Alasan Mengapa Miliarder Dunia Menyukai Emas untuk Investasi, Kamu Wajib Mencontoh!



Investasi emas telah lama populer di kalangan elit selama ribuan tahun, sejak zaman Firaun Mesir kuno. Secara konsisten emas memiliki daya tarik untuk para miliarder dunia dan orang-orang berkuasa untuk mengumpulkannya sebanyak mungkin. Sebut saja para miliarder seperti Ray Dalio, John Paulson, Lord Jacob Rothschild, dan Naguib Sawiris, menyadari manfaat memegang emas sebagai bagian dari portofolio investasi mereka.  

 

Ada beberapa alasan para miliarder dunia sangat menyukai emas untuk instrumen investasi

 

Safe Haven dan Aset Penyimpan Nilai

 

Salah satu alasan utama para miliarder berinvestasi pada emas adalah karena emas berfungsi sebagai aset yang aman dan menyimpan nilai. Selama masa ketidakstabilan ekonomi atau volatilitas pasar, emas cenderung mempertahankan nilainya atau bahkan terapresiasi, sehingga memberikan tingkat perlindungan bagi investor.

 

Ray Dalio, pendiri Bridgewater Associates, hedge fund terbesar di dunia adalah salah satu pendukung terbesar emas. Dalio sudah lama lebih memilih memegang emas daripada uang tunai, dan dia baru-baru ini mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara pada awal Februari bahwa dia memperkirakan uang tunai akan mengungguli saham dan obligasi tahun ini, sehingga ia menggarisbawahi perlunya aset lain yang lebih aman seperti emas.

 

Lord Jacob Rothschild, anggota terkemuka dari keluarga bankir yang terkenal sangat kaya, juga lebih memilih emas daripada dolar AS. Keluarga Rothschild memiliki sejarah panjang dalam memegang emas. Mereka mengklaim bahwa mereka memasok emas kepada Duke of Wellington untuk membantu mengalahkan Napoleon lebih dari 200 tahun yang lalu.

 

Keluarga tersebut secara signifikan mengurangi posisi besarnya dalam dolar AS pada tahun 2016 dan membeli emas serta mata uang lainnya. Mereka begitu terpikat dengan logam sehingga tertulis di situs arsipnya bahwa “Sejarah perdagangan emas tidak akan lengkap tanpa keluarga Rothschild, dan sejarah keluarga Rothschild akan sangat berbeda tanpa emas.”

 

Cara Bertahan dari Rasa Takut

Warren Buffett, pendiri perusahaan monolitik Berkshire Hathaway dan salah satu investor paling sukses sepanjang masa, bukanlah penggemar berat emas. Dia adalah pendukung setia aset produktif seperti real estate dan bisnis yang menguntungkan. Namun demikian, Berkshire membeli lebih dari setengah miliar dolar Barrick Gold, salah satu perusahaan pertambangan terbesar di dunia pada tahun 2020. Alasan pasti di balik keputusan tersebut belum terungkap, namun analis seperti Shubham Raj dari The Economic Times percaya bahwa hal ini merupakan lindung nilai terhadap gejolak ekonomi lebih lanjut yang disebabkan oleh COVID-19 dan lockdown global.

 

Teori ini didukung oleh pernyataan Buffett sebelumnya tentang logam. Pada 2011 dia mengatakan bahwa emas adalah “cara untuk bertahan dalam rasa takut, dan ini merupakan cara yang cukup baik untuk menahan rasa takut dari waktu ke waktu.”  

 

Buffet jelas lebih memilih aset produktif dalam jangka panjang, meskipun emas punya caranya sendiri sebagai aset safe-haven. Emas kemungkinan besar tidak akan terlalu menguntungkan, tapi mungkin juga tidak akan kehilangan banyak nilainya.

 

Kamu Bisa Memulainya dengan Cara Mudah dan Murah

 

Banyak orang kesulitan menggunakan strategi investasi yang sama seperti para miliarder namun kamu bisa memulainya dengan cara mudah dan murah membeli emas di Treasury.  

 

Kamu bisa membeli emas asli bersertifikasi dengan kadar 99,99% dengan gramasi kecil mulai Rp5.000-an. 

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!