Jangan Mulai Investasi Kalau Belum Punya Mindset Ini



Seperti kata peribahasa “banyak jalan menuju Roma”, menjadi kaya pun caranya tak hanya satu. Misalnya, untuk menjadi kaya, investasi bisa menjadi pilihan. Dengan investasi, kamu bisa menghasilkan uang berkali-kali lipat dari semula.

Agar investasi makin menghasilkan uang, ada beberapa pemikiran yang harus dimiliki oleh seorang investor. Apa saja itu?

 

Pertama, menerapkan gaya hidup sederhana. Imbal hasil investasi memang tidak bisa kita kendalikan. Tapi, ada satu yang lebih bisa kita kontrol, yaitu gaya hidup.

Biar bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk investasi, kamu bisa menurunkan gaya hidupmu. Misalnya, mencoret kebiasaan hangout bersama bestie setiap akhir pekan. Ini merupakan salah satu gaya hidup frugal living, dilansir Kontan.

Sejumlah selebritis papan atas juga dikenal menerapkan frugal living, seperti Lady Gaga dan Leonardo DiCaprio. Penerapan gaya hidup ini tidak berarti kamu pelit, tetapi lebih menghargai uang.

 

Kedua, bahagia dengan sedikit uang. Kalau kamu berhemat, itu berarti ada sedikit uang untuk dibelanjakan, tetapi banyak untuk disimpan/diinvestasikan. Keunggulan pola hidup ini juga bisa membuatmu bahagia, lho.

Orang yang hemat itu jarang stress dan bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan baik. Bahkan, bisa memanfaatkan lebih banyak uang untuk bersenang-senang. 

Ini berbeda dengan orang yang membelanjakan lebih banyak uang daripada menyimpannya. Tak jarang tipe orang yang satu ini memilih jalan pintas, yaitu utang. Kalau dilakukan terus-menerus, utang akan semakin menumpuk dan sulit dilunasi, dikutip dari Cermati.

 

Ketiga, menekan ego. Ada, lho, orang yang membelanjakan untuk menunjukkan “aku punya banyak uang” kepada orang lain.

Sikap ini justru membuatnya jadi orang yang boros. Kalau sudah boros, seberapa banyak gaji yang diterima pun tidak akan cukup plus sedikit banget uang yang bisa disimpan. Malah, sifat boros ini bisa memicu orang untuk berutang.

 

Keempat, menyisihkan uang dengan rutin. Kamu tak perlu menyisihkan banyak uang untuk investasi. Investasi dengan sedikit uang, asalkan rutin, bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Selain itu, jadikan menyisihkan uang sebagai kebiasaan baik.

Misalnya menyisihkan uang Rp5 ribu untuk beli emas. Ya, kamu bisa beli emas dengan harga yang sangat terjangkau di aplikasi Treasury. Lebih murah daripada segelas kopi kekinian, bukan?

 

Kelima, “mengendalikan waktu” dan fleksibel. Maksudnya, dengan pengelolaan keuangan yang baik dan investasi, kamu bisa menikmati masa depan tanpa harus pusing memikirkan finansial.

Ini bisa kamu raih jika keuanganmu sudah stabil. Dilansir dari Chubb, kestabilan finansial ini bukan berarti kamu kaya, tetapi keuanganmu bisa membuatmu bertahan. Menciptakan kestabilan finansial pun memerlukan konsistensi dan disiplin dalam mengelola keuangan dan melaksanakan rencana keuangan.

Misalnya, kamu menerapkan anggaran belanja yang sudah dibuat, menyiapkan dana darurat, berbelanja dengan bijak, membuat dana darurat, sampai merencanakan pensiun.

Kamu menghimpun dana darurat dengan instrumen keuangan yang rendah risiko, seperti emas. Logam mulia ini memang terkenal bisa menjadi lindung nilai aset dari inflasi, harganya naik terus tiap tahun, serta gampang dicairkan.

Fitur Rencana Emas di platform Treasury mempermudah kamu untuk merencanakan dana darurat. Di sini, kamu bisa menentukan target dana yang dikumpulkan. Dari sini kamu bisa mengetahui seberapa banyak emas yang harus dibeli agar target tersebut bisa tercapai.

Selain disiplin dan konsisten dalam mengelola keuangan, ada satu hal yang perlu diingat. Rencana keuangan jangka panjang yang dibuat ini pun dibuat fleksibel, sesuai dengan kondisi yang kamu alami. Bisa jadi, pada titik tertentu, rencana keuangan perlu disesuaikan, dikutip dari OK Bank.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury!

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!