Cari Uang Tambahan di Tengah Pandemi



COVID-19 yang sedang bertamu ini bukan hanya bikin repot sektor kesehatan diri, tapi juga kesehatan dompet. Banyak perusahaan yang omsetnya turun, hingga terpaksa ‘merumahkan’ pegawainya. Beberapa yang lain berusaha bertahan dengan memotong gaji karyawannya. Di masa seperti ini, tentu bukan hal mudah untuk bisa mendapat pekerjaan baru dalam waktu singkat. Ini lah saatnya kamu mencoba melirik pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu dan tabungan. 

Belum ada ide? Berikut Treasury paparkan usaha yang bisa kamu lakukan di tengah pandemi ini.

Bisnis Online

Ketika kebijakan PSBB dikeluarkan, hampir semua pusat perbelanjaan memilih menutup tokonya. Imbas dari penutupan ini, e-Commerce pun makin meningkat omset penjualannya, karena orang memilih belanja di sana saat harus #DiRumahAja. Nah, Kamu bisa nih coba berbisnis online. Bisa berjualan makanan atau jasa, tergantung kemampuan kamu.

Suka bikin kue, coba jualan kue Lebaran. Jago menulis, coba buka jasa bikin pantun atau melamar jadi freelance writer di portal-portal online. Intinya, di masa sekarang ini, online adalah kunci untuk bisa mencari cuan. Jadi perbanyak skill online marketing yang nantinya tetap bisa terpakai saat pandemi sudah berlalu.

Jual Makanan Kering/Beku

Nyokap atau kamu jago masak teri kacang? Coba di-packing dengan gaya kekinian, lalu tawarkan di social media kamu. Di masa sekarang, orang-orang cenderung untuk membeli makanan siap saji karena nggak mau repot. Atau, kamu juga bisa jadi supplier frozen food. Hanya butuh modal kulkas, kamu bisa dapat penghasilan tambahan. Bisnis makanan seperti ini, biasanya akan lebih bertahan, karena semua orang butuh makan. 

Menulis

Bukan sekadar menulis blog, kemampuan menulis kamu ini bisa diduitin, lho. Coba deh mulai cari-cari website yang tengah mencari penulis artikel SEO/SEM. Karena banyak orang #DiRumahAja, mereka bergantung pada portal-portal ini untuk mencari tahu hal-hal baru, jadi harusnya traffic ke website ini semakin tinggi dan semakin dibutuhkan banyak konten seru agar orang tertarik.

Membuat Masker atau Hand Sanitizer

Punya kemampuan menjahit? Coba dong kreasikan masker kain jadi lebih stylish. Looks like we’ll be wearing these masks quite a while. Kamu juga bisa buka jasa menggambar masker scuba, dengan spidol pewarna tekstil atau dengan tools design di komputer. 

Nah, sekian beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan di tengah pandemi untuk menjaga keuangan kamu. Punya ide bisnis lain? Share di Instagram @WeAreTreasury ya!