Dihantui Pandemi, Dihantui Resesi!



COVID-19 memang memberi dampak besar terhadap kehidupan, bukan hanya kita sebagai individu, tapi juga Negara. Setelah membuat ribuan pekerja harus mengalami pemutusan hubungan kerja, atau harus rela gajinya dipotong, pandemi ini juga sukses membuat negara-negara di dunia dihantui resesi.

Dilansir dari Kompas, resesi adalah penurunan dalam kegiatan ekonomi yang cukup signifikan dan berlangsung selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Resesi ini terjadi saat ekonomi sebuah negara mengalami PDB (Produk Domestik Bruto) negatif, meningkatnya jumlah pengangguran, penurunan penjualan ritel serta kontraksi ukuran pendapatan dan manufaktur dalam periode waktu yang panjang. 

Pandemi Corona yang datang tiba-tiba dan mematikan perlahan ekonomi di seluruh dunia, jadi penyebab resesi yang terjadi pada negara-negara maju, termasuk Singapura yang beberapa minggu terakhir menyatakan negaranya terkena resesi ekonomi. Melihat kurva yang terus meningkat, bukan tidak mungkin resesi juga akan melanda negeri ini. Siapkah kita?

Meski menyeramkan, resesi yang tidak mungkin dihindari ini bisa kok dilalui. Simak ya tips Treasury yang dilansir dari berbagai sumber ini!

1. Siapkan Dana Darurat

Melihat kondisi pandemi yang nampaknya masih jauh ujungnya, ada baiknya kamu menambah, atau mungkin mulai menyisihkan tabungan untuk dana darurat. Dana ini kelak bisa digunakan, untuk menjaga cashflow saat resesi semakin parah.

2. Lunasi Hutang-Hutang

Masih ada hutang? Sebisa mungkin lunasi segera agar tidak merepotkan di kemudian hari. Baiknya, hindari dulu berhutang lagi. Sampai paling tidak kondisi ekonomi pulih kembali.

3. Berhematlah!

Resesi bukan hanya akan melanda kamu, tapi juga semua orang di Negara yang mengalami resesi. Ini waktunya kamu berhemat dan perbanyak isi tabungan.

4. Tunda Pengeluaran Besar

Untuk menghindari hutang, sebaiknya tunda dulu pembelian barang-barang bernilai tinggi. Seperti mobil atau properti. Atur keuangan sebaik dan secermat mungkin, mulai hari ini!

5. Siapkan Simpanan 

Selain menyimpan dana jadi tabungan, coba juga mulai #PunyaSimpenan Emas deh. Belinya di Treasury, mulai dari Rp5.000,-an. Sedikit demi sedikit, lama-lama pasti menjadi bukit. Apalagi karena nilai Emas yang selalu meningkat di tahun-tahun mendatang.

6. Tingkatkan Kinerja di Kantor

Resesi bukan hanya akan menyerang perorangan, tapi juga perusahan-perusahaan besar. Bukan tidak mungkin saat resesi, kantor akan mengurangi jumlah pegawai. Untuk menghindarinya, tingkatkan kinerja kamu, agar menjadi team player yang sulit digantikan. Semangat!

7. Cari Pemasukan Tambahan

Bisa masak? Atau menggambar? Atau mampu jadi penerjemah? Apapun talent-mu, coba diasah deh, dan kalau bisa ‘dijual’ untuk mencari pemasukan tambahan. Nulis-nulis artikel juga lumayan banget tuh. Sering-sering cek media sosial atau colek-colek teman lama, siapa tahu ada job freelance nyangkut di sana.

8. Tetap Positif!

Ingat, resesi ini dirasakan semua orang, jadi jangan berpikir bahwa kamu lah orang yang paling menderita. Tetap berpikir positif itu bisa membuatmu lebih bahagia dan nyaman menjalani hidup. We’re all in this together, saling bantu saling jaga ya!