Mana yang Lebih Baik Dijadikan Simpenan? Emas atau Perhiasan?



Banyak orang tahu, Emas adalah aset berharga yang bisa dijadikan tabungan/simpenan jangka panjang. Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, kita juga terbiasa untuk menyimpan Emas, terutama yang berbentuk perhiasan. Perhiasan ini biasanya didapat dari mahar pernikahan atau warisan, yang diberikan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Di masa sekarang, Emas merupakan salah satu bentuk simpanan yang makin digandrungi. Meski tren menyimpan Emas Batangan mulai muncul, masih banyak orang yang memilih untuk menyimpan Emas dalam bentuk perhiasan. Terutama mereka yang ingin  memperhatikan penampilan dan suka menggunakan perhiasan. Hal ini tergantung pada niat dan kondisi keuangan yang Anda miliki.

Dilansir dari survey yang dilakukan oleh Treasury dengan Biro Riset Jeruk Nipis di tahun 2019, 34% Orang Indonesia gemar menggunakan perhiasan sebagai bentuk simpanan, sedang 22% gemar menggunakan Emas batangan sebagai bentuk simpanan.

Meski sama-sama menguntungkan, menyimpan Emas dalam bentuk perhiasaan dan batangan tentu akan memberi nilai yang berbeda. Lalu, mana yang lebih menguntungkan? Berikut kami jabarkan untuk mempermudah kamu memilih, simpenan mana yang akan dijadikan pegangan.

 

1. Tentukan Tujuan Menyimpan

Sebelum menentukan pilihan -dalam bentuk apa pun, pastikan kamu telah mengetahui tujuannya. Karena hal ini berhubungan erat dengan instrumen yang akan kamu pilih dan hasilnya kelak. Jika tujuan simpanan kamu untuk jangka panjang, baiknya kamu menyimpan dalam bentuk Emas batangan, karena nilai jualnya cenderung lebih stabil dan lebih tinggi dibanding emas yang telah diubah jadi perhiasan.

 

2.Perhatikan Tingkat Kemurnian Emas

Seringkali dalam pembuatan perhiasan, kadar Emas tidak lagi murni melainkan sudah dicampur dengan bahan lain. Karat adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan kadar Emas di dalam perhiasan. Semakin tinggi karat, maka semakin besar kandungan Emas di dalamnya yang membuat harganya jadi semakin mahal. Perhiasan Emas 24 karat berarti perhiasaan itu dibuat dari 100% Emas, tanpa campuran logam lain. Pastikan Emas yang kamu beli memiliki kadar Emas yang tinggi agar ketika dijual kelak bisa memberikan keuntungan yang baik.

 

Jangan salah, Emas batangan juga memiliki beberapa jenis kadar, yakni: 94%, 98% dan 99%. Makin tinggi kadarnya, tentu makin mahal pula harganya. Pastikan Emas batangan yang Anda beli, sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Di Treasury, Emas yang kami jual adalah Emas 24 Karat.

 

3. Nilai Akhir Emas

Model perhiasan juga ternyata mempengaruhi nilai jual, lho. Jadi pastikan Anda membeli perhiasan Emas dengan model classy yang takkan lekang dimakan zaman. Selain itu, proses produksi juga harus dihitung. Biaya pembuatannya terbilang besar, sekitar 15-30% dari nilai Emasnya. Biaya ini tentunya tidak bisa diminta lagi saat perhiasan dijual.

Berbeda dengan ketika Anda menyimpan Emas dalam bentuk batangan, meski tidak bisa digunakan untuk pelengkap penampilan, nilainya tidak akan berkurang karena disimpan dalam bentuk aslinya.

Dilansir juga dari Treasury, harga Emas mengalami kenaikan dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir, sehingga simpanan dalam bentuk Logam Mulia akan memberikan imbal hasil yang lebih baik.

 

4. Pilih Ukuran Emas yang Tepat

Ukuran Emas ada berbagai macam, pilihlah sesuai dengan tujuan simpanan Anda. Seperti yang dilansir oleh Treasury, Emas batangan paling populer adalah 5 Gram. Nah, di Treasury kamu bias mulai mencetak Emas dari 0,5 Gram saja.

 

5. Tempat Penyimpanan

Perhiasan bisa dengan mudah kita simpan di laci atau box cantik dan diletakan di rumah, agar mudah diambil saat akan digunakan. Sedangkan Emas batangan, terutama yang ukurannya kecil (di bawah 10gram), bentuknya menyerupai lempengan kecil yang akan mudah hilang jika diletakan sembarangan. Sedang yang ukurannya besar membutuhkan safe deposit box yang ditaruh di bank dan ada biaya sewanya. Di Treasury, Emas digital kamu bebas biaya penyimpanan. Gratis!

 

6. Cek Naik Turun Harga Emas

Namanya memikirkan masa depan, keuntungan tentunya harus jadi tujuan utama. Agar lebih maksimal, jangan lupa untuk selalu mengecek harga jual beli Emas dunia. Saat harganya turun, segerakan membeli Emas untuk disimpan. Di App dan web Treasury, kamu bisa cek pergerakan harga Emas per menit!

 

7. Emas Batangan Lebih Tahan Lama

Emas batangan memiliki risiko kerusakan yang lebih rendah dibanding Emas perhiasan. Anting-anting atau gelang Emas bisa saja rusak atau patah dan itu menyebabkan harganya turun, sedang Emas batangan -dengan bentuk yang tidak berubah, tentu akan bernilai tetap (atau lebih tinggi) di masa depan dan tepat jadi simpanan jangka panjang pilihan Anda.

 

Selain poin-poin di atas, sebenarnya banyak praktisi financial planning yang menyarankan untuk membeli Emas batangan sebagai bentuk simpanan masa depan daripada perhiasan. Nilai akhir Emas batangan dinilai lebih tinggi dan dirasa lebih tepat ketika dijadikan instrumen penyimpanan dana untuk masa depan Anda. Tapi, pastikan Emas batangan yang Anda beli adalah asli. Belilah Emas di tempat yang terdaftar dan bersertifikat. Di Treasury, kami bermitra dengan PT Untung Bersama Sejahtera sebagai mitra penyedia Emas yang tentunya menjamin keaslian dari Emas yang kami jual.