Kamu Bisa Menikah dengan Biaya Rp20 Juta, Begini Caranya



Ingin menikah tapi biaya terbatas? Pernikahan tak harus megah dan mewah. Dengan dana terbatas pun, Sobat Treasury dan pasangan bisa mengesahkan hubungan di depan penghulu, terutama buat kamu yang baru saja bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Melangsungkan pernikahan secara sederhana pun tak ada salahnya. Bahkan, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari pernikahan yang digelar secara sederhana. 

Pertama, tidak menguras tabungan. Dengan pernikahan yang sederhana, kamu bisa menekan biaya pernikahan. Misalnya, jumlah tamu yang sedikit akan membuat biaya souvenir, makan, dan cetak undangan juga lebih sedikit.

Kedua, persiapan tak makan waktu yang lama. Pesta pernikahan yang sederhana bisa membuat suasana menjadi lebih akrab. Biasanya tamunya tak jauh-jauh dari keluarga dan teman terdekat. Lagipula waktu persiapannya pun menjadi lebih efektif. 

Ketiga, bisa menabung untuk keperluan rumah tangga! Ingat, Sobat Treasury, biaya setelah pernikahan itu bisa jauh lebih besar daripada resepsi itu sendiri. Ada banyak kebutuhan rumah tangga yang siap menyambutmu.

Keempat, kamu bisa terhindar dari stres. Pesta pernikahan yang “wah” biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tak jarang calon pengantin merasa pusing tujuh keliling karena harus mencukupi biaya tersebut. 

Uang Rp20 Juta Pun Cukup. Kalau punya dana terbatas, kamu masih bisa melangsungkan resepsi pernikahan, misalnya hanya punya Rp20 juta. Begini rincian biaya nikah Rp20 juta dari berbagai sumber dengan jumlah tamu sekitar 50 orang-150 orang.

1. Administrasi pernikahan: Rp600 ribu.

2. Cincin pernikahan: Rp3 juta

3. Mahar pernikahan: Rp400 ribu

4. Sewa lokasi resepsi di luar rumah: Rp2 juta

5. Dekorasi: Rp1,2 juta. 

6. Katering: Rp5 juta

7. Undangan dan souvenir: Rp800 ribu.

8. Rias dan baju pengantin: Rp2 juta

9. Dokumentasi: Rp3 juta.

10. Hiburan dan pengisi acara: Rp1 juta.

11. Biaya tak terduga: Rp1 juta. 

 

Biar Makin Hemat

Agar lebih irit, Sobat Treasury bisa mengikuti tips-tips ini. Cincin pernikahan tak melulu berlian. Buat kamu yang berkocek tipis, cincin kawin dari emas atau perak bisa menjadi pilihan. Aman di kantong pula.

Untuk mahar pernikahan, kamu bisa memilih yang sederhana, seperti seperangkat alat ibadah. Kamu bisa “berburu” mahar di aplikasi e-commerce. Banyak penjual menawarkan mahar alat ibadah yang menarik dan harganya sesuai budget. Atau, kamu bisa juga membuat mahar nikah dengan uang tunai sesuai dengan jumlah yang diinginkan, seperti tanggal pernikahan. Kalau kesulitan mencari lokasi untuk resepsi yang biaya sewanya sesuai anggaran, kamu bisa menggelar resepsi di rumah. Tentu saja dekorasinya tidak semahal yang di gedung. 

Lalu, untuk riasan, Sobat bisa meminta tolong teman yang jago merias. Begitu pula dengan dokumentasi. Kalau ada teman yang menawarkan jasa dokumentasi pernikahan dengan harga yang miring, tapi kualitasnya oke, tunggu apa lagi?

Bagaimana dengan hiburan? Kalau punya teman atau anggota keluarga yang punya suara bagus, kamu bisa memintanya untuk mengisi acara.

Katering pun juga bisa diakali. Kamu bisa memberikan nasi kotak untuk para tamu yang hadir. Selain hemat, penyajian nasi kotak juga mencegah makan terbuang sia-sia. 

Lalu, bagaimana kalau uang Rp20 juta belum terkumpul? Sobat Treasury bisa menabung agar dananya bisa lekas terkumpul. Menabung emas pun bisa menjadi pilihan. Selain nilainya tetap terjaga dan harganya bisa naik setiap waktu, emas juga dikenal tahan inflasi. 

Menabung emas pun semakin mudah. Kamu bisa membelinya melalui aplikasi smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan untuk menabung emas. Di sini harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada sepiring nasi padang, kan!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam. Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!