Mau Gelar Pernikahan Adat, Segini Biayanya Bestie



Sobat Treasury, pernikahan merupakan proses sakral untuk mempersatukan dua insan. Selain itu, menikah juga bertujuan untuk menyatukan dua keluarga besar menjadi satu. Untuk menggelar momen berharga ini, tentu kamu tidak akan sembarangan untuk menentukan konsep acara hingga tamu undangan. Salah satu konsep pernikahan yang biasa digunakan adalah pernikahan adat.

Sebagian orang lebih memilih konsep modern daripada pernikahan adat karena banyak tradisi yang membuatnya cukup rumit. Tapi, tak sedikit orang menggunakan konsep pernikahan adat untuk menggelar momen sakral tersebut karena ingin melestarikan warisan leluhur.

Ada juga, lho, pasangan selebriti yang menggunakan konsep pernikahan adat. Contohnya, pasangan selebriti Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar yang menikah dengan adat Aceh serta Isyana Sarasvasti dan Rayhan Maditra yang menikah dengan adat Jawa.

Meskipun terlihat rumit, ada banyak hal positif yang tersirat di setiap tradisi pernikahan adat. Misalnya, tradisi saweran uang receh dari para pengantin di adat Sunda. Saweran ini memiliki nilai agar pasangan pengantin bisa menjalankan kehidupan rumah   tangga yang bahagia dan sering bersedekah.

 

Tapi, Biayanya Lebih Mahal

Namanya juga menikah. Biaya yang dikeluarkan untuk resepsi pun tidak sedikit, mulai dari cetak undangan, katering, dekorasi, hingga souvenir.

Untuk konsep pesta pun, pernikahan adat ini lebih mahal daripada konsep lainnya. Hal ini disebabkan oleh konsep ini punya rangkaian acara yang berbeda-beda, mulai dari prosesi, upacara adat, kirab, sampai tari-tarian. Peralatannya pun bisa berbeda dengan adat satu dengan adat lainnya.

Busana pengantin dalam pakaian adat pun banyak dilakukan. Pasangan pengantin harus ganti baju tiga kali. Biayanya pun di luar gedung, properti, dan peralatan musik yang digunakan. Kalau dihitung, biaya pernikahan proses adat bisa mencapai puluhan juta rupiah.

 

Pernikahan Adat dengan Biaya Termahal

 1. Adat Batak

Calon pengantin pria harus mempersiapkan uang sinamot demi bisa menikahi gadis Batak idaman. Nilai uang sinamot ini bervariasi dan ditentukan oleh banyak penilaian, seperti pendidikan terakhir, pekerjaan, serta posisinya di keluarga. Kedudukan keluarganya dan penilaian masyarakat pun berpengaruh terhadap nilai sinamot.

Ini baru sinamot, belum termasuk biaya-biaya lainnya, seperti katering, busana pengantin, dan kain ulos—kain ini diberikan oleh mempelai pria. Sebisa mungkin pengantin pria memberikan kain ulos terbaik.

 

2. Adat Bugis

Kemudian, ada adat Bugis yang punya prosesi persiapan pernikahan yang cukup panjang—sebagai contoh mappaiseng dan mattampa yang berupa penyebaran informasi kepada seluruh orang di desa tentang pernikahan yang akan diadakan. Biaya pernikahan adat di Bugis bisa menelan angka ratusan juta rupiah, lho!

Lalu, ada mahar yang harus disiapkan oleh mempelai pria untuk mempersunting gadis Bugis idamannya. Mahar ini diukur dari derajat dan status sosial yang ada di seorang pria, contohnya pendidikan. Semakin tinggi derajat pendidikan pria, semakin tinggi pula maharnya.

 

3. Adat Minang

Pernikahan adat yang memakan banyak biaya lainnya adalah pernikahan adat Minang. Berbeda dengan suku lainnya di Indonesia, masyarakat Minang memegang tradisi matrilineal—garis keturunannya akan mengikuti pihak ibu.

Rangkaian upacara pernikahan adat Minang pun juga tergolong panjang. Sebelum menikah, misalnya, pihak perempuan melamar pengantin pria. Ada juga upacara malam bainai—yaitu ritual kasih sayang dari para sesepuh sebelum pernikahan dengan menghias tangan mempelai wanita dengan inai (pacar).

Melansir dari berbagai sumber, biaya yang dipersiapkan untuk pernikahan adat Minang bisa mencapai Rp150 juta. Itulah gambaran biaya pernikahan adat, Sobat Treasury. Kamu sedang mempersiapkan pernikahan? Bingung menentukan mahar?

Untuk mempersiapkan biaya pernikahan adat, kamu bisa melirik emas. Selain dijadikan mahar, emas juga bisa menjadi sarana untuk mengumpulkan biaya pernikahan lebih cepat karena harga logam kuning ini bisa naik setiap tahun. Membeli emas pun sekarang tak perlu pergi ke toko. Kamu bisa membelinya melalui aplikasi di smartphone, seperti Treasury. Aplikasi ini menyediakan emas dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp5 ribu!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!