Begini Caranya Jual Emas Nggak Pakai Rugi



Emas merupakan salah satu investasi yang populer di kalangan masyarakat, terutama kaum hawa. Banyak orang menjadikan emas fisik, seperti logam mulia batangan, koin emas, dan perhiasan, untuk investasi emas. Instrumen ini juga cocok banget untuk investor pemula karena minim risiko.

Logam mulia ini punya banyak keuntungan yang ditawarkan, seperti sifatnya yang tahan karat sehingga membuat emas menjadi tahan lebih lama daripada logam-logam lainnya. Kemudian, harga emas cenderung stabil jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, terutama ketika perekonomian sedang tidak baik-baik saja dan nilainya tetap terjaga dari inflasi. Bahkan, harganya juga bisa naik setiap tahun, lho! Makanya, logam mulia itu sering dilirik banyak orang karena lebih aman.

Kelebihan lainnya yang dimiliki emas adalah mudah dijual. Sobat Treasury bisa menjual emas kapan pun dan di mana pun ketika butuh. Ngomong-ngomong jual emas, bagaimana, ya, caranya agar tetap untung?

Ada enam langkah yang bisa kamu lakukan agar tetap cuan ketika menjual emas. Langkah pertama, sering mengecek harga emas. Harga logam mulia ini bergerak fluktuatif, Sobat Treasury sebaiknya rajin ngecek harga jual emas. Dengan rutin mengecek harga emas, kamu bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk menjual emas dan keuntungan yang akan diperoleh. Pastikan juga harganya sesuai dengan kadar emas yang akan dijual. Tentu saja harga emas 22 karat akan berbeda dengan yang 24 karat.

Kedua, menjual kembali di tempat beli emas. Kalau nggak mau jual rugi, sebaiknya Sobat Treasury menjual emas di tempat kamu membelinya. Sebab, setiap toko punya aturan harga jual dan beli emas.

Ketiga, membawa sertifikat emas. Sobat Treasury biasanya mendapatkan sertifikat emas ketika membeli emas fisik. Ditambah lagi, ada bukti pembelian emas yang menandakan kamu adalah pemilik logam mulia. Jangan lupa surat-surat itu dibawa ketika kamu memutuskan untuk menjual kembali emas yang dimiliki. Jika lupa membawa surat-surat ini, yang ada harga emas yang akan dijual justru turun.  

Keempat, membandingkan harga emas. Jika ingin menjual emas fisik, sebaiknya kamu membandingkan harga emas di setiap toko untuk mendapatkan harga terbaik. Lebih baik kamu tidak terburu-buru menjual emas serta mensurvei harganya di toko.

Kelima, perhatikan cara menguji keaslian emas. Sobat Treasury, biasanya pihak toko akan mengecek untuk mengetahui keaslian emas. Toko yang jujur akan menggunakan avometer atau X-ray fluourescence. Tapi, jika toko meminta emasnya digosok, wah, ini, sih, perlu dihindari. Penggosokan emas akan mengurangi kadar logam mulia.

Keenam, jangan lupa memperhatikan jarak waktu beli dan jual. Emas tergolong investasi jangka panjang. Biasanya keuntungan emas akan terasa kalau “disimpan” selama 5-10 tahun. Inilah alasan mengapa kamu harus memastikan terlebih dahulu jarak beli dan jual emas tidak terlalu dekat.

Namun, jika benar-benar sedang memerlukan uang, tetapi harga emas sedang tidak bagus, Sobat Treasury bisa mempertimbangkan opsi gadai emas. Selain tidak kehilangan emas asalkan membayar angsuran pinjaman tepat waktu, Sobat Treasury juga akan mendapatkan pendanaan.

 

Kamu ingin punya emas, tapi bingung mau beli di mana?

Beli Emas dengan Sekali Klik

Sobat Treasury, kini kamu sekarang nggak perlu pusing kalau ingin membeli emas. Seiring perkembangan teknologi, kamu bisa membeli emas dengan sekali klik di smartphone. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan untuk membeli logam mulia.Selain menawarkan harga emas mulai dari Rp5 ribu, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur menarik yang bisa kamu coba, seperti Cetak Emas untuk mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, Jamimas untuk menggadaikan emas dengan biaya admin dan bunga cicilan yang rendah, serta Panen Emas yang akan memberikan bonus emas. Widih, menarik banget, ya?

Sobat Treasury juga tidak perlu khawatir. Aplikasi ini juga menampilkan update harga emas dan kamu juga bisa menjual emas digital ketika sedang butuh. Keamanan dan legalitas Treasury juga tak perlu diragukan karena terdaftar di otoritas terkait.

Nah, keren banget, kan, fitur-fitur yang disajikan Treasury? Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak fitur ciamik yang menantimu. Penasaran? Yuk download aplikasi Treasury sekarang