Jelang Akhir Pekan, Harga Emas Naik Tipis



Menjelang akhir pekan, harga emas menguat tipis. Dolar AS yang lesu telah mengerek harga logam mulia ini. 

Menurut data Treasury, harga emas 1 gram berada di level Rp898.893 pada hari ini, Jumat 27 Mei 2022. Harga emas tertinggi berada di level Rp901.804. Selama sebulan, harga emas turun Rp8.496 dari Rp907.89 per gram pada 27 April 2022 menjadi Rp898.893 pada hari ini.

Dikutip dari Kontan, harga emas di pasar spot menguat 0,09 persen ke US$1.852,33 per ounce troi. Harga emas kontrak Agustus 2022 di Commodity Exchange hari ini juga menguat tipis 0,09 persen ke US$1.855,50 per ounce troi. Selama seminggu, harga emas berjangka naik 0,38 persen.

Salah satu penyebab harga emas naik adalah melemahnya nilai tukar dolar AS. Indeks dolar turun dari posisi 103,15 pekan lalu menjadi 101,83 pekan ini.

 

Kekhawatiran Investor Reda

Kemarin, risalah rapat Federal Reserve menunjukkan potensi kenaikan suku bunga pada Juni-Juli. Disebutkan bahwa sebagian besar peserta rapat setuju ada kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin. Kepastian ini meredakan kecemasan investor meskipun tidak mengejutkan pasar.

“Risalah tidak mengubah apa pun,” kata Kepala Strategi Komoditas TD Securities, Bart Melek, kepada Reuters.

Pasar, kata Melek, mulai sadar Fed akan terus mengambil langkah-langkah kuat untuk mengendalikan inflasi.

“Pengetatan belum berakhir dan mungkin merupakan taruhan yang sangat aman untuk mengatakan kondisi suku bunga terus menjadi lebih ketat,” kata dia.

 

Tertekan Stabilisasi Indeks Saham AS

Analis senior Kitco, Jim Wycoff, mengatakan harga emas sebagian tertekan oleh stabilitasi indeks saham AS minggu ini. Hal ini disebabkan oleh harganya yang sensitif terhadap kenaikan suku bunga. Sebab, kenaikan suku bunga bisa meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Disebutkan pula klaim pengangguran AS turun minggu lalu. Ini konsisten dengan pasar tenaga kerja yang tetap ketat di tengah permintaan yang kuat untuk pekerja meskipun suku bunga naik dan kondisi keuangan yang ketat.

“Emas tampaknya goyah ketika menyentuh sesuatu seperti resistensi teknis dan kemudian kamu mendapatkan likuidasi panjang dan ambil untung. Jadi, ini adalah masalah utama untuk emas saat ini,” kata analis independen, Ross Norman.

 

Biasanya Kenaikan Suku Bunga Membuat Dolar AS Menguat

Dilansir dari CNBC, sinyal kenaikan suku bunga The Fed pada umumnya membuat dolar AS menguat dan imbal hasil surat utang negara AS meningkat. Dolar AS yang menguat akan membuat harga emas semakin mahal. Begitu pula dengan yield obligasi negara yang membuat logam mulia ini kehilangan daya tarik karena tak ada imbal hasil.

Namun, pada hari ini, indeks dolar AS dan yield obligasi negara AS melemah. Dolar AS sempat menguat pada penutupan perdagangan Kamis, 25 Mei 2022, tapi kembali melemah pada pagi hari ini.

Melansir Refinitiv, indeks dolar melemah 0,3 persen ke 101,758. Sementara itu, imbal hasil obligasi negara AS tenor 10 tahun, melorot 2,74 persen. Pelemahan dua hal ini membantu pergerakan emas.

Kepemilikan emas SPDR Gold Trust naik 0,2 persen dari 1.068,07 ton pada 26 Mei 2022 menjadi 1.069,81 ton pada hari ini.

Penguatan tipis harga emas juga diikuti oleh logam mulia lainnya. Harga perak naik tipis 0,1 persen menjadi US$21,99 per ounce, platinum terkerek 0,2 persen, dan palladium merangkak naik 0,5 persen menjadi US$2.015,72 per ounce.

 

Beli Emas Mulai Rp5 Ribu

Meskipun ada kenaikan suku bunga The Fed, emas tetap menarik untuk dijadikan investasi. Sobat Treasury bisa menjadikan logam mulia ini menjadi pilihan investasi. Mulai dari Rp5 ribu, kamu bisa beli emas melalui aplikasi Treasury. Lebih murah daripada harga segelas es kopi susu!

Ada banyak keuntungan yang bisa Sobat Treasury dapatkan dari investasi emas di Treasury. Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu juga bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!