Investor Pemula Merapat! 3 Cara Gampang agar Bonus THR Kamu Berkembang Biak



Sobat Treasury, sebentar lagi pasti ada kabar baik dong dari tempat kerja kamu yang bakal mencairkan tunjangan hari raya atau THR. Salah satu skema cerdas dalam memanfaatkan THR pada hari lebaran tahun ini adalah mengambil keputusan untuk berinvestasi.  

Tentu dalam investasi kamu berharap  aset yang kamu beli memberi harapan harganya akan naik di masa depan atau menghasilkan pendapatan.  Namun dalam investasi tentu ada jangka waktu, profil risiko, tujuannya. Adalah hal yang bijak dilakukan para pemula adalah dengan memilih instrumen investasi yang kamu kenali terlebih dulu, dan yang berisiko rendah.

Dan sejatinya, ada tiga instrumen investasi yang terbilang mudah untuk dicoba, tepat untuk seluruh jangka waktu investasi dan memiliki risiko cukup rendah. Penasaran? Berikut ulasannya.

 

Investasi Surat Utang Negara

Investasi surat utang negara adalah sebuah surat berharga yang diterbitkan serta dijual oleh perusahaan negara kepada masyarakat secara umum agar mendapatkan suntikan modal dan mampu melanjutkan pembangunan negara. 

Surat utang negara bisa disebut sebagai instrumen investasi teraman, karena instrumen ini tidak mengenal risiko gagal bayar. Pasalnya, modal dan imbal hasil investasi kamu akan dijamin oleh negara. Surat utang negara ditawarkan lewat sebuah penawaran perdana. Jika sudah melewati masa penawaran, Kamu bisa membelinya di pasar sekunder lewat bank, atau lewat aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh perbankan.

SUN yang juga Obligasi Negara berjangka waktu lebih dari 12 bulan dengan kupon atau pembayaran bunga secara diskonto. Obligasi Negara yang diperdagangakan secara ritel disebut dengan Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Tujuan diterbitkannya ORI adalah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat atau investor individual untuk secara langsung memiliki dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan Obligasi Negara.

Potensi keuntungannya cukup tinggi, bahkan memberi imbal hasil tahunan di atas bunga deposito di Bank BUMN sekalipun. Produk SUN seperti Obligasi Negara juga dapat dijadikan sebagai agunan dan dapat dijual setiap saat apabila pemilik membutuhkan dana. Dana investasi yang bisa kamu keluarkan juga bisa dari modal terkecil 1 juta rupiah.

 

Investasi Reksa dana Pasar Uang

Instrumen investasi selanjutnya adalah investasi reksa dana pasar uang. Investasi ini adalah instrumen yang paling praktis dan komplit. Hal itu disebabkan karena ada banyak jenis reksa dana yang kamu pilih sesuai dengan tingkat risiko maupun returnsnya. Bila kamu adalah investor pemula yang masih belajar mengenali instrumen dan memitigasi risiko investasi, reksa dana pasar uang adalah solusinya.

Reksadana Pasar Uang adalah investasi yang portofolionya terdiri dari instrumen aset jangka pendek atau kurang dari satu tahun, serta memiliki kualitas tinggi dan utang jangka pendek menggunakan aktiva yang lebih mudah cair.

Keuntungan reksadana pasar uang dibandingkan instrumen lainnya yaitu waktu pencairan dana lebih fleksibel. Uang yang Anda investasikan dapat diambil kapan saja tanpa perlu menunggu jatuh tempo. Anda juga tidak dibebankan biaya denda seperti instrumen lainnya, bila melakukan redemption di luar waktu kesepakatan. 

Lalu berapa imbal hasil atau keuntungan reksadana pasar uang per bulan? Jawabannya adalah rata-rata 5-6%. Melihat besaran return tersebut tentu investasi pada reksadana pasar uang sangatlah menguntungkan dibandingkan instrumen sejenis seperti deposito.6 Oct 2023

 

Investasi Emas

Dan investasi yang paling menguntungkan untuk THR kamu adalah investasi emas. Kenapa emas? Karena garga emas cenderung naik di masa depan dan mengalami kenaikan di atas rata-rata inflasi. Oleh karena itu, emas sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. . Nilai emas paling tahan terhadap resesi, emas relatif stabil meskipun ada fluktuasi ekonomi.

Kelebihan laim investasi emas, kamu bisa mencairkan emas kamu kapanpun kamu butuh dana cepat. Soal returns, dalam 10 tahun terakhir, rata-rata kenaikan harga emas sekitar 12% per tahun. Angka yang lumayan kan? Ketimbang uang kamu mandek di tabungan 

Namun, berhati-hatilah jika investasi emas terutama emas digital. Harus pintar pilih platform emas yang memang mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Nah kabar baiknya kamu bisa memanfaatkan dana THR kamu dengan membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!