Ancaman Perang Dunia Ketiga Makin Nyata, Buru-buru Amankan Aset!



Sobat Treasury, tentunya tak ada yang mau jika Perang Dunia Ketiga pecah. Namun sejumlah kalangan menyebutkan bahwa saat ini terbuka kemungkinan hal buruk itu terjadi. Sejumlah pemicu perang mulai nampak, termasuk meningkatnya ketegangan politik, sengketa wilayah, atau aksi terorisme yang menghancurkan. Sebut saja konflik di Jalur Gaza yang masih memanas juga perang Ukraina dan Rusia yang masih saja berkonflik.

 

Rusia sudah menyerang Ukraina sejak Februari tahun lalu karena niatan Kyiv untuk bergabung dengan NATO. Aliansi ini telah lama dipandang menjadi rival Moskow sehingga masuknya Ukraina dalam NATO dianggap Kremlin sebagai sesuatu yang menjadi ancaman keamanan nasional. Sedangkan perang Hamas vs Israel sudah berlangsung sejak 7 Oktober 2023 dengan menewaskan 15 ribu orang.

 

Teknologi kecerdasan buatan (AI), Alexa yang merupakan mesin AI milik Amazon baru-baru ini mengungkap ramalan mengerikan dengan menggambarkan detail kapan perang dunia III akan berlangsung.

 

"Perang Dunia 3 dimulai pada 23 November 2023 pukul 18:05, ketika Rusia melancarkan serangan terhadap Jerman," kata Alexa sebagaimana dikutip dari Daily Star.  

 

Tentunya hal ini sangat ditakutkan karena jika perang dunia III benar-benar terjadi, pastinya akan menimbulkan dampak buruk yang akan ditimbulkannya terhadap perekonomian global. Konflik dalam skala besar akan menimbulkan kekacauan di pasar keuangan, mengganggu perdagangan, dan mengancam stabilitas bahkan negara-negara dengan kekuatan ekonomi terkuat sekalipun.

 

Perlu diketahui, perang berdampak negatif terhadap ekonomi suatu negara karena kerusakan, pengangguran yang melonjak, anggaran pemerintah fokus untuk perang, dan ujungnya adalah ekonomi tumbang. Keadaan suatu negara yang kacau-balau akibat perang membuat investor angkat koper dan dana mengalir ke tempat yang lebih aman.

 

Banyak kalangan percaya jika perang benar-benar terjadi maka, investasi emas menjadi tempat perlindungan aset agar nilainya tidak rusak karena perang. Dalam sejarah dunia tercatat beberapa kejadian yang menyebabkan lonjakan harga emas dunia akibat perang.


 

Emas dijuluki sebagai aset safe haven karena menawarkan perlindungan bagi investor dari keadaan ekonomi yang tak pasti atau krisis. Sebab emas memiliki pergerakan harga yang stabil dan minim risiko sehingga cocok sebagai aset lindung nilai.

 

Lagipula, perang juga akan menyebabkan inflasi yang meroket lantaran pemerintah yang akan getol mengeluarkan duit demi menang perang. Selain itu, produksi akan mandek sehingga menyebabkan barang atau jasa menjadi langka. Ketika terjadi kelangkaan maka harga akan meningkat. Inflasi melesat mengakibatkan mata uang menjadi tidak ada nilainya. Inilah alasan kenapa investor akhirnya berburu emas saat perang mengancam.

 

Saat Perang Dunia I, harga emas dunia mencapai US$ 536,69/ troy ons pada April 1915. Setelah perang reda, harga emas pun ambrol dan mencapai harga terendah di US$ 275,2/troy ons.

 

Lebih dari 50 tahun berselang, harga emas dunia melejit hingga 290% sejak Desember 1970 hingga mencapai level tertinggi pada Maret 1974. Saat itu puncak harga emas berada di US$ 999,67/troy ons. Aset safe haven ini meroket karena perang Timur Tengah yang pecah pada 1973.

 

Sementara pada dekade 2000-an, ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Irak pada membuat harga emas melambung hingga 50% dalam kurun waktu setahun. Sedangkan akibat dampak perang saat ini, Bank Dunia memperkirakan rata-rata harga emas pada 2023 mencapai US$1.800/troy ons. Kemudian pada 2024 rata-ratanya diramal naik menjadi US$1.900/troy ons.

 

"Harga emas diperkirakan akan meningkat pada 2024 tapi akan surut pada 2025, seiring dengan memudarnya ketakutan akan inflasi dan resesi," kata Bank Dunia dalam laporan Commodity Markets Outlook edisi Oktober 2023.

 

Lalu, sudahkah kamu melakukan diversifikasi portofolio kamu ada baiknya kamu segera melakukannya pelan-pelan. Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!