Apakah Trofi Piala Dunia Terbuat dari Emas Murni? Berapa Nilainya?



Federasi Sepakbola dunia FIFA akhirnya menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Indonesia sempat ditunjuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, namun dianulir lantaran adanya polemik soal keikutsertaan Israel kala itu. Piala Dunia U-17 bakal diselenggarakan pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Ajang Piala Dunia U-17 memang tidak segengsi dengan Piala Dunia yang baru saja kelar tahun lalu saat Argentina menjadi kampiunnya di Qatar. Dan jika ngomongin soal juara Argentina yang belum lama ini bermain di Gelora Bung Karno melawan Timnas Indonesia kemarin, tentu teringat saat Lionel Messi cs mengangkat dan mencium trofi Piala Dunia yang ternyata terbuat dari emas murni.

Sobat Treasury tentu bertanya berapa nilai emas serta kandungan yang ada pada trofi ajang empat tahunan milik Argentina?  

Ternyata trofi yang dipegang Lionel Messi bukanlah trofi yang asli. Trofi aslinya diberi nama Jules Rimet, diambil, diambil dari nama mantan presiden FIFA yang berperan penting dalam menciptakan turnamen Piala Dunia pada 1929. Dan dewi Yunani bernama Nike adalah sosok yang digambarkan pada trofi tersebut.

Pernah Dicuri

Trofi aslinya ternyata pernah hilang saat Brasil juara Piala Dunia 1970. Brasil yang saat itu dibela Pele mendapat hak istimewa membawa pulang trofi Piala Dunia untuk selamanya, namun sayangnya trofi itu dicuri  dari etalase di markas Konfederasi Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro pada 19 Desember 1983 dan tidak pernah ditemukan.

Adapun trofi Jules Rimet yang dicuri terbuat dari perak murni berlapis emas. Tingginya 35cm dan beratnya 3,8kg. Empat tahun setelahnya dibuat lagi trofi Piala Dunia dengan menggambarkan dua sosok manusia yang memegang Bumi.  

Berharga Ratusan Miliar

Adapun trofi Jules Rimet yang dicuri terbuat dari perak murni berlapis emas. Tingginya 35cm dan beratnya 3,8kg. Sedangkan trofi yang ada saat ini memiliki tinggi 36 cm dengan diameter bagian terlebar yakni 15 cm dan berat 5,5 kilogram dan dibuat oleh Abel Lafleur, seorang pemahat dari Perancis.

Sobat Treasury, tenyata trofi Piala Dunia yang ada saat ini terbuat dari emas 18 karat (75%). Trofi ini memiliki dasar berdiameter 13 cm yang menampilkan dua strip perunggu dengan tinggi 36,5 cm dan berat 6,175 kg.

Harganya pun fantastis. Untuk sebagian besar dasar trofi tersebut dibutuhkan USD 161.000 atau setara dengan 2,5 miliar rupiah. Secara keseluruhan trofi tersebut bernilai 20 juta dolar AS atau setara dengan Rp 300 miliar.

Meski begitu, Messi cs tidak boleh membawa pulang trofi Piala Dunia yang asli. Mereka hanya membawa trofi replika yang terbuat dari kuningan dan berlapis emas.

Trofi Piala Dunia yang asli harus disimpan di Museum Sepakbola Dunia FIFA di Zurich, Swiss dari waktu ke waktu. Trofi Piala Dunia itu banyak digunakan untuk acara dan penampilan di undian dan atau acara resmi Piala Dunia.

Oleh karena itu, trofi emas Piala Dunia tidak boleh dibawa pulang atau dimiliki negara tertentu. Sementara itu, tim pemenang hanya bisa menerima replika perunggu berlapis emas.

Meski begitu, para pemain individu dan anggota staf kunci semuanya juga diberi medali emas mereka sendiri. Artinya, Mess cs tak pulang dengan tangan hampa dan tetap membawa emas.

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan.Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mempunyai tabungan emas berjangka dengan bunga s.d 9% p.a melalui fitur Panen Emas, atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang tersedia di Treasury!

Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!