Data Inflasi AS Memanas, Idealkah untuk Buru-buru Investasi Emas?



Bulan lalu, masalah kenaikan harga sewa dan harga pangan menyebabkan tingkat inflasi AS secara keseluruhan meningkat secara tidak terduga, dengan tingkat inflasi meningkat menjadi 3,4%. Angka tersebut merupakan lompatan sebesar 0,3% dari tingkat inflasi bulan November sebesar 3,1% , dan jauh di atas target tingkat inflasi Federal Reserve sebesar 2%. Angka ini juga 0,2% lebih tinggi dari perkiraan para ekonom pada bulan Desember.

 

Peningkatan yang tidak terduga ini menandakan bahwa jalan menuju penurunan inflasi mungkin akan penuh tantangan. Dan, ketika isu-isu ekonomi termasuk isu geopolitik yang memanas dapat berdampak besar pada pasar saham dan perekonomian yang lebih luas. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan banyak investor mencari aset tangguh yang dapat melindungi portofolionya. 

 

Di situlah justru emas cenderung bersinar. Logam mulia ini punya reputasi historis sebagai lindung nilai terhadap inflasi . Namun apakah laporan inflasi bulan Desember berarti kamu harus berinvestasi emas sekarang juga ? Di bawah ini, beberapa alasan yang kamu ketahui tentang investasi emas karena inflasi kembali meningkat. 

  

Inflasi justru sebagai Katalis

 

Emas telah lama dianggap sebagai lindung nilai alami terhadap inflasi, sehingga berinvestasi pada logam mulia dapat menjadi langkah cerdas ketika tingkat inflasi sedang tinggi. Hal ini karena, seiring dengan menurunnya nilai riil mata uang reguler, permintaan terhadap emas cenderung meningkat sehingga mendorong kenaikan harga. Investor melihat emas sebagai aset yang aman dan mampu menahan dampak erosif inflasi, menjadikannya pilihan yang menarik di saat perekonomian sedang tidak menentu.

 

Diversifikasi Portofolio

 

Tak ada sanggahan lagi bahwa diversifikasi portofolio adalah hal yang penting. Dan emas, dengan korelasinya yang rendah terhadap aset investasi lain seperti saham dan obligasi, menawarkan peluang diversifikasi yang unik. Memasukkan emas ke dalam portofolio yang seimbang dapat meningkatkan ketahanan dan memberikan penyangga terhadap potensi jebakan inflasi.

 

Gejolak Perekonomian Global

 

Kilau emas bersinar paling terang selama periode ketidakpastian ekonomi dan geopolitik, yang keduanya sedang kita alami saat ini antara tingkat inflasi yang berfluktuasi dan isu-isu politik global. Dan, investor yang mencari stabilitas dan simpanan nilai yang aman sering kali beralih ke emas sebagai tempat berlindung.  

 

Emas Justru Menguntungkan saat Inflasi

Tidak seperti banyak aset lainnya, emas tidak bergantung pada perolehan pendapatan melalui dividen atau pembayaran bunga. Sebaliknya, nilainya terkait erat dengan permintaan pasar dan dinamika pasokan . Hal ini dapat menguntungkan pada masa inflasi, dimana untuk menjaga kekayaan sering kali lebih diutamakan dibandingkan memlulu cari cuan besar.

 

Kebijakan Bank Sentral

 

Bank sentral memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan moneter. Pada saat inflasi meningkat, bank sentral dapat mengambil langkah-langkah akomodatif, seperti suku bunga rendah, untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Kebijakan-kebijakan ini dapat berkontribusi pada lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan harga emas, sehingga semakin memperkuat daya tariknya bagi investor.

 

Kesimpulan

 

Emas berfungsi sebagai komponen strategis untuk portofolio terutama saat inflasi memanas. Tidak hanya karena manfaat diversifikasinya namun juga keuntungannya. Hubungan emas dengan jumlah uang beredar menunjukkan, mungkin, bahwa emas mampu memberi keuntungan besar. Kemampuan emas untuk melindungi kenaikan harga saat inflasi terjadi menunjukkan bahwa imbal hasil riil dari emas dapat dirasakan, terutama bagi kamu yang melakukan investasi untuk jangka panjang. 


 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Dengan berbagai alasan di atas, maka tidak ada alasan untuk kamu ragu lagi untuk investasi emas, terutama saat inflasi sedang menggila. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!