Catat, Ini 5 Tips Liburan Akhir Tahun Tanpa Bikin Dompet Merinding



Tidak sedikit orang-orang yang menantikan momen liburan akhir tahun. Selain melepas penat, liburan akhir tahun juga bisa memberikan pengalaman baru dalam kehidupanya. Misalnya, menikmati pemandangan bawah laut di Taman Laut Bunaken atau berkunjung ke Museum Siwalima sembari menyaksikan keindahan Teluk Ambon, Maluku.

Kedengarannya seru, ya? Tapi, ada satu hal yang harus diingat. Merencanakan liburan akhir tahun pun perlu dilakukan secara matang-matang. Mengapa? Jika tidak direncanakan, bisa-bisa agendamu berantakan. Yang terparah, dompetmu bisa jebol alias bangkrut karena pengeluaran terlalu boros untuk liburan. Lantas, bagaimana, ya, agar liburan akhir tahun tetap berkesan dan dompet bisa full senyum? Berikut ini adalah cara-caranya.

 

1. Mengatur Jadwal Berlibur

Yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah menetapkan jadwal liburan dan berapa lama liburannya. Jadwal ini bisa membantumu untuk menentukan jumlah hari cuti yang akan diajukan ke perusahaan tempat Sobat Treasury bekerja. Selain itu, jadwal liburan juga bisa membantumu untuk mempersiapkan biaya yang akan dikeluarkan untuk liburan akhir tahun, menentukan tempat wisata, serta memesan akomodasi dan tiket transportasi.

 

2. Menentukan Tempat Berlibur 

Setelah menentukan jadwal berlibur, tips berikutnya adalah menentukan tempat berlibur. Kamu bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, seperti internet dan media sosial. Jangan lupa memastikan pula destinasi wisata yang dicari ini sesuai dengan anggaran. Supaya makin hemat, kamu bisa memilih destinasi wisata dengan harga tiket yang terjangkau alias gratis. 

Yang tak kalah penting adalah mengetahui cara pergi ke tempat wisata itu serta biaya transportasi dan harga tiket. Jika lokasinya jauh, tentukan pula penginapan: ingin menginap di hotel, losmen, atau penginapan lainnya.

 

3. Jangan Lupa Mengajukan Cuti

Ketika memutuskan untuk berlibur, hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah cuti. Jika kamu seorang pegawai, lebih baik mengajukan cuti liburan kepada perusahaan—kalau bisa, ya, jauh-jauh hari. Oh, ya, alangkah baiknya segera mengajukan cuti liburan akhir tahun. Mengapa? Menjelang akhir tahun, biasanya perusahaan menerima banyak permintaan cuti dari para karyawannya. Lebih baik kamu segera mengajukan permohonan cuti agar masih bisa kebagian “slot”. 

Ketika mengajukan cuti liburan, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu aturan pengajuan cuti perusahaan. Setelah itu, Sobat Treasury bisa menuliskan alasan mengambil cuti dan tentukan pula tanggalnya.

 

4. Menjaga Kesehatan 

Salah satu hal yang terpenting ketika merencanakan liburan akhir tahun adalah jaga kesehatan. Tentu kita tidak mau jatuh sakit menjelang hari-H liburan, bukan?

Lalu, bagaimana caranya menjaga kesehatan? Sobat Treasury bisa memulainya dengan rutin minum air putih yang cukup agar badan tetap terhidrasi. Jangan lupa berolahraga secara ringan seperti jalan kaki atau jogging. Kamu juga bisa menjaga pola makan gizi berimbang serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Jika diperlukan, suplemen vitamin pun bisa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

5. Mempersiapkan Biaya Liburan

Yang paling penting ketika merencanakan liburan akhir tahun adalah ada uangnya. Apa saja, sih, yang termasuk biaya liburan? Biasanya biaya-biaya yang diperlukan untuk liburan akhir tahun ini meliputi:

-Transportasi: Jika menggunakan transportasi umum, kamu bisa menghitung kisaran tiket kendaraan yang akan digunakan, seperti pesawat, bus, taksi, atau kereta api. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa memperhitungkan ongkos bensin dan biaya tak terduga ketika terjadi hal-hal di luar kendali, seperti ban bocor. 

-Akomodasi: ini diperlukan jika kamu berlibur di luar kota/luar negeri. Kamu bisa memilih hotel atau jenis penginapan lainnya untuk bermalam. 

-Aktivitas: misalnya biaya tiket masuk tempat wisata, biaya parkir, wahana, atau toilet.

-Oleh-oleh: Jika ingin membawa buah tangan kepada keluarga atau teman-teman, biaya ini patut diperhitungkan.

 

Lalu, bagaimana cara mempersiapkan biaya liburan?

Sobat Treasury bisa memulainya dengan menetapkan anggaran. Cara ini efektif untuk membantumu menetapkan destinasi liburan akhir tahun. Kemudian, bagilah jumlahnya dengan sisa hari agar bisa terlihat seberapa banyak uang yang harus ditabung agar dana liburan akhir tahun bisa terpenuhi. Jangan lupa untuk memisahkan tempat untuk menabung biasa dan biaya khusus liburan. 

Kamu bisa memilih emas sebagai instrumen investasi. Selain tahan karat dan inflasi, harga emas juga cenderung stabil dan naik setiap tahun.

Membeli emas pun kini semakin mudah. Nggak hanya di toko, kamu juga bisa membeli logam mulia melalui aplikasi emas digital seperti Treasury. Treasury menawarkan emas digital dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. 

Selain itu, ada juga fitur-fitur menarik, seperti Rencana Emas. Fitur ini bisa membantumu untuk mengumpulkan dana liburan akhir tahun dengan lebih cepat. Rencana Emas menyediakan simulasi perhitungan jumlah emas yang harus ditabung secara harian, mingguan, atau bulanan agar dana bisa terkumpul tepat waktu.

Ada juga fitur Jamimas yang mempermudah kamu mendapatkan pinjaman dengan jaminan emas digital yang dipunya. Setelah pinjaman selesai dibayar, kamu akan mendapatkan kembali emas digitalmu. 

Gimana? Oke banget, kan, fitur-fitur yang ditawarkan Treasury? Yuk download aplikasi Treasury sekarang!