Ada Ancaman Resesi, Investasi Ini Masih Cuan dan Aman, lho



Ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Selepas pandemi Covid-19, ada yang harus dihadapi dunia, yaitu resesi.

Dilansir dari CNBC, resesi terjadi karena ekonomi tumbuh negatif selama dua kuartal berturut-turut. Pada 2020, pandemi Covid-19 membuat aktivitas dan mobilitas manusia terganggu. Roda perekonomian pun macet dan berujung kepada resesi global.

Bagaimana dengan kali ini? Kini, resesi disebabkan oleh tingginya inflasi akibat harga komoditas energi yang naik karena pasokan yang bermasalah. Ditambah lagi ada konflik Rusia-Ukraina yang notabene keduanya termasuk pemasok utama energi dan pangan dunia.

Harga komoditas naik, eh, diam-diam Covid masih menghantui dengan munculnya varian-varian anyar. Memegang uang tunai menjadi pilihan yang dianggap baik saat terjadi resesi. Tapi, kamu masih bisa cuan berinvestasi kala kondisi ini (amit-amit) terjadi di Indonesia.

Bicara tentang resesi, ada instrumen investasi masih cuan di tengah perekonomian yang tidak baik, yaitu emas. Risiko emas terbilang kecil karena volatilitasnya tidak besar dan aman untuk disimpan jangka panjang. Contohnya, saat resesi 2020 dan pandemi Covid melumpuhkan dunia, harga emas di pasar spot meroket 25,01 persen.

Emas dilirik oleh investor karena punya segudang kelebihan. Berikut ini adalah rinciannya, dikutip dari CIMB Niaga.

Pertama, nilainya cenderung stabil dari waktu ke waktu. Yang membuat harganya tetap stabil adalah ada permintaan dan penawaran di pasar yang jelas. Selain itu, emas pun juga berperan untuk melengkapi gaya hidup seseorang. Saat transaksi masih terus jalan dengan kuat, risiko harga aset emas turun itu terbilang minim.

Kedua, mudah dicairkan. Emas bisa dikonversikan ke bentuk uang tunai. Keunggulan ini membuat emas makin menarik di mata masyarakat. Baik fisik maupun digital, emas merupakan jenis logam mulia yang diakui keabsahannya di hampir seluruh dunia. Ini juga membantu proses pencairan aset emas jadi lebih mudah. Bahkan, kamu bisa mencairkan emas di toko emas.

 Ketiga, bebas bunga. Sobat Treasury akan bebas dari bunga yang termasuk ke nilai investasi. Saat menjual emas, nilainya akan setara apa yang dimiliki di tabungan. 

Keempat, melindungi kekayaan. Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan tecermin dari harganya yang selalu stabil dan cenderung naik setiap tahun. Kalau dijual kembali, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi.

Kelima, bebas pajak. Beda dengan instrumen keuangan lainnya, emas ini tergolong investasi yang bebas pajak.

 Keenam, harganya gampang dipantau. Kamu bisa mengecek harga emas secara online. Pergerakan harganya bisa dipantau secara real time. Dengan begitu, Sobat Treasury bisa memutuskan kapan waktu terbaik untuk menjual logam mulia itu. Sebaliknya, kamu pun bisa membeli emas ketika berada di level terendah.

Ketujuh, bersifat dana darurat. Logam mulia ini bisa digunakan ketika ada kebutuhan darurat, lho. Dengan rutin menabung emas, keuanganmu bisa semakin kuat. Saat ada kejadian darurat, logam ini bisa dicairkan untuk menutup kebutuhan itu.

Kedelapan, minim risiko. Dikutip dari Lifepal, logam mulia itu bisa disimpan dalam waktu yang lama. Ditambah lagi, tidak akan berubah fisiknya.

Kelebihan ini membuat kualitas emas tidak turun dan nilainya tetap terjaga. Harganya pun cenderung stabil, bahkan cenderung naik. Plus, instrumen ini tidak terdampak inflasi.

Buat kamu yang tertarik berinvestasi emas, aplikasi Treasury bisa jadi pilihan. Platform ini menawarkan emas dengan harga yang tidak menguras kantong. Dengan modal goceng alias Rp5 ribu, Sobat Treasury bisa membeli emas.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!