Deretan Mahar Unik Bikin Pernikahanmu Makin Berkesan



 

Setelah merencanakan pernikahan, ada lagi yang tidak boleh dilewatkan oleh calon pengantin, yaitu mahar nikah. Mahar nikah ini merupakan pemberian uang atau barang dari pengantin pria kepada pengantin perempuan ketika akad nikah berlangsung.

Selain uang rupiah, barang yang diberikan sebagai mahar ini berupa perhiasan dan emas. Ada juga mahar “sultan” yang berupa tanah dan rumah. Namun, ada juga, lho, yang memilih barang-barang yang unik untuk dijadikan mahar. Hal ini bertujuan agar pernikahannya lebih berkesan.

Jika Sobat Treasury ingin tertarik menggunakan mahar ini, kamu bisa melirik ide-ide di bawah ini.

 

Mau Mahar Ala Seleb?

Pernikahan selebritis kerap menjadi sorotan masyarakat, apalagi soal mahar. Selain perlengkapan ibadah dan perhiasan, ada, lho, selebritis yang menggunakan mata uang asing sebagai maharnya.

Misalnya, pasangan Deddy Corbuzier dan Sabrina Chairunnisa yang menikah dengan mahar seperangkat alat sholat, emas 66 gram, dan uang tunai 2.022 dolar Singapura.Ada juga artis Ikbal Fauzi yang menikah Novia Giana Nurjanah dengan maskawin emas 30 gram serta uang mahar 21 ringgit, 3 dolar, dan 2.021 riyal. Selanjutnya, ada Rizky Billar dan Lesti Kejora yang  menikah dengan mahar uang US$72.300.

 

Tak Apa Sederhana, Yang Penting Sah

Lalu, ada juga, lho, pasangan pengantin yang menikah dengan mahar sederhana, bahkan sampai viral. Misalnya, pengantin di Bekasi menggunakan kain kafan sebagai mahar. Sang mempelai wanita ingin mahar kain kafan agar bisa dipakai ketika meninggal.

Berbeda pula dengan pasangan asal Kebumen, Jawa Tengah. Pasangan pengantin bernama Budi dan Julia menggunakan mahar berupa sepasang sandal jepit.

Kemudian ada juga pasangan pengantin yang menikahi wanita pujaan hatinya dengan mahar Rp25 ribu. Lalu, pernikahannya digelar sederhana dengan camilan pisang goreng dan teh panas.

 

Berkaitan Hobi Pun Tak Masalah

Jika pasanganmu punya hobi tertentu, tak ada salahnya menggunakan barang-barang yang berkaitan dengan minat sebagai mahar. Ada kabar viral di media sosial tentang mahar-mahar unik pernikahan yang berkaitan dengan hobi salah satu pengantin. Misalnya, ada mahar seperangkat PC gaming, satu deck Kamen Rider, dan Gundam.

Malah, ada yang menjadikan hewan peliharaan sebagai mahar pernikahan. Ada sepasang pengantin yang menjadikan sepasang burung lovebird sebagai mahar kawin di samping uang tunai Rp180 ribu. Rupanya, mereka memilih lovebird karena burung ini hanya berpasangan sekali seumur hidupnya. Selain itu, unggas ini juga merupakan simbol kasih sayang atau cinta.

 

Yang Berkilau Satu Ini Juga Oke Jadi Mahar

Mahar unik selanjutnya adalah koin emas. Sobat Treasury bisa menjadikan koin emas sebagai maskawin pernikahan. Koin emas biasanya terbuat dari emas 24 karat.

Kamu bisa memilih Koin Nusantara sebagai mahar perkawinan. Terbuat dari emas murni, koin yang dibuat oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) untuk Treasury, juga memiliki desain yang terinspirasi dari budaya Nusantara dan koin dinar. 

Ada dua jenis koin emas yang bisa kamu pilih, yaitu Edisi 1 Dinar Padang dengan berat 4,4 gram dan Edisi 0,5 Lombok dengan berat 2,2 gram.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!