Deretan Negara Konsumen Emas Terbanyak Dunia, Mana Saja?



Siapa yang tidak mengenal emas?

Logam mulia yang satu ini punya banyak keunggulan yang sukses memikat hati banyak orang. Selain punya “track record” yang bagus dan pernah menjadi alat tukar pada masa lampau, emas tahan karat, berkilau, dan mudah dibentuk. Makanya, logam ini sering digunakan sebagai bahan perhiasan.

Selain itu, emas juga punya keunggulan-keunggulan jika dibandingkan dengan instrumen lainnya. Misalnya, nilai emas tetap terjaga, tahan dari inflasi, serta harganya cenderung stabil ketika perekonomian memburuk. Bahkan, harganya cenderung naik setiap tahun.

Nah, karena keunggulan ini, nggak heran ada banyak negara yang masyarakatnya menggandrungi emas. Bahkan, negara ini sampai masuk ke dalam daftar konsumen terbesar di dunia. Kira-kira negara mana, ya, yang masuk ke dalam daftar konsumen emas terbanyak dunia? Berikut ini adalah penjelasannya.

 

1. China

Negara pertama yang masuk ke daftar konsumen emas terbesar dunia adalah China. Konsumsi emas mencapai 612,5 metrik ton. Mengapa konsumsi emas di China sangat besar? Di sana, permintaan emas domestik sangat besar. Tidak hanya digunakan untuk perhiasan, emas juga dipakai sebagai bahan baku industri.

 

2. India

Negara kedua konsumen emas terbesar dunia adalah India dengan konsumsi 463,1 metrik ton. Masyarakat di sana memerlukan emas sebagai perhiasan. Tak percaya? Sobat Treasury bisa melihat film Bollywood. Di sana kamu bisa melihat wanita India memakai perhiasan emas yang banyak, mulai cincin, kalung, dan gelang.

Lalu, permintaan emas di India meningkat menjelang Festival Deepavali (Diwali) atau Dhanteras. Saat itu, masyarakat India membeli emas untuk dijadikan hadiah kepada keluarganya.

 

3. Amerika Serikat

Selain China dan India, negara konsumen emas terbanyak dunia adalah Amerika Serikat. Konsumsi emasnya mencapai 138,2 metrik ton.

Semula, di sana emas dijadikan sebagai investasi. Setelah pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Henry, permintaan perhiasan emas naik 30 persen. Rupanya, masyarakat AS mengincar perhiasan dengan model yang dikenakan oleh Meghan.

Memang, Meghan adalah aktris di AS dan seseorang yang menyukai perhiasan. Dia juga terlihat mempesona dengan perhiasan yang mewah ketika bertunangan dengan Henry. Nggak heran kalau banyak orang menyorot penampilannya dan ingin memakai perhiasan dengan model serupa dengan Meghan.

 

4. Uni Emirat Arab

Negara konsumen emas terbesar dunia keempat adalah Uni Emirat Arab. Konsumsi emas di sana mencapai 46,2 metrik ton. UEA masuk ke negara konsumen emas terbanyak pemerintahnya tidak memberlakukan pajak yang tinggi untuk emas sehingga masyarakat di sana bebas menyimpan logam mulia.

Selain itu, salah satu kota UEA, Dubai, mendapatkan julukan The City of Gold. Kota ini menjual emas yang berkualitas tinggi dan harganya pun cenderung lebih murah daripada negara-negara lainnya. Bahkan, ada ATM yang menjual perhiasan emas. Wah, menarik, ya!

 

5. Iran

Negara kelima yang masuk dalam daftar konsumen terbesar emas di dunia adalah Iran. Tercatat, Iran mengantongi konsumsi logam mulia sebanyak 39,7 metrik ton. Meskipun sering bersitegang dengan AS, masyarakat Iran cenderung konsumtif terhadap emas. Mereka melirik logam kuning ini sebagai instrumen investasi yang aman. Nggak heran permintaan emas domestik di sana tidak terpengaruh oleh ketegangan politik Iran-AS.

 

6. Turki 

Permintaan emas di Turki terbilang cukup tinggi. Bahkan, negara ini pernah mengimpor emas sebanyak 62,8 ton dalam sebulan. Tingginya impor emas ini disebabkan oleh masyarakat Turki yang senang menyimpan emas. Makanya, Turki menjadi negara konsumen emas terbanyak dunia yang keenam dengan konsumsi sebanyak 39,7 metrik ton.

 

7. Arab Saudi

Arab Saudi juga termasuk ke dalam daftar negara konsumen emas terbesar dunia. Arab menduduki urutan ketujuh. Penasaran mengapa Arab masuk ke daftar itu? Di sana, perhiasan emas sering dijadikan oleh-oleh, terutama bagi jemaah haji atau umroh. Emas Arab dipandang punya kualitas yang bagus dan warna lebih terang. Harganya pun lebih murah daripada yang dijual di dalam negeri.

 

Kalau di Indonesia, Bagaimana?

Demand masyarakat Indonesia terhadap emas tidak kalah tinggi. Masyarakat di sini juga senang berburu emas, termasuk perhiasan dan emas batangan. Ada yang menjadikan emas perhiasan sebagai alat mempercantik penampilan dan investasi. Ada juga yang memilih logam mulia batangan sebagai asetnya.

Ditambah lagi, membeli emas pun semakin mudah. Tidak hanya di toko, Sobat Treasury juga bisa membeli emas secara online melalui aplikasi smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan untuk beli emas. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

Treasury juga menawarkan fitur Cetak Emas agar pengguna bisa mencetak emasnya secara fisik, mulai dari 0,1 gram. Kamu pun juga bisa membeli perhiasan emas koleksi UBS Lifestyle.

Nggak hanya itu, emas yang dimiliki juga bisa digadaikan melalui fitur Jamimas, lho! Bunga pinjamannya pun ringan. Selain itu, masih ada banyak lagi fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini. Tertarik investasi dan beli emas? Yuk download aplikasi Treasury sekarang!