Belis, Tradisi Mahar Mahal di NTT



Tradisi pernikahan adat di Indonesia beraneka ragam, begitu pula dengan maharnya. Ya, mahar ini merupakan harta yang diberikan oleh pihak pengantin pria kepada mempelai wanita. Jenis mahar beraneka ragam bergantung kepada suku masing-masing. 

Apa itu belis?

Belis ini merupakan mahar dari Nusa Tenggara Timur. Bagi masyarakat NTT, belis merupakan penghargaan buat perempuan. Masyarakat menilai wanita merupakan sosok yang berharga. Kehidupan rumah tangga bisa berjalan dimulai dari wanita, seperti mengurus kebutuhan hidup sampai melahirkan bayi untuk meneruskan generasi. 

Dalam pernikahan adat NTT, pihak pengantin wanita menentukan belis yang diberikan oleh pihak lelaki. Kedua belah pihak bernegosiasi untuk belis melalui utusan/wunang masing-masing. Negosiasi ini sering berjalan alot. Setelah kesepakatan selesai, tuan rumah akan memotong babi sebagai perjanjian.

Yang menarik, belis tidak hanya diberikan oleh pihak pengantin pria kepada wanita, tetapi juga pihak wanita kepada pria. Ayah dari pengantin wanita juga memberikan belis yang lebih murah kepada keluarga mempelai pria agar tidak diremehkan di keluarga.

 

Rupa Belis

Banyaknya belis ini bergantung kepada kesepakatan dan status sosial calon pengantin, terutama yang wanita. Kalau status sosial wanita ini tinggi, misalnya keturunan bangsawan, jumlah hewan ternak yang menjadi mahar bisa mencapai 30 ekor. Tapi, kalau rakyat biasa, jumlahnya 5-15 ekor.

Selain hewan ternak, ada juga benda-benda lainnya yang dijadikan mahar di berbagai wilayah NTT. Misalnya, seorang pria yang ingin meminang gadis Manggarai, harus menyiapkan uang sekitar Rp75 juta-Rp500 juta. Uang ini sudah termasuk pengganti hewan ternak yang diminta oleh pihak perempuan. Kalau status sosial calon pengantin wanita ini tinggi, belis yang disiapkan pun juga semakin mahal.

Ada juga belis yang disiapkan pihak lelaki kepada perempuan Sumba seperti kerbau, kuda, perhiasan, serta parang dan tombak. Nggak hanya lelaki, pihak perempuan akan memberikan belis kepada pihak pengantin pria dan barang ini dekat dengan perempuan, seperti kain tenun.

 

Kalau ingin meminang gadis Sikka, calon pengantin pria harus menyiapkan mahar 10 gading gajah yang berukuran mulai dari 30-60 cm hingga 1 meter. Harga satu gading berkisar Rp20 juta-Rp30 juta. Ini belum termasuk biaya pesta dan lain-lain.

Sementara itu, gadis dan ayam rengki pun menjadi belis pernikahan ketika hendak meminang gadis Flores Timur dan Lembata. Panjang pendeknya gading yang diminta bergantung kepada negosiasi antara pihak lelaki dan perempuan. Pihak pria juga harus menyiapkan hantaran berupa arak, makanan, serta hasil pertanian dan peternakan.

Di Belu, mahar yang siapkan adalah uang perak, emas, tenun ikat dan sulam, serta hewan ternak berupa babi, sapi, atau kerbau. Selain itu, barang yang dijadikan mahar di sana juga berupa tanah atau kebun.

 

Saking Mahalnya, Sampai Ada yang Nyicil

Saking mahalnya, tak jarang pihak pria mencicil belis. Sebagian maharnya diberikan ketika pindah rumah. Sebagian lagi diberikan per tahap kepada keluarga istri setiap mereka menggelar pesta atau acara besar lainnya.

Yang menarik, nih, Sobat Treasury, keluarga pihak pria akan melakukan arisan keluarga. Ini berarti ketika anaknya menikah, anggota keluarga lainnya menyumbang uang atau barang. Sumbangan akan dikembalikan ketika orang yang bersangkutan menikahkan anaknya.

Unik, ya, mahar nikah di NTT? Oh, ya, Sobat Treasury sedang merencanakan pernikahan? Bingung memilih mahar? Kamu bisa memilih koin emas untuk dijadikan mahar.

Treasury menyediakan Koin Nusantara. Koin ini dibuat khusus oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Ada dua jenis koin, yaitu Edisi 1 Dinar Padang seberat 4,4 gram dan Edisi 2 Dinar Lombok seberat 2,2 gram. Desainnya ini terinspirasi dari budaya Indonesia dan koin dinar.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!