Harga Emas Mulai Jenuh Sejak Sentuh ATH, The Fed Pemicunya



Harga emas dunia melemah pada perdagangan Selasa karena menguatnya dolar AS sehari sebelum The Federal Reserve (The Fed) memberi sinyal sikap suku bunganya. The Fed akan mengumumkan kebijakan pada hari ini atau Kamis dini hari waktu Indonesia. Sejak menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa (All-time High/ATH), harga sang logam mulia memang cenderung terkoreksi.

 

Pada perdagangan Selasa (19/3/2024) harga emas di pasar spot ditutup melemah 0,13% di posisi US$2.157,22 per troy ons. Sejak sentuh rekor tertinggi sepanjang sejarah di US$ 2.182,47/troy ons pada 11 Maret silam, harga sudah terpangkas 1,16%. Meski demikian, harga emas masih membukukan kenaikan 6,61% selama sebulan terakhir.       

 

Federal Open Market Committee (FOMC) menggelar pertemuan kebijakan moneter yang dimulai Selasa (19/3/2024) pagi dan akan berakhir Rabu (20/3/2024) sore dengan pernyataan dan konferensi pers dari Ketua Fed Jerome Powell. Meskipun tidak ada perubahan kebijakan yang diharapkan, para investor seperti biasa menunggu hasil pertemuan tersebut untuk mendapatkan petunjuk tentang arah dan waktu kebijakan moneter ke depan.

 

Akibatnya dalam tiga hari perdagangan terakhir, harga emas ditutup berubah-ubah dari melemah pada Jumat kemudian menguat pada Senin pekan ini dan kembali melemah pada Selasa kemarin. Pada perdagangan Selasa karena menguatnya dolar AS sehari sebelum The Federal Reserve (The Fed) memberi sinyal sikap suku bunganya.

 

Dolar AS sempat kembali ke level 104 sebelum ditutup lebih rendah dengan menguat 0,36% di level 103,8. Pencapaian tersebut menyentuh level tertinggi lebih dari dua minggu, membuat emas lebih mahal bagi pembeli di luar negeri. Pagi ini, Dollar Index masih melanjutkan tren penguatan. Pada pukul 07:09 WIB, indeks ini bertambah 0,28% ke 103,888, tertinggi sejak 28 Februari.

 

Harga emas pada Maret 2024 ini berkali-kali mencetak rekor harga tertinggi. Namun belakangan harga turun hampir 1% minggu lalu setelah rilis harga konsumen dan harga produsen AS periode Februari yang lebih panas dari perkiraan, sehingga mengurangi harapan penurunan suku bunga The Fed lebih awal karena ancaman inflasi yang terus-menerus.

 

Inflasi yang lebih tinggi mendorong The Fed untuk mempertahankan suku bunga tetap tinggi, sehingga membebani emas yang tidak memberikan imbal hasil. Meskipun The Fed secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga stabil pada Rabu, pasar menunggu komentar dari Ketua The Fed Jerome Powell setelahnya mengenai prospek suku bunga terbarunya.

 

Sementara itu, Bank Sentral Jepang (BoJ) mengakhiri kebijakan suku bunga negatif selama delapan tahun dan menjadi kenaikan pertama sejak 17 tahun terakhir. Suku bunga BoJ naik 10 basis poin (bp) menjadi kisaran 0%-0,1%, dari sebelumnya di level -0,1%, level terendah selama delapan tahun terakhir.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!