Anti Boros-Boros Club, Ini Tips Jitu Atur Gaji Pertama



Mendapatkan gaji pertama merupakan hal yang paling berkesan, terutama bagi Sobat Treasury yang baru saja mendapatkan pekerjaan. Setelah bersusah payah melamar kerja di banyak tempat dan akhirnya mendapatkan pekerjaan, kamu pun harus berjibaku dengan setumpuk pekerjaan.

Rasa lelahmu seakan terbayar oleh gaji pertama yang didapat. Perasaan senang dan bangga bercampur aduk ketika mendapatkan uang dari hasil keringat sendiri.

Setelah mendapatkan gaji, ada setumpuk rencana yang akan dilakukan terhadap gaji. Ingin belanja ini dan itu dengan uang yang didapatkan. Malah, ada yang dibeli dengan kedok self reward atau digunakan jalan-jalan dengan modus self healing.

Di sinilah kemampuan mengelola keuanganmu diuji. Jangan sampai gaji pertamamu ini menguap begitu saja.

Lantas, bagaimana caranya agar gaji pertama tidak ludes di tengah bulan?

Melansir Cermati, langkah yang pertama adalah menyusun daftar kebutuhan. Saat gaji pertama cair, tak dapat dipungkiri ada banyak kehendak yang ingin dipenuhi. Tapi, ini harus dicermati baik, terlebih kamu termasuk orang yang membeli tanpa rencana.

Prioritaskan dahulu kebutuhanmu dalam sebulan ke depan sehingga bisa terpenuhi dengan baik. Kamu bisa membagi gaji ke berbagai pos, seperti uang makan, transportasi, belanja bulanan, dan lainnya. Jangan lupa membuat daftar belanja supaya kamu tidak belanja barang yang tidak penting.

Kedua, mengatur bujet pengeluaran. Setelah mengatur pengeluaran bulanan, jangan lupa untuk membuatnya ke dalam pos yang lebih kecil. Ini mempermudah kamu mengawasi keuangan dengan ketat sehingga pengeluaran sebulan bisa sesuai dengan rencana.

Atur pengeluaran harian dengan tepat agar bisa membelanjakannya dengan baik. Jangan lupa untuk mengecek setiap akhir minggu sehingga bisa dievaluasi kalau dibutuhkan.

Ketiga, menjalani pola hidup sederhana. Punya penghasilan sering membuat gaya hidup seseorang jadi berubah. Saat punya uang, ada kecenderungan untuk berbelanja dan membuat pengeluaran semakin besar. Kalau dibiarkan, itu akan membuat masalah dalam keuangan.

Biasakanlah untuk hidup sederhana dan bebas utang. Ini juga akan membantumu hidup dengan lebih teratur dan bebas dari masalah keuangan. Pola hidup sederhana juga bisa membantumu untuk menabung lebih banyak setiap bulan.

Keempat, tidak menghamburkan uang. Rasa gembira saat mendapatkan gaji pertama, kerap ditunjukkan dengan bersenang-senang. Bahkan, ada yang mengajak orang lain untuk makan atau belanja barang yang diinginkan.

Kalau tidak dikendalikan, gajimu bisa saja habis dalam sekejap. Perlu diingat, dahulukan tabungan dan semua kebutuhan pokok selama sebulan penuh, barulah berbelanja barang yang lain.

Kelima, sisihkan untuk tabungan. Tabungan ini menjadi hal yang wajib untuk diadakan dalam keuangan. Meskipun gaji belum besar, tabungan ini bisa membantumu untuk mengamankan keuanganmu kalau sewaktu-waktu ada masalah keuangan yang mendesak. Tabungan juga bisa membantu untuk berinvestasi pada masa datang.

Keenam, investasi. Melansir Kompas.com, usia yang muda dan penghasilan yang masih kecil bukan berarti tak bisa berinvestasi. Investasi ini bisa dilakukan setelah kebutuhan sehari-hari, dana darurat, dan tabungan terpenuhi.

Bagaimana dengan alokasinya? Kamu bisa menggunakan metode 50:30:20 untuk mengatur keuangan. Rinciannya, 50 persen untuk anggaran kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk gaya hidup, dan 20 persen untuk tabungan dan investasi.

Untuk tabungan dan investasi, kamu bisa memilih emas. Logam mulia ini punya banyak kelebihan, misalnya melindungi nilai aset dari inflasi dan gampang dicairkan. Selain itu, kamu bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau.

Di platform Treasury, kamu bisa membeli emas mulai dari Rp5 ribuan. Bahkan, Sobat Treasury juga bisa merencanakan keuangan seperti dana darurat melalui fitur Rencana Emas. Kamu pun juga bisa mengetahui seberapa banyak emas yang harus ditabung agar dana darurat bisa tercukupi.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!