Masih Bingung Bonus THR Mau Diapain? Mending Baca Ini!



Halo Sobat Treasury, kamu pasti lagi happy karena sebentar lagi tunjangan hari raya (THR) bakal cair, kan. Tentu kamu yang dapat THR gak mau dong uangnya lewat begitu saja. Ada baiknya kamu menyisihkan terlebih dahulu jatah THR kamu untuk kebutuhan mendesak seperti membayar utang atau untuk keperluan hari raya dan mudik nanti.

Secara ideal alokasi THR 10-20-60-10, yaitu 10 persen untuk membayar zakat, 20 persen untuk tabungan dan investasi, 40 persen hingga 60 persen untuk kebutuhan hari raya dan membayar utang atau cicilan, dan 10 persen untuk dana darurat. Bagi kamu yang sudah menyiapkan semua kebutuhan lebaran dan masih ada uang dingin ada baiknya kamu sisihkan THR kamu untuk tabungan dan investasi. 

 

1. Prioritaskan Membayar Utang

THR baiknya diprioritaskan untuk kebutuhan mendesak seperti membayar utang. Supaya utang tidak menumpuk dan menambah beban finansial, utamakan THR untuk melunasi atau mencicil utang terlebih dahulu. Hal ini sekaligus untuk menghindari bunga yang terus bertambah. Biasanya pos paling besar alokasi THR adalah untuk memenuhi kebutuhan liburan, wajar jika pos ini jika terpaksa kamu harus menggunakan uang THR untuk bayar utang. Porsi bayar utang bisa diambil maksimal 30% dari THR, sisanya untuk liburan dan kebutuhan lainnya. 

 

2. Dana Darurat

Untuk menyelamatkan keuangan pasca lebaran di 2024, persiapkan dana darurat dari sekarang. Dan agar kamu tidak berhutang lagi setelah lebaran maka wajib sisihkan dana darurat dengan alokasi minimal 10 persen dari THR. Berbeda dengan tabungan yang memiliki goal tertentu, dana darurat dapat disimpan untuk keadaan tak terduga seperti kecelakaan, kerusakan rumah, atau kehilangan pekerjaan.

 

3. Tabungan

Setelah semua kebutuhan mendesak seperti utang dan dana darurat terpenuhi, sisa THR sebaiknya digunakan sebagai tabungan. Tabungan ini akan berguna sebagai dana darurat yang dapat digunakan ketika ada kebutuhan tak terduga di kemudian hari seperti biaya pengobatan, kecelekaan, atau kehilangan pekerjaan. 

Tabungan dari THR ini juga dapat digunakan untuk biaya pendidikan anak dan dana pensiun di kemudian hari. Adapun, besaran tabungan THR dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan tiap-tiap orang. Persentase standar untuk tabungan yang dialokasikan dari THR adalah 10 persen. Sementara, masyarakat dengan banyak kebutuhan yang besar dapat mengambil 30 persen dari THR sebagai tabungan. Adapun, masyarakat yang memiliki banyak tanggungan perlu menyisihkan 50 persen dari THR sebagai tabungan.

 

4. Investasi  

Sisihkan minimal 20% untuk tabungan dan investasi yang berguna di masa depan. Dengan tidak membelanjakan THR di atas 80%, sisa dari tunjangan yang diperoleh akan dapat menghasilkan manfaat yang besar di kemudian hari. Terdapat berbagai jenis investasi yang dapat menjadi pilihan kamu untuk alokasi dana THR, investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Investasi jangka pendek bisa berupa deposito atau reksa dana pasar uang yang bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun. Investasi jangka menengah dan panjang juga investasi emas.

Investasi logam mulia emas menjadi salah satu alternatif yang cukup ramai digemari oleh masyarakat saat ini. Berinvestasi emas merupakan salah satu pilihan investasi yang aman dan menguntungkan, juga dalam jangka panjang harganya cenderung meningkat. Selain itu emas juga sangat mudah untuk diuangkan ketika kamu membutuhkan uang dana untuk keperluan mendesak. Saat ini, kamu memiliki opsi ketika akan berinvestasi dalam bentuk emas. Kamu bisa memilih emas batangan atau emas digital. 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Nah kabar baiknya, uang THR kamu bisa untuk membeli emas digital dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!