, ya, fitur Treasury.

Mau tahu fitur-fitur menarik lainnya? Yuk investasi emas di Treasury sekarang untuk cari tahu jawabannya.