Jangan Disepelekan, Edukasi Finansial Itu Penting Banget, lho!



Tak dapat dipungkiri menjadi kaya merupakan mimpi banyak orang. Kamu termasuk salah satunya, kan?

Sobat Treasury bisa menjadi kaya asalkan pandai memiliki pengetahuan. Penulis buku Rich Dad Poor Dad, Robert T. Kiyosaki, mengatakan kebanyakan orang pergi ke sekolah untuk mengenyam pendidikan. Dengan pendidikan, mereka nantinya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan terjamin bisa mendatangkan uang. Sayangnya, sekolah tidak mengajarkan cara uang bekerja untuk kita.

“Uang memang salah satu bentuk kekuatan. Tapi, ada yang lebih kuat dari uang, yaitu pendidikan finansial,” kata Kiyosaki.

Dia menekankan uang bisa saja datang dan hilang begitu saja. Namun, dengan pengetahuan finansial, kita bisa mengendalikan uang.

 

Mengapa Pengetahuan Finansial Itu Penting?

Dikutip dari Liputan6.com, edukasi keuangan diperlukan agar kemampuanmu mengelola uang semakin baik. Pengelolaan keuangan yang baik menjadikan kondisi finansialmu stabil. Tak hanya pengelolaan uang, pendidikan finansial juga penting bagi perencanaan keuangan.

Ada lima alasan pentingnya edukasi finansial.

 

Pertama, pendidikan finansial bisa menjadi investasi. Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah. Tanpa pengetahuan keuangan yang baik, kita akan kesulitan mengelola finansial dengan cerdas.

Agar piawai mengelola keuangan, Sobat Treasury perlu meluangkan waktu dan perhatian yang baik untuk belajar keuangan agar benar-benar memahaminya. Edukasi keuangan ini juga merupakan bentuk investasi, lho. Pengetahuan akan membuatmu lebih memahami keuangan dan membantumu membuat keputusan yang penting.

 

Kedua, bisa memilih strategi keuangan yang tepat. Beragam strategi finansial acapkali tidak tepat sasaran, terutama soal investasi. Kalau memilih strategi serampangan, yang ada kondisi keuanganmu malah memburuk.

Ketika punya pendidikan finansial yang apik, kamu juga akan mempunyai kemampuan yang baik untuk menilai berbagai strategi keuangan. Kamu akan bisa memilih dan melakukan strategi yang tepat untuk kebutuhanmu.

 

Ketiga, mampu mengambil keputusan keuangan dengan tepat. Memutuskan sesuatu di dalam keuangan bisa saja bukan hal yang sulit apalagi tanpa memikirkan dampaknya. Keputusan yang sembarangan ini bisa menimbulkan masalah dan memperburuk kondisi finansialmu, lho!

Pertimbangan berbagai dampak keputusan perlu dilakukan agar keputusan yang tepat bisa diambil. Ini bukanlah hal yang sulit kalau kamu punya pendidikan finansial yang baik.

 

Keempat, sanggup bertanggung jawab pada keputusan keuangan. Sebagai pengambil keputusan, kita bertanggung jawab untuk setiap keputusan yang dibuat, misalnya investasi.

Kalau punya pendidikan keuangan yang memadai dan bisa mengambil keputusan keuangan, kamu tentu sanggup bertanggung jawab terhadap beragam keputusan yang telah dibuat. Sobat Treasury akan memahami dengan baik berbagai keputusan dan tahu apa yang akan terjadi setelah keputusan itu dibuat.

 

Kelima, mempengaruhi batas kemampuan keuangan. Kecerdasan akan mempengaruhi kualitas kehidupan. Ini juga berlaku untuk keuangan. Kecerdasanmu akan menentukan batas kemampuan keuangan yang dimiliki. Semakin cerdas mengelola keuangan, Sobat Treasury juga bisa mendapatkan banyak kekayaan.

 

Ingat Ini...

Selain mengelola keuangan, pengetahuan keuangan yang cukup akan membantumu untuk menjadikan uang bekerja bagimu. Caranya dengan investasi.

Kiyosaki, dalam bukunya, yang membedakan orang kaya dengan orang miskin adalah cara mereka memperlakukan uang. Orang kaya akan menjadikan uang bekerja untuknya, sedangkan orang miskin akan bekerja untuk mendapatkan uang.

Lantas, bagaimana caranya membuat uang bekerja untuk kita? Salah satu caranya adalah investasi. Dengan investasi, kamu bisa mendatangkan uang.

Misalnya, emas. Instrumen investasi ini bisa membuatmu tetap cuan meskipun tanpa bekerja. Sebagai contoh, dilansir dari Kompas.com, kamu membeli emas 10 gram dengan harga Rp5 juta pada 2011. Kemudian, pada 2021, emas itu terjual dengan harga Rp9 juta. Itu berarti kamu mendapatkan untung Rp4 juta. 

Logam mulia ini juga banyak dilirik orang karena tempat yang aman untuk mengamankan aset dari inflasi ditambah lagi harganya bisa naik setiap tahun. Emas dinilai minim risiko dan nilainya terjaga.

Untuk kamu yang tertarik dengan emas, ada platform yang bisa dipilih untuk investasi. Namanya Treasury. Kamu bisa membeli emas mulai dari Rp5 ribu di aplikasi ini.

 

Ada banyak keuntungan yang kamu dapat dari investasi emas di Treasury 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!