Harga BBM Naik, Begini Tips Hemat Ongkos Transportasi



Seperti yang kita tahu, harga BBM naik per Sabtu 3 September 2022. Kenaikan harga BBM ini membuat pengguna kendaraan yang berbahan bakar pertalite atau solar akan pusing tujuh keliling. Pasalnya, uang yang dikeluarkan untuk membeli bahan bakar pun bertambah. Sekadar informasi, harga pertalite naik jadi Rp10 ribu per liter dan solar menjadi Rp6.800 per liter.

Kenaikan harga BBM ini bisa membuat anggaran belanja menjadi berubah. Apalagi, rata-rata orang menghabiskan 20 persen uangnya untuk biaya transportasi. Ingin menghemat ongkos, tapi bagaimana caranya, ya, guys? Tenang, Sobat Treasury, kamu bisa menghemat ongkos transportasi melalui tiga cara di bawah ini. 

Pertama, jalan kaki atau bersepeda. Kalau tempat kerjamu dekat dari rumah, kamu tak perlu membawa kendaraan bermotor pribadi. Sobat bisa menempuhnya dengan berjalan kaki atau bersepeda. Dua alternatif ini tidak membuatmu merogoh dompet untuk membeli bensin! Nggak hanya itu, bersepeda dan jalan kaki ini punya banyak manfaat, lho. Selain dompet, dua aktivitas ini juga menyehatkan jantung dan otot, terutama otot kaki.

Kedua, menggunakan transportasi umum. Opsi berikutnya, manfaatkanlah transportasi umum untuk bepergian. Ada banyak pilihan transportasi umum yang bisa kamu gunakan, seperti KRL Commuterline dan bus TransJakarta. Meskipun harus berdesak-desakan dengan penumpang dan sering terlambat, setidaknya transportasi umum lebih hemat. Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin, tol, dan parker kalau bepergian dengan transportasi umum.

Misalnya, rumahmu ada di dekat Stasiun Bekasi dan kantormu hanya berjarak 500 meter dengan Stasiun Tebet. Bepergian dengan KRL hanya membuatmu mengeluarkan ongkos Rp6 ribu pulang pergi.

Ketiga, ngekos di dekat kantor. Cara ini cocok buat kamu yang baru mulai kerja dan mencari tempat tinggal. Sebaiknya memilih yang dekat kantor. Kamu bisa mencari kos di area tempat kamu bekerja. Daripada “tua di jalan” dan ongkos transportasinya besar, opsi ngekos dekat kantor bisa kamu pertimbangkan.

 

Tips Irit Uang Bensin

Jika perjalanan ke tempat kerja tidak bisa ditempuh dengan kendaraan umum, kamu bisa tetap menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghemat BBM ketika bepergian dengan kendaraan pribadi, seperti mobil. Misalnya, memanaskan mesin. Kamu bisa memanaskan mesin mobil sampai putaran mesinnya menjadi stabil dan berada di 3 ribu RPM. Putaran mesin yang tidak stabil membuat konsumsi BBM cukup besar, lho.

Pengguna mobil juga sebaiknya mematikan mesin ketika kendaraan berhenti lama. Mesin yang menyala akan mengkonsumsi BBM, lho, Sobat. Lalu, bagaimana dengan pengguna sepeda motor? Untuk menghemat bensin, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghindari jalan rusak. Motor lebih banyak menghabiskan bensin untuk melewati jalan berlubang, lho.

Kamu juga bisa menjaga kecepatan berkendara. Perlu diingat, menggeber gas motor bisa membuat konsumsi bensin jadi boros. Berkendara dengan kecepatan yang konstan juga membuatmu lebih nyaman dalam berkendara.

Berikut itu adalah serangkaian tips untuk menghemat biaya transportasi. Kalau anggaran transportasi masih tersisa, kan bisa ditabung. Nah, kamu bisa memilih emas sebagai tabungannya.  Kenapa emas? Logam kuning ini punya banyak kelebihan, misalnya nilainya tetap terjaga dan harganya bisa naik setiap tahun.

Ingin beli emas? Sekarang kamu bisa membelinya melalui online. Aplikasi emas digital bisa dijadikan pilihan untuk menabung emas. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!