Harga Emas Masih di Bawah Level Psikologis, Momen Ideal untuk Beli



Harga emas dunia naik tipis namun belum membawa harga sang logam mulia melampaui level psikologis US$ 2.000 per troy ons. Harga emas anjlok setelah data inflasi Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi dari perkiraan mendorong investor menurunkan taruhan terhadap penurunan suku bunga bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) lebih awal.

 

Harga emas belum bisa lepas dari tren negatif. Dalam sepekan terakhir, harga turun 2% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, koreksinya mencapai hampir 3%. Pada perdagangan Rabu (14/2/2024) harga emas di pasar spot ditutup melemah 0,08% di posisi US$ 1992,39 per troy ons. Harganya menguat tipis 0,01%.  

 

Rilis data inflasi di Amerika Serikat (AS) masih menjadi sentimen pemberat harga emas. Pada Januari, inflasi AS tercatat 3,1% year-on-year (yoy). Lebih tinggi dibandingkan ekspektasi pasar yang memperkirakan di 2,9% yoy. Inflasi AS yang masih panas ini membuat pelaku pasar semakin pesimis jika bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) akan segera memangkas suku bunga.

 

Pasar kini memperkirakan suku bunga acuan akan turun 3 kali masing-masing 25 basis poin (bps) sepanjang 2024, lebih sedikit dari perkiraan sebelumnya yaitu 4 kali. Penurunan Federal Funds Rate kemungkinan baru terjadi paling cepat pertengahan tahun.

 

Investor sekarang akan fokus pada data penjualan ritel dan indeks harga produsen AS yang akan dirilis masing-masing pada hari ini dan Jumat. Setidaknya lima pejabat The Fed juga akan berbicara minggu ini. Rilis data AS dan komentar pejabat The Fed bisa membuat harga emas terus bergerak volatile.

 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!