Jangan Salah Hitung Perencanaan Pembiayaan Masa Depan! Begini Rumus Detail yang Ideal!



Sobat Treasury, menjadi tua adalah keniscayaan yang pasti terjadi. Untuk itu adalah mutlak bagi kita untuk mempersiapkan kesejahteraan di hari tua dengan mengetahui bagaimana cara menghitung dana pensiun yang tepat sejak dini. Hal ini menjadi krusial agar kita tak merepotkan keluarga atau keturunan kamu nantinya karena punya persiapan yang sudah matang. 

Secara umum, cara menghitung dana untuk pembiayaan masa depan adalah dengan mengubah present value (nilai uang saat ini) menjadi future value (nilai uang di masa depan). Pasalnya, nilai uang saat ini akan punya nilai yang berbeda dengan 20 tahun mendatang akibat adanya inflasi. Mari kita rinci satu persatu. Fokus sebentar yah! 

 

Apa itu Future Value? Dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Future value (FV) adalah nilai uang masa depan dengan mempertimbangkan inflasi. Dengan mengetahui nilai masa depan memungkinkan kita membuat keputusan investasi yang tepat berdasarkan kebutuhan. Dengan memperhitungkan Future Value, erat kaitannya dengan memperhitungkan pertumbuhan nilai investasi. Gak bingung kan?

Mengutip dari investopedia.com, Future Value merupakan perhitungan nilai uang saat ini di masa yang akan datang dengan asumsi tingkat pertumbuhan aset investasi yang kamu beli menggunakan uang tersebut. Hal ini penting bagi investor dan perencana agar dapat memperkirakan aset yang dipilih akan memberikan keuntungan atau tidaknya di masa depan. 

 

Terdapat 2 jenis Future Value yaitu Simple Annual Interest dan Compounded Annual Interest. Penggunaannya perlu kamu sesuaikan dengan tingkat kestabilan pertumbuhan pada aset kamu. 

 

Simple Annual Interest

Penggunaan rumus Simple Annual Interest ditujukan bagi nilai aset yang memiliki tingkat pertumbuhan yang konsisten alias berbunga tunggal serta pembayaran satu kali di muka yang tidak pernah tersentuh.

 

FV=I×(1+(R×T))

I= Total Nilai Investasi Saat Ini

R= Tingkat Suku Bunga

T= Jangka Waktu

 

Sebagai contoh, asumsikan kamu berinvestasi selama 5 tahun senilai Rp50 juta di deposito dengan 2,5% simple interest yang dibayarkan setiap tahun. Maka future value dari investasi awal Rp50 juta, yaitu: 

FV = Rp 50 juta × [1 + (0,10 x 5)] = Rp 56.250.000 

 

Future Value of Annuity

Teknik ini menunjukkan nilai aset di masa depan dengan modal yang rutin kamu tabungkan/belikan setiap waktunya.

Biasanya, investor banyak menggunakan formulasi ini dalam berinvestasi jangka panjang demi memenuhi tujuan keuangan masa depan. Misalnya, mengetahui berapa kali seseorang harus menyimpan per bulan agar bisa mendapatkan dana tabungan pembiayaan masa depan yang diinginkan.

Metode ini bisa juga kamu terapkan di investasi emas dengan mempertimbangkan tingkat pertumbuhan per tahunnya atau compound annual growth rate (CAGR). 

Data dari tim CNBC Research compound annual growth rate (CAGR) Emas semenjak April 2013 hingga April 2023, kenaikan harga emas setiap tahunnya adalah 7,3%.  Anggap saja, kamu menabung emas dengan modal Rp 1 juta setiap bulannya dengan metode Dollar Cost Averaging. Jika kamu memiliki jangka waktu 20 tahun untuk berinvestasi, maka seperti inilah perhitungan simulasinya

Teknik ini menunjukkan nilai aset di masa depan dengan modal yang rutin kamu tabungkan/belikan setiap waktunya.

P=Future Value

PMT= Modal yang dikeluarkan rutin

R= Tingkat Suku Bunga

 

FV=I×(1+R) ^T

FV= Rp 1.000.000 x ((1+(7,3%/12))20 - 1)) / (7,3%/12)

FV= Rp 540.321.655

 

Apakah menurut kamu Rp 540 juta saja sudah cukup untuk dana pembiayaan masa depan? Jika dirasa kurang, maka tidak ada salahnya kamu untuk mengeluarkan uang lebih besar lagi agar imbal hasil yang didapat bisa semakin besar. Atau kamu bisa menggunakan fitur Panen Emas!

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, investasi emas untuk pembiayaan masa depan dan hari tua kamu bisa menjadi pilihan cerdas, karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. 

Dengan Panen Emas, kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a! Jadi kamu bisa mendapatkan double cuan melalui bunga dari Panen Emas dan juga pertumbuhan aset emas setiap tahunnya!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!