Digitalisasi Pacu Investasi, Emas Digital Jadi Buktinya



Emas merupakan salah satu aset perdagangan tertua. Bahkan sebelum penciptaan standar emas modern pada tahun 1717 saat pecahan emas dibedakan dalam bentuk batang dan koin investor emas sejak zaman dulu punya cara tersendiri untuk mengamankan asetnya. 

Mengutip Nasdaq, dalam sejarahnya investor sejak zaman dulu sudah bertanggung jawab atas penyimpanan emas. Beberapa cara yang dilakukan orang zaman dulu adalah menggali lubang di halaman belakang kemudian pada awal modernisasi, emas mulai disimpan dalam brankas.

Namun, dari sisi keamanan brankas masih dirasa belum aman. Penyimpanan emas memang cukup sulit, emas membutuhkan ruang khusus yang cukup makan tempat. 

Masalah tak berhenti sampai di sana, di masa kini permasalahan terjadi saat proses pengangkutan emas dari satu tempat ke tempat lain. Pengangkutan emas jadi tantangan tersendiri. Terlebih saat ini, proses jual beli emas terhambat karena adanya krisis akibat COVID-19.

Cacat saluran distribusi muncul selama krisis COVID-19 dan meningkatnya spekulasi yang disebabkan oleh ketidakpastian politik dan pengembangan vaksin menyebabkan volatilitas yang ekstrem. Tidak mudah untuk merespon dengan cepat fluktuasi harga yang besar ketika melakukannya membutuhkan transportasi fisik berton-ton logam.

Dengan begitu banyak faktor eksternal yang mempengaruhi pasar komoditas, investor menginginkan cara yang lebih cerdas dan efisien untuk terus berinvestasi di logam mulia.

Untuk memecahkan permasalahan tersebut, inovasi di skema emas digital bisa menjadi solusi. Emas digital adalah salah satu cara cerdas, efisien, dan logis bagi investor pemula untuk menyimpan asetnya di logam mulia. Baik melalui token digital, pecahan emas, atau kepemilikan digital atas emas fisik.

Dengan mendigitalkan emas, investor bisa menentukan di mana, kapan, dan bagaimana mereka ingin memperoleh, menjual aset mereka. Artinya investasi emas menjadi lebih fleksibel.

Adapun, Sobat Treasury, pada intinya, emas digital adalah sarana kepemilikan yang memungkinkan investor untuk membeli emas fisik yang disimpan di lokasi yang ditentukan secara digital. Investor hanya perlu membuktikan kepemilikan emas mereka melalui catatan digital.

Melalui catatan kepemilikan digital tersebut, emas akan disimpan dalam brankas yang aman. Misalnya, beberapa perusahaan dengan produk emas digital menyimpan aset klien dengan entitas seperti Royal Canadian Mint dan Perth Mint.

Jika penyimpanan dilakukan secara tradisional, investor harus membuat keputusan untuk menyimpan emas di rumah dan bertanggung jawab atas penyimpanan logam mulia. 

Namun, dengan emas digital, investor kini memiliki kemampuan untuk menetapkan kepemilikan yang jelas atas emas fisik tanpa perlu memiliki fisik logam tersebut. Oleh karena itu, meskipun investor secara teknis masih mempertahankan kepemilikan atas investasinya, mereka tidak bertanggung jawab atas penyimpanan, keamanan, asuransi, atau pengangkutan emas tersebut.

Ada beberapa pilihan untuk berinvestasi dalam emas, di luar emas batangan dan koin tradisional, yang memungkinkan investor mengakses emas mereka secara digital.

Emas digital hanyalah emas fisik yang diperdagangkan secara elektronik tetapi disimpan di fasilitas penyimpanan pihak ketiga dan didistribusikan melalui jaringan dealer dan pedagang grosir terkemuka. 

Opsi pertama untuk membeli emas secara digital ini memungkinkan investor untuk mendapatkan emas layak investasi sambil menghindari hambatan masuk yang umum dijumpai saat investasi emas fisik.

Investor emas digital juga memiliki opsi untuk memasuki pasar dengan biaya rendah dan risiko rendah melalui investasi fraksional, karakteristik yang menarik bagi investor yang mencari fleksibilitas dalam aset mereka. 

Maka dari itu, bagi kalian yang ingin memulai investasi emas dan menambah kepemilikan aset emas, bisa memilih aplikasi Treasury. Investasi emas di Treasury bisa Kamu lakukan mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu.

 

Beli Emas Sekarang

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yaxng Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!