Cara Menabung Ala Korea Ini Unik Banget



Menabung menjadi salah satu cara kita untuk menghadapi masa sulit. Uang tabungan bisa membantu kita untuk menutupi kebutuhan ketika sedang mengalami krisis keuangan. Sayangnya, masih banyak orang merasa sulit untuk menabung. Ada banyak faktor yang berpengaruh, seperti banyak kebutuhan, ada pengeluaran tak terduga, sampai gaya hidup yang tinggi. Kamu bisa mencoba cara menabung ala Korea, yaitu kalender saku. 

Apa itu kalender saku?

Sobat Treasury, kalender saku ini merupakan kalender yang dilengkapi kantong-kantong. Setiap kantong ini punya angka 1-31 yang merupakan tanggal. Nantinya, kantong tersebut akan diisi dengan uang. Orang-orang Korea menggunakan cara ini untuk menyisihkan uangnya.

 

Begini Cara Menabung dengan Kalender Saku

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika menabung dengan metode kalender saku, guys. Memang yang paling penting ketika menabung dengan metode ini adalah menahan diri dari godaan untuk ikut menguras tabungan yang ada di tempat lain.

Pertama, metode bulanan. Ini bisa dilakukan kalau kamu bekerja dan punya gaji bulanan. Ketika gajian tiba, hitung semua pengeluaran untuk bulan itu, seperti keperluan jajan, bayar hutang, tabungan sampai kebutuhan lainnya. Misalnya, kamu memerlukan uang Rp50 ribu untuk keperluan transportasi dan makan. Taruhlah uang Rp50 ribu di setiap kantong kalender. Gunakan uang yang ada di kantong kalender untuk keperluan harianmu. Lalu, bagaimana jika masih ada sisanya? Kamu bisa memasukkan sisanya kembali ke kantong itu atau menyimpannya di celengan. Lumayan, kan, untuk menambah uang tabungan.

Kedua, menabung harian. Cara ini bisa juga digunakan kalau kamu adalah pekerja lepas yang mendapatkan penghasilan harian. Melalui metode menabung harian, kita menetapkan uang yang akan ditabung per hari. Misalnya, kamu memutuskan menabung setiap hari sebanyak Rp10 ribu. Dalam sebulan, kamu akan mengumpulkan uang sebanyak Rp300 ribu-Rp310 ribu dan setahun bisa mendapatkan uang Rp3,65 juta-Rp3,66 juta! Uang ini akan terkumpul segitu kalau kamu konsisten menabung.

Ketiga, menabung sesuai tanggal. Sobat Treasury bisa menabung sesuai dengan tanggal kalender. Misalnya, tanggal 1 kamu menabung Rp1.000, tanggal 2 Rp2 ribu, tanggal 3 Rp3 ribu, dan seterusnya. Kalau dihitung, dalam sebulan, kita bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp465 ribu-Rp496 ribu. Dalam setahun, uang yang terkumpul bisa mencapai Rp5,58 juta-Rp5,92 juta.

 

Bisa untuk Menabung Emas

Oh, ya, kalender saku ini tidak hanya digunakan untuk menabung uang, lho, Sobat Treasury! Kamu bisa menggunakan cara menabung ala Korea ini untuk emas! 

Misalnya, harga emas 1 gram senilai Rp850 ribu. Dengan metode menabung harian Rp10 ribu, hitungan kasarnya, kamu bisa mendapatkan uang sebanyak Rp300 ribu-Rp310 ribu. Kalau menabung emas, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan emas sekitar 0,35-0,36 gram emas. Dalam setahun, kamu bisa memiliki emas kurang lebih 4,29 gram-4,3 gram.

Untuk metode tanggalan, kamu bisa memiliki emas kira-kira 0,54 gram-0,58 gram dalam sebulan. Kalau setahun, jumlah emas yang bisa kamu miliki sekitar 6,54 gram-6,96 gram!

Mengapa emas? Logam mulia ini memang sudah “punya nama”, Sobat Treasury! Sejak zaman dulu, emas sering digunakan untuk menyimpan kekayaan. Logam kuning ini tahan terhadap inflasi dan nilainya tetap terjaga. Nggak cuma itu, emas pun juga gampang banget untuk ditemukan dan dijual. Kelebihan ini yang sering menarik hati orang karena mereka bisa dijual ketika sang pemilik sedang membutuhkan uang. Makanya, tak jarang emas dijadikan sebagai dana darurat.

Membeli emas pun kini tak perlu repot lagi pergi ke toko. Sobat Treasury kini bisa membelinya secara online melalui smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa kamu gunakan untuk investasi. Di sini harganya pun sangat terjangkau. Mulai dari Rp5 ribu, kamu sudah bisa membeli emas!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!

 

#DiTreasuryAja #AmanPakaiTreasury