Jangan Sampai Lakukan Ini Saat Mempersiapkan Pernikahan,ya, Sobat!



Sobat Treasury, pernikahan menjadi momen terpenting dalam kehidupan bagi pasangan yang ingin menempuh hidup baru. Karena sakral dan sekali dalam seumur hidup, persiapan pernikahan pun harus dilakukan secara matang.

Sederet hal yang harus dipersiapkan, mulai dari jumlah tamu hingga katering dan sewa tempat. Semua proses ini bisa menguras energi. Agar sesuai dengan impian, sebaiknya harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Namun, dari sekian perencanaan, ada saja hal-hal yang tidak sesuai rencana, terutama yang menyangkut biaya. Biaya pernikahan yang disiapkan memang tidak sedikit. Jika melakukan sederet kesalahan, bisa-bisa biayanya pun akan semakin membengkak dan tabungan bisa jebol.

Kamu sedang mempersiapkan pernikahan? Yuk, coba cek kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ketika mempersiapkan pernikahan? Berikut ini rangkumannya dari berbagai sumber.

 

1. Tidak Mematangkan Konsep Pernikahan

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh calon pengantin adalah tidak mematangkan konsep pernikahan. Yang terlibat dalam persiapan pernikahan tidak hanya pasangan pengantin, tetapi juga keluarga dan teman-teman terdekat. Jika tidak punya rencana yang matang, bisa-bisa kamu menuruti semua pendapat yang masuk dari mereka, padahal sebenarnya masukan-masukan itu tidak perlu. Bisa-bisa kamu akan boros.

Dalam menentukan konsepnya, kamu dan pasangan sebaiknya merundingkan secara matang bersama keluarga. Dalam perundingan, bisa jadi ada beberapa hal berbeda yang diinginkan oleh pasangan atau keluarganya. Kalau sudah sepakat, pernikahanmu bisa berjalan lancar dan sukses.

 

2. Tidak Memiliki Prioritas

Biaya pernikahan memang tidak sedikit dan ada banyak perintilan. Kalau dibayar sekaligus, bisa terasa memberatkan. Agar lebih mudah, semua rincian itu dicicil, misalnya biaya administrasi pernikahan dan sewa gedung. Namun, tak sedikit calon pengantin yang kesulitan menentukan skala prioritas pembayaran persiapan pernikahan. Agar ini tidak terjadi, lebih baik kamu membuat daftar pengeluaran dan mengurutkan pembayarannya dari yang paling krusial seperti DP lokasi dan lokasi serta biaya administrasi pendaftaran pernikahan.

 

3. Memesan Tempat dan Makanan Sebelum Jumlah Tamu Ditentukan

Kesalahan ini bisa membuat pernikahan menjadi kacau. Misalnya, kamu belum menentukan tamu, eh, tahu-tahu sudah memesan lokasi. Anggaplah Sobat Treasury memesan gedung untuk rumah makan untuk menjadi lokasi pernikahan. Tamunya sebanyak 100 undangan. Namun, yang datang justru 200 undangan. Ruangan pun akan menjadi sesak dan tamu akan merasa tidak nyaman. Lebih baik

Selanjutnya, memesan makanan tanpa mengetahui jumlah tamu akan membuat anggaran membengkak. Kalau mau, batasi jumlah makanan yang ingin dipesan sehingga biayanya tidak boros.Sebaiknya, kamu menulis daftar tamu undangan. Setelah itu, baru menentukan lokasi beserta jumlah dan menu makanan yang akan dipesan.

 

5. Tidak `Berburu`

Tak sedikit pasangan yang akan menikah, tidak “berburu” lokasi pernikahan untuk membandingkan harga vendor persiapan pernikahan. Ini bisa berujung kepada penyesalan setelah transaksi. Untuk itu, sebelum memutuskan memilih tempat resespi hingga souvenir, lebih baik kamu mendatangi beberapa tempat yang berbeda untuk membandingkan harga. Kalau mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk pernikahan.

 

5. Lupa Mengurus Dokumen Pernikahan

Kelengkapan dokumen menjadi hal yang wajib dipenuhi ketika mendaftar untuk menikah. Dokumen-dokumen yang disiapkan seperti KTP dan akte kelahiran. Saking fokusnya ke acara, tak jarang pasangan calon pengantin lupa mengurus hal penting ini. Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan, ada baiknya melirik emas. Logam kuning ini bisa membantumu untuk mengumpulkan biaya pernikahan lebih cepat karena harganya bisa naik setiap tahun.

Membeli emas pun kini semakin mudah. Sobat Treasury bisa membelinya melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa kamu jadikan pilihan untuk investasi emas. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu!

Aplikasi Treasury juga menyediakan fitur Rencana Emas untuk mempermudah kamu menyiapkan dana pernikahan. Fitur ini berisi simulasi berapa emas yang harus ditabung agar dana pernikahan bisa terkumpul tepat waktu. 

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!