Baru Minggu Pertama Bulan, Kok Gaji Cepat Habis, ya?



Pernahkah Sobat Treasury merasa gaji cepat habis, padahal masih awal bulan? Rasanya belanja itu-itu saja, kok uangnya lekas menghilang? Seperti punya gaji tiga koma saja alias setelah tanggal 3 langsung “koma”.

Kalau merasakan hal ini, itu artinya ada yang salah dalam cara mengatur gaji bulanan. Terus-terusan kehabisan uang saat awal bulan seharusnya membuatmu waspada. Bisa jadi kamu akan mengalami krisis keuangan yang parah.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak bokek meskipun masih awal bulan?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi keuangan. Kamu bisa membuat kembali skala prioritas keuangan, mulai dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Dengan skala ini, Sobat Treasury bisa mengetahu mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Kedua, buatlah rencana pengeluaran. Kamu bisa menggunakan strategi 50-30-20 untuk anggaran. Bujet 50 persen dari gaji digunakan memenuhi kebutuhan utama mulai dari cicilan, biaya makan, sampai biaya transportasi. Lalu, 30 persen digunakan untuk hiburan seperti makan di luar, hangout, dan nonton bioskop, dan 20 persen untuk tabungan dan investasi.

Ketiga, cari penghasilan tambahan atau jual barang. Sobat Treasury bisa mencari uang tambahan dari pekerjaan sampingan. Jangan lupa, cari yang bisa dibayar secara harian atau per jam. Uang dari pekerjaan sampingan ini bisa membantumu untuk “bertahan hidup” sampai gaji bulanan cair. Atau, kamu juga bisa menjual barang- barangmu yang sudah tidak lagi terpakai. Nanti hasilnya bisa digunakan untuk menambal kebutuhanmu yang bolong-bolong.

Keempat, tidak menumpuk cicilan. Pilihan cicilan memang membantu kita untuk berbelanja. Akan tetapi, sistem ini membuat kita untuk mengeluarkan uang lebih untuk membayar cicilan yang ada bunganya. Jadi, lebih baik membeli barang sesuai dengan anggaran.

Kelima, berbelanja dengan promo. Saat membeli barang kebutuhan sehari-hari, lebih baik kamu memanfaatkan promo. Biasanya e-commerce menawarkan beragam promo belanja, terutama saat event tertentu. Kau bisa memanfaatkannya untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah.

Keenam, memasak sendiri. Untuk menghemat pengeluaran, Sobat Treasury bisa memasak makanan sendiri di rumah. Selain kebersihannya terjamin, memasak sendiri bisa membuatmu lebih irit. Misalnya, kamu mengeluarkan uang Rp20 ribu untuk biaya makan di luar dan satu hari makan tiga kali sehari. Dalam sehari, total uang makan yang dikeluarkan mencapai Rp60 ribu. Ketika memilih untuk masak sendiri, kamu mengeluarkan uang Rp10 ribu untuk seliter beras, Rp4 ribu untuk 1 papan tempe, 3 ribu untuk sayur sop, dan Rp2 ribu untuk bumbu dapur. Dengan uang Rp20 ribu, kamu bisa membuat masakan yang bisa dimakan untuk tiga kali. Lebih irit Rp40 ribu, kan? Agar lebih irit, kamu bisa memanfaatkan simpanan di kulkas atau di dapur. Jika tak biasa memasak? Manfaatkan teknologi untuk mencari resep dari bahan yang masih ada.

Ketujuh, memiliki rekening lebih dari satu. Kalau punya banyak rekening, Sobat Treasury bisa memanfaatkannya untuk mengelola gaji. Misalnya, rekening A bisa digunakan untuk gajian, rekening B untuk dana darurat, rekening C untuk investasi, dan rekening D untuk hiburan.

Bicara investasi, kamu bisa melirik tempat pilihan lainnya untuk investasi, yaitu emas digital. Ya, emas merupakan salah satu instrumen investasi yang dipandang tahan terhadap inflasi dan nilainya bisa naik setiap tahun. Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan bagimu yang ingin investasi emas. Mulai dari Rp5 ribu, kamu bisa langsung membeli emas.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!