Dear Gen Z, Yuk Atur Duit Biar Nggak Boros



Sobat Treasury, apakah kamu termasuk generasi Z dan sudah bekerja? Jika, ya, mari kita mulai mengelola keuangan dengan baik. Mengapa keuangan harus diatur? Jika keuanganmu bisa diatur dengan baik, kamu bisa, lho, mencapai tujuan finansialmu, seperti traveling, menikah, atau memiliki rumah pada usia muda. Nggak hanya itu, keuangan yang diatur dengan baik juga akan mencegah dompetmu bocor.

Apalagi mengingat sebuah survei yang menunjukkan 85 persen generasi Z tak punya tabungan karena minim literasi keuangan. Menurut Ketua Program Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama Universitas Islam Indonesia, Rininta Hanum, Gen Z cenderung menghabiskan uang untuk yang bukan kebutuhan utama. Ada 35 persen pengeluaran generasi ini untuk berlibur, lalu 25 persen untuk nongkrong, 20 persen makan-makan, serta 13 persen fesyen dan kecantikan. Untuk investasi? Pengeluarannya hanya 7 persen.

 

Oke, lalu, bagaimana caranya mengatur uang dengan baik?

Pertama, menentukan tujuan keuangan dan komitmen. Yang pertama dilakukan adalah menetapkan tujuan keuangan agar mempermudah kamu membuat anggaran. Misalnya, berlibur, membeli rumah, atau menikah. Jangan lupa disiplin dan komitmen untuk menjalankan anggaran yang telah dibuat, ya!

Kedua, membuat anggaran pengeluaran. Sobat Treasury bisa menggunakan pola 50-30-20 untuk anggaranmu. Rinciannya, 50 persen untuk kebutuhan harian, 30 persen untuk senang-senang, dan 20 persen tabungan dan investasi. Jika belum ada dana darurat, gunakan pos 20 persen untuk membangun dana darurat.

Ketiga, membangun dana darurat. Mengapa dana darurat itu penting? Dana darurat ini penting untuk menutup pengeluaran yang tidak terduga. Misalnya, Sobat Treasury terkena PHK atau ada anggota keluarga yang sakit sehingga harus dirawat di rumah sakit. Dana darurat ini bersifat darurat. Lebih baik disimpan di instrumen investasi yang berisiko rendah dan gampang dicairkan, seperti emas.

Keempat, berhemat. Sobat Treasury bisa mulai menekan pengeluaranmu untuk berhemat. Misalnya, mengurangi makan mewah di restoran ternama atau berhenti dari keanggotaan gym. Atau, mulai melirik pasar tradisional untuk berbelanja daripada di supermarket ternama. Kamu juga bisa memanfaatkan belanja di e-commerce. Platform perdagangan online ini sering memberikan diskon-diskon dan promo-promo, lho. Lumayan, kan, bisa ngirit.

Kelima, menghindari hutang. Kalau misalnya belum berhutang, please hindari yang satu ini, ya. Hutang ini justru bisa membuatmu terjerat masalah finansial jika kamu tidak bisa mengelolanya dengan baik. Kalau terlanjur punya, jangan lupa membayar tepat waktu agar tidak kena penalty dan bunganya membengkak.

Keenam, mempersiapkan dana pensiun. Dana pensiun bisa ini berguna banget buat kamu untuk menghadapi masa tua. Dana ini bisa membantumu untuk membiayai hidup ketika masa senja dan tidak merepotkan anak cucumu kelak.

Ketujuh, investasi. Investasi ini membuat uangmu beranak pinak. Kalau sedang merencanakan dana darurat, kamu bisa mengumpulkannya lebih cepat dengan investasi. Atau, Sobat Treasury juga bisa menggunakan investasi untuk mengumpulkan dana pensiun, dana darurat, hingga tujuan finansialmu.

Instrumen investasi seperti emas bisa banget dijadikan pilihan. Mengapa? Logam kuning ini tahan terhadap inflasi, nilainya tetap terjaga, dan harganya bisa naik setiap tahun. Tak hanya itu, emas juga sangat likuid alias mudah dicairkan.

 

Emas Bisa Dibeli Mulai dari Rp5 Ribu

Sobat Treasury juga bisa membeli logam kuning ini secara online melalui smartphone, seperti Treasury. Aplikasi emas digital ini menawarkan emas dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Harganya lebih murah daripada segelas es kopi kekinian, kan?

Nggak hanya itu, Treasury punya fitur Rencana Emas untuk membantumu mencapai tujuan finansial. Di sini ada simulasi perhitungan dana yang dibutuhkan serta jumlah emas yang harus ditabung agar tujuan finansialmu tercapai.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.                   

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam. Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!