Mau Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga Tanpa Dompet Bolong?



Liburan akhir tahun tidak dijarang dijadikan sebagai momentum yang tepat berlibur bersama keluarga. Tidak hanya melepas penat dan kejenuhan bekerja, liburan akhir tahun bersama keluarga juga bisa meningkatkan waktu quality time.

Merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga pun perlu dilakukan secara matang-matang. Tidak hanya mencegah momen itu berantakan, perencanaan juga bisa “menyelamatkan” dompetmu. Mau tahu caranya agar kamu bisa tetap berlibur dengan keluarga tanpa berujung isi dompet mengandung bawang alias bikin menangis?

 

1. Lakukan Riset dan Menyiapkan Dokumen Penting

Yang pertama kali dilakukan adalah meriset tempat wisata, mulai dari destinasi wisata, akomodasi, sampai transportasi. Dengan begini, Sobat Treasury bisa punya bayangan tempat wisata yang pas untuk liburan bareng keluarga. Setelah urusan riset selesai, kamu juga perlu menyiapkan dokumen penting untuk berlibur. Misalnya, KTP, SIM, dan sertifikat vaksinasi Covid-19. Jika bepergian ke luar negeri, pastikan sudah menyiapkan paspor dan visa.

 

2. Menentukan Tanggal

Ketika mengajak keluarga berlibur, tentu saja kamu harus menentukan waktu liburan. Pastikan juga tanggal yang pas dengan cuti dan hari libur anak. Plus, tempat wisata di sana tidak terlalu ramai. Jangan lupa untuk menentukan berapa lama kalian berlibur. Ini akan menentukan bujet yang harus dikeluarkan untuk berlibur, seperti membeli tiket sampai akomodasi. Kalau terlalu lama, dompet bisa bocor.

 

3. Menentukan Tempat Wisata

Setelah menentukan anggaran dan tanggal, Sobat Treasury bisa menentukan destinasi wisata. Karena acaranya berlibur bersama keluarga, kamu bisa memilih tempat-tempat wisata ramah anak. Misalnya, museum, eco-park, kebun binatang, atau desa wisata. Jangan lupa untuk merencanakan aktivitas yang akan dilakukan selama berlibur, ya.

 

4. Menjaga Kesehatan

Sebelum pergi berlibur, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya, minum air putih secara rutin dan teratur, makan dengan gizi seimbang, rutin jogging, atau mengkonsumsi vitamin. Tentu saja kita harus dalam keadaan prima agar liburan tetap berkesan, bukan? Nah, Sobat Treasury juga sebaiknya membawa obat-obatan dan vitamin untuk berjaga-jaga selama liburan akhir tahun bersama keluarga. Jika berlibur ke luar negeri, pastikan juga membawa pakaian yang sesuai dengan negara tujuan wisata.

 

5. Memastikan Kendaraan Pribadi dalam Kondisi Prima

Selain kesehatan pribadi, Sobat Treasury sebaiknya memastikan “kesehatan” kendaraan pribadi jika tidak ingin menggunakan transportasi umum. Misalnya, kamu bisa mengecek apakah akinya kering atau tidak, kampas rem masih berfungsi atau tidak, serta ban tidak gundul.

Lalu, pastikan juga kendaraan ini mendapatkan perawatan rutin sebelum tancap gas ke tempat wisata. Keamanan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor sebaiknya diperhatikan agar tidak bermasalah ketika hari-H.

 

6. Menyiapkan Dana Liburan Akhir Tahun

Ada sederet biaya yang harus dipersiapkan ketika memutuskan liburan akhir. Sebut saja tiket wisata, tiket angkutan umum, karcis masuk destinasi wisata, hingga tarif toilet umum. Biaya makan dan membeli oleh-oleh pun perlu dimasukkan ke dalam daftar dana liburan akhir tahun.

Jika ingin berlibur ke luar negeri, pastikan juga membawa uang yang cukup untuk dikonversikan ke mata uang asing. Sekadar tips, jangan ditukarkan uang rupiah di luar negeri karena rate yang ditawarkan lebih tinggi daripada pasaran. Kalau punya kartu kredit, beri tahu penerbit kartu bahwa Sobat Treasury akan bepergian ke luar negeri sehingga kamu tidak perlu lagi pusing dengan keamanan dan kenyamanan transaksi belanja.  

Agar lebih hemat, Sobat Treasury bisa memanfaatkan diskon-diskon yang betebaran. Misalnya, diskon menginap di hotel bintang empat atau buy 2 get 1 free untuk tiket wisata.

 

Yuk Siapkan Dana Liburan Akhir Tahun 

Ketika menyiapkan uang untuk berlibur, sebaiknya kamu memisahkan dana itu di tempat yang berbeda dengan rekening untuk kebutuhan lainnya. Agar uang lebih cepat terkumpul, investasi bisa dilakukan. Kamu bisa memilih investasi emas.

Mengapa emas? Logam mulia ini terkenal tahan karat dan nilainya terjaga dari inflasi. Harganya pun cenderung stabil dan bisa naik setiap tahun. Yang nggak kalah penting, emas ini mudah sekali untuk dijual. Makanya nggak heran sering dijadikan jaminan pinjaman. 

Mau beli emas pun sekarang makin gampang. Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi emas digital seperti Treasury. Selain harganya yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu, aplikasi ini menawarkan deretan fitur yang menarik.

Salah satunya adalah Rencana Emas. Fitur ini bisa membantumu untuk mengetahui jumlah emas yang harus ditabung agar bisa terkumpul tepat waktu.

Selain itu, kepemilikan emas digital dijamin di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dimiliki. Keamanan dan legalitas Treasury tidak perlu diragukan lagi karena sudah terdaftar di otoritas terkait dan menggunakan double verification untuk transaksi.

Keren banget, kan? Yuk download aplikasi Treasury sekarang.