Intip Cara Berhasil Menabung untuk Resolusi 2023



Banyak orang membuat resolusi 2023. Salah satunya adalah menabung.

Bicara tentang menabung, aktivitas ini menjadi resolusi yang paling banyak dibuat oleh orang-orang. Menurut hasil survei Jakpat, dari 1.646 responden, ada 68,8 persen responden di Indonesia yang membuat resolusi untuk tahun 2023. Nah, 61,1 persen responden di antaranya ingin lebih banyak menabung.

Sayangnya, tidak sedikit orang-orang gagal untuk mewujudkan resolusi yang ini. Ada saja hal-hal yang membuat keinginan menabung tertunda. Misalnya, ada banyak kebutuhan dadakan, tidak bisa mau ketinggalan hype, dan healing terus. Lalu, bagaimana, ya, agar resolusi menabung bisa terwujud?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, Sobat Treasury. Yang pertama, mengevaluasi keuangan tahun lalu.

 

Pertama, mengevaluasi keuangan tahun lalu. Evaluasi keuangan bisa membantumu untuk tahu kebiasaan serta pola belanja pada 2022. Sobat Treasury bisa mengetahui pengeluaran yang penting dan tidak. Kamu juga tahu kebutuhan mana yang bisa ditunda. Dari ini kamu bisa mencoret pengeluaran yang tidak penting. Misalnya, pengeluaran untuk jalan-jalan sebulan sekali. Kamu bisa mengubahnya menjadi dua tiga bulan sekali.

Kedua, tentukan tujuan keuangan. Kamu bisa menentukan tujuan menabung agar resolusi ini bisa terlaksana. Tujuan ini bisa menjadi penyemangat kamu untuk terus mengumpulkan uang. Misalnya, Sobat ingin membeli smartphone baru tahun ini. Atau, ingin mengumpulkan DP rumah.

Ketiga, menambah anggaran untuk tabungan. Sobat Treasury bisa memperbanyak anggaran untuk tabungan. Tambahan ini bisa berasal dari sumber-sumber selain penghasilan utama, seperti kenaikan gaji, pekerjaan sampingan, dan bonus tahunan. Memang ada godaan untuk menghambur-hamburkan uang-uang ini. Tapi, akan lebih bijak jika kamu menabungnya. Hal ini bertujuan agar tabungan kamu bisa makin cepat.

Keempat, menerapkan hidup hemat. Jika sukses menabung, kamu bisa menerapkan gaya hidup hemat dan tidak mudah terpengaruh oleh arus. 

Sebagai contoh, kamu sering melihat banyak post lokasi jajan-jajan cantik yang sedang viral di media sosial dan harga makanannya dua kali dari anggaran makan harianmu. Jika memutuskan untuk menabung, ada baiknya tidak terhasut oleh unggahan tersebut. Kamu bisa membawa bekal sendiri dari rumah alih-alih jajan di luar.Sobat Treasury juga bisa memasak sendiri di rumah daripada beli jadi. Selain lebih irit, kebersihan dan keamanan makanan yang dibuat pun terjamin.

Kelima, menabung mulai dari nominal kecil dan disiplin. Resolusi menabung sering gagal karena hanya berlandaskan niat, bukan disertai dengan perbuatan. Padahal, resolusi ini bisa diwujudkan jika kita berkeinginan kuat untuk menabung dan disiplin. Agar mempermudah menabung, kamu bisa membuat celengan target. Metode ini berisi berapa banyak uang yang akan ditabung per harinya. Tidak apa-apa mulai dengan nominal kecil, seperti Rp1.000, Rp2 ribu, dan Rp5 ribu. Andaikata menabung Rp5 ribu per hari, maka kamu akan bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp150 ribu per bulan. 

Keenam, menempatkannya di tempat yang terpisah. Misalnya, Sobat Treasury memiliki lebih dari satu tujuan menabung. Kamu bisa menempatkan tujuan-tujuan itu di tempat yang berbeda. Misalnya, pos tabungan untuk pergi wisata, beli smartphone, dan biaya pendidikan anak. Emas bisa menjadi tempat yang bagus untuk dijadikan tempat menabung.

Mengapa?

Logam mulia ini punya banyak kelebihan. Selain tahan karat, harganya cenderung stabil ketika perekonomian buruk dan bisa naik setiap tahun. Nilai emas pun tetap terjaga dari inflasi dan tidak akan turun. Tak hanya ini, emas juga mudah dijual dan dibeli. Kamu juga bisa menemukannya di mana saja. Selain toko, Sobat Treasury juga bisa membelinya secara online melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan untuk investasi emas. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi susu kekinian, kan!

Treasury juga menawarkan keuntungan bagimu, seperti jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi. Keamanan dan legalitas aplikasi terjamin karena terdaftar di otoritas terkait. Ada juga fitur-fitur ciamik yang menanti untuk kamu coba. Sobat Treasury bisa menjual sementara saldo emas digital melalui Jamimas agar bisa mendapatkan pendanaan dan bisa menjual emas digital kapanpun dibutuhkan.

Kamu juga bisa mengirimkan logam mulia ke orang-orang kesayangan melalui Transfer Emas. Bagi yang ingin emas fisik, kamu bisa mencetak emas digital ke logam mulia batangan. Sobat Treasury juga bisa membeli koin emas Koin Nusantara dan koleksi perhiasan dari UBS Lifestyle.

Gimana? Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang biar bisa ikutan mencoba fitur-fitur oke lainnya!