5 Alasan Kuat Mengapa Gen Z Harus Mencoba Investasi ke Emas Digital



Dunia keuangan saat ini bergerak cepat, dimana hal tradisional bergabung dengan teknologi, generasi investor baru bermunculan, didorong oleh perspektif unik dan pola pikir yang mengutamakan digital. Gen Z, generasi yang dibesarkan dengan ponsel pintar dan internet, harus mampu mendefinisikan ulang tentang investasi.  

Saat ini ada instrumen investasi yaitu investasi emas digital. Dan berikut 5 alasan kuat mengapa Gen Z harus mencoba investasi emas digital:

 

1. Daya Tarik Emas Digital

Di Indonesia saat ini, emas telah memiliki tempat khusus di hati dan portofolio investor sejak lama, dan emas digital muncul sebagai sentuhan modern terhadap tradisi kuno. Apa yang membuat emas digital sangat relevan bagi investor Gen Z adalah perpaduan antara tradisional dan teknologi. Emas digital menggabungkan daya tarik emas yang dipastikan selalu memberi keuntungan investasi dengan kemudahan dan aksesibilitas dunia digital.

 

2. Nilai Emas Sudah Teruji

Sejak lama nilai emas selalu naik dan sudah teruji sejak lama. Era pasca kejadian 9/11 harga emas melonjak naik. Harga emas saat itu naik dari $215,50 per troy ounce menjadi $287, didorong oleh ketidakpastian investor yang gelisah mencari aset aman atau safe haven.  Bahkan ketika perekonomian global bergulat dengan ketidakpastian seperti pandemi COVID-19, emas tetap mempertahankan daya tariknya sebagai penyimpan nilai. 

Bagi investor Gen Z, yang tumbuh di dunia yang juga mengalami gejolak ekonomi, pilihan emas digital sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian sulit untuk diabaikan.

 

3, Minat Pengguna Emas Digital Terus Meningkat

Mengacu pada laporan CELIOS (Center of Economic and Law Studies) pada 2022 terungkap bahwa emas digital masih masuk lima besar pilihan produk investasi terbanyak di Indonesia. Penempatan investasi pada emas digital mendapatkan persentase sebesar 12,8 persen dalam laporan bertajuk "Studi Dampak Aplikasi Multi-aset terhadap Pertumbuhan Investor Ritel" tersebut.

Potensi investasi emas digital ini masih sangat tinggi, karena meski belum banyak platform yang menyediakan namun transaksinya terus bertumbuh Berdasarkan data yang dihimpun oleh Bappebti, terdapat peningkatan rata-rata transaksi per bulan pada aset emas digital. Adapun pada 2022 tercatat rata-rata transaksi emas digital per bulan mencapai Rp173,7 miliar, dengan total transaksi setahun penuh Rp2,1 triliun.



 

4. Sejumlah Keuntungan Emas Digital

Salah satu keunggulan utama emas digital adalah likuiditasnya dibandingkan investasi yang lain. Selama masa krisis atau ketidakstabilan pasar, emas yang punya sifat likuid dan mudah dicairkan mampu membantu memulihkan stabilitas keuangan. Emas digital memungkinkan investor dengan cepat mengubah kepemilikannya menjadi uang tunai, sehingga memberikan jaring pengaman saat paling dibutuhkan.

Ada sejumlah keuntungan berinvestasi di emas digital:

Keamanan: Sejumlah platform online emas digital yang resmi dan berizin umumnya menawarkan  langkah-langkah keamanan yang kuat, melindungi investasi kamu dari pencurian atau kehilangan fisik.

Transparansi: Sifat digital dari investasi emas digital memberikan transparansi dalam harga dan transaksi, memastikan kamu selalu mengetahui nilai kepemilikan emas kamu.

Aksesibilitas: Tidak seperti emas fisik, emas digital dapat dibeli dalam jumlah yang lebih kecil, sehingga memungkinkan investor dengan dana terbatas seperti Gen-Z. Kamu bisa investasi emas digital dengan gramasi yang kecil dan murah, 

 

5. Tetap Waspadai Potensi Kekhawatiran

Meskipun emas digital menawarkan sejumlah manfaat, penting juga untuk menyadari kekhawatirannya.  Investor harus memastikan bahwa mereka memilih platform terpercaya dan berizin. Selain itu, harga emas digital mungkin sedikit berbeda dari emas fisik karena adanya biaya perantara. Namun, perbedaan harga ini umumnya kecil dan sebanding dengan kenyamanan dan aksesibilitas yang ditawarkannya.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, terutama bagi kamu yang Generasi Z saatnya memulai investasi emas digital dengan cara yang mudah dan murah. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp 5.000an di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!