Investasi ke Diri Sendiri, Hal Penting yang Sering Terabaikan



Sobat Treasury, seringkali banyak orang menganggap investasi melulu soal modal, uang dan return. Namun banyak dari mereka yang mengabaikan bahwa investasi untuk diri sendiri sering terlupakan. Apa sih maksud dari investasi untuk diri sendiri? Dan sepenting apa?

 

Investasi diri sendiri, bisa juga disebut investasi leher ke atas, adalah istilah yang dipakai untuk menyebut serangkaian proses yang kita lakukan untuk menjaga dan mengembangkan kemampuan diri. Manfaat investasi ini abstrak alias tak dapat kita ukur dengan uang. Misalnya, pekerjaan kamu adalah editor maupun ilustrator. Maka mutlak bagi kamu untuk mengembangkan kemampuan kamu di bidang itu.

 

Untuk bagi kamu yang ingin memulai, terutama kamu di usia produktif 17-25 tahun maka kamu bisa memulainya dengan mengawalinya dengan mencari passion yang kamu suka. Setelah ketemu bidang yang kamu suka perdalam sehingga akhirnya menjadi jago dan ahli dengan cara naikin skill kamu. Dan disini investasi itu dimulai.

 

Kamu bisa ikut kursus dan pelatihan agar skill editing dan ilustrator kamu di atas rata-rata orang seumuran kamu, dan tentunya ini bakal keluar dana dan biaya. Maka mutlak bagi kamu untuk menyisihkan dana untuk upgrade skill secara berkala, dan disinilah yang investasi itu dimulai. 

 

Dengan sendirinya kemampuan kamu bakal meningkat dan setelahnya value kamu juga meningkat. Dan di titik ini maka investasimu akan mulai terasa, dan jangan khawatir sebab hasil yang kamu investasikan untuk menghasilkan value itu bakal menghasilkan cuan juga. Money will follow value!

 

Pertanyaan selanjutnya, berapa investasi yang harus dikeluarkan untuk upgrade skill. Tentunya pertanyaan dikembalikan ke diri kamu sendiri. Kamu bisa mencari pelatihan atau kursus yang susuai dengan budget yang kamu sisihkan setelah kebutuhan rutin dan pokok.

 

Ingat! tidak ada batas waktu umur untuk terus belajar. Belajar adalah hal wajib yang harus terus dilakukan oleh seseorang selama masa hidupnya. Walaupun kamu sudah tidak duduk di bangku sekolah, kamu masih bisa belajar dan meningkatkan soft skill kamu melalui pelatihan yang bersertifikasi.

 

Kamu juga bisa melakukannya dengan bergabung di komunitas yang memiliki kesamaan visi dan misi, kamu memiliki kesempatan untuk belajar lebih besar, memperluas jaringan, menambah pengalaman dan wawasan, dan menambah inspirasi serta informasi kamu seputar minat kamu. Di jaman digital sosial media saat ini banyak komunitas yang bisa kamu cari sesuai passion kamu.

 

Cara murah lainnya adalah dengan banyak membaca buku. Membaca adalah jendela dunia. Pengusaha sukses dan pemimpin bisnis di dunia ini memiliki satu kesamaan, yaitu membaca buku. Baik itu membaca buku yang sifatnya pengembangan diri, hingga buku mengenai bisnis. Membaca buku adalah kebiasaan yang akan mengubah hidup dan pola pikir kamu. Dengan membiasakan diri membaca berbagai variasi buku, kamu akan memiliki sudut pandang yang berbeda sehingga kamu akan menjadi pribadi yang open minded dan adaptif.

 

Cara lainnya yang banyak disarankan banyak ahli adalah keluar dari zona nyaman. Cara ini dianggap adalah salah satu cara untuk membentuk kepribadian kamu. Dengan keluar dari zona nyaman, kamu dilatih untuk lebih berani dan menambah pengalaman hidup. Kamu bisa mencoba untuk mempelajari hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Setiap keterampilan yang kamu miliki berasal dari pengalaman hidup yang kamu jalani. 

 

Hal terakhir dan tak kalah penting adalah membiasakan diri untuk menabung sejak dini dapat menyelamatkan kamu dari kesulitan finansial di masa depan. Dengan menabung, kamu bisa mengantisipasi kebutuhan dana sejak jauh-jauh hari, seperti misalnya untuk kebutuhan sekolah, membeli rumah, membahagiakan orang tua, atau biaya menikah nanti.  

 

Overall, dari paparan di atas tentunya kamu yang paling mengerti Cara untuk melakukan investasi untuk diri sendiri akan terus berubah, tergantung dengan tingkat dan jenjang usia kamu. Semakin bertambah usia, tentunya kebutuhan investasi untuk diri kamu akan meningkat. Jika kamu berhasil melakukan investasi untuk pengembangan diri, kamu akan mampu memenuhi aspek kehidupan lain di kehidupan kamu, seperti karier dan keuangan.

 

Menabung Emas Mulai Rp5.000-an

 

Ngomong-ngomong soal menabung yang dijelaskan di atas, kamu bisa memulainya langsung dengan modal yang murah dan cara yang mudah, yaitu menabung emas di Treasury. Kamu bisa memulai menabung emas mulai dari Rp5.000-an lho.

  

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!