Treasury CETARxSafir Senduk: Pentingnya Punya Dana Darurat💰



Di tengah pandemi seperti sekarang ini, sebenarnya bagaimana sih cara agar bisa mengelola keuangan dengan baik? Terlebih lagi Kita semua pasti mau menjadi sultan dan raih #MasaKeEmasan. Salah satu caranya adalah siapin Dana Darurat.

Jadi gini nih Sobat Emas, dana darurat itu ibarat dana yang kamu taruh di sebuah lemari kaca. Yang kamu pecahkan kacanya kalau terjadi Resesi atau ketika keadaan darurat.

Misalnya, tiba - tiba pendapatan kamu berkurang atau bahkan nggak ada pendapatan. Padahal masih ada pengeluaran yang harus dibayar. Nah, dana darurat ini gunanya untuk berjaga - jaga kalau terjadi sesuatu. Kenapa? pastikan kamu punya dana darurat yang kalau tiba-tiba pendapatan kamu berhenti, kamu masih bisa membayar pengeluaran dan kebutuhan kamu selama beberapa bulan kedepan.

Idealnya sih, kamu kudu punya dana darurat, atau dana cadangan sebesar 3-6 bulan pengeluaran kamu. Kalau kamu ternyata pengeluarannya banyak banget dan jadinya boros, ya...dana daruratnya sebesar 2-3 bulan pengeluaran masih oke lah. Yang penting, harus punya dana darurat ya!

Nah lalu gimana caranya punya dana darurat? Yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyisihkan dari penghasilan kamu. Bisa langsung dalam 1 bulan, atau mungkin tidak akan langsung terbentuk di bulan depan, mungkin di beberapa bulan besok baru terbentuk. Nggak apa kok, yang penting niatkan punya dana darurat..

Yang kedua mungkin penghasilan kamu sudah terlanjur dibelikan beberapa barang dan sudah nggak bisa menyisihkan untuk dana darurat. Kamu bisa menjual beberapa barang tersebut dan mengalokasikan hasil jualannya untuk dana darurat.

Lalu penempatan dana darurat juga penting ya! Taruh di tempat yang tidak mudah untuk diambil tetapi juga tidak terlalu sulit untuk diambil. Kalau di tempat yang gampang diambil, maka besar kemungkinan uang tersebut bisa lenyap minggu depan akan kamu pakai buat belanja. Nah, kalau di tempat yang terlalu sulit untuk diambil. Kamu bisa kesulitan untuk mencairkan dananya.

Saran Mas Safir Senduk, “Dari beberapa opsi, kamu bisa pertimbangkan menaruh Dana Darurat kamu dalam bentuk Emas”

So, Dana Darurat wajib kamu punya ya Sobat Emas! Terlebih lagi di saat tidak menentu seperti sekarang ini! Nggak apa dimulai dari kecil dulu, yang penting punya! Di Treasury kamu bisa mulai dana darurat kamu dengan #PunyaSimpenan Emas mulai Rp 5000-an dan kamu bisa juga menggunakan fitur Rencana Emas untuk merencanakan dana darurat kamu, Sobat Emas!

👀Pantengin terus website dan aplikasi Treasury ya, karena kita akan bahas hal-hal menarik lainnya seputar finansial di program kita Treasury CETAR bareng Safir Senduk-master financial planner.