7 Level yang Harus Kamu Lalui Menuju Level Kemerdekaan Finansial



Sobat Treasury, tentu mau dong hidup dengan status merdeka secara finansial? Merdeka  untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus bergantung pada pendapatan dari orang lain. Ini berarti memiliki cukup tabungan, investasi, atau aset yang menghasilkan pendapatan pasif untuk mencakup pengeluaran sehari-hari. 

Menuju merdeka finansial, kamu harus dapat mengidentifikasi beberapa level atau tahapan yang membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Berikut adalah beberapa level yang bisa kamu pertimbangkan:

 

Level 1 - Tahap Awal Financial Instability

Level 1 adalah level ketidakstabilan finansial atau financial instability. Artinya kamu sering kesulitan membayar cicilan atau utang. Terus terang, perjalananmu menuju kemerdekaan finansial masih panjang. Tetapi jangan menyerah apalagi berkecil hati yah.

Di level ini, mulailah mengidentifikasi tujuan finansial jangka pendek, menengah, dan panjang. Menetapkan target angka yang ingin dicapai untuk setiap tujuan tersebut. Sebagian orang mungkin menyepelekan hal ini, yang terpenting bagi mereka adalah banyak uang dan dapat memenuhi semua kebutuhannya. Tapi, dengan begitu, akan sulit bagi kamu dalam mengambil langkah yang ingin dituju.

Memiliki tujuan keuangan yang jelas merupakan kunci untuk menciptakan kondisi finansial yang sehat. Tujuan keuangan juga memiliki peranan sangat penting dalam membuat perencanaan finansial yang terarah. 

 

Level 2 - Menghitung Rasio Kemampuan Menuju Solvency Finansial 

Level kedua ini kamu sudah bisa menghitung kemampuan finansial kamu dengan memenuhi kewajiban harian ataupun kewajiban jangka pendek maupun jangka panjang. Pada tingkatan ini kamu mulai dapat memenuhi pengeluaran kamu sendiri, kamu mulai tidak ketergantungan terhadap orang lain atas kebutuhanmu. Dalam artian, kebutuhan dan keinginanmu tidak lagi akan ditanggung orang tua maupun orang terdekat 

DI level ini kamu sudah harus punya anggaran yang mencerminkan pendapatan dan pengeluaran kamu.Membuat rancangan anggaran keuangan menjadi semacam peta bagi kita untuk mengatur keuangan. Di dalamnya berisi catatan pendapatan dan pengeluaran yang akan dikeluarkan, dan mana yang harus disimpan untuk dana darurat.

 

Level 3 - Tahap Financial Stability 

Orang-orang di level ini sudah memiliki dana darurat yang cukup untuk setidaknya membayar biaya hidup selama dua atau tiga tahun ke depan. Dana darurat perlu dimiliki semua orang untuk mengantisipasi hal-hal gak terduga seperti pengeluaran besar yang mendesak atau kehilangan penghasilan.

Di level ini, dengan dana darurat kamu tidak perlu menyimpan semua uang mu dalam bentuk tunai. Selama kamu dapat mengakses uang itu dengan cepat saat butuh, Kamu harus memiliki fleksibilitas untuk membebaskan diri sementara dengan memakai dana yang disiapkan.

 

Level 4 - Mengurangi Utang Guna Menuju Debt Freedom

Tahap selanjutnya adalah debt freedom. Kamu sudah harus mulai membayar utang-utang dengan bunga tinggi secara bertahap. Menghindari utang baru dan fokus pada pengurangan utang yang ada. Awali dengan membuat rekapitulasi utang sambil bertekad untuk melunasinya. Perlahan mulai bayar dengan skala prioritas.  

Orang-orang di level ini cenderung masih punya utang, namun juga masih memiliki sisa uang setelah membayar biaya hidup. Sehingga jika masalah utang sudah teratasi maka akan menuju level kelonggaran finansial.  

 

Level 5: Bebas dari Rasa Takut di Tahap Financial Security

Financial security adalah tahap dimana kondisi keuangan kamu sudah di titik relatif aman karena kamu sudah memiliki investasi dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan hidup kamu, mulai dari angsuran rumah, biaya hidup dasar keluarga.

Di tahap ini, besaran investasi yang kamu miliki bahkan sudah cukup untuk membayarkan kebutuhan pokokmu tanpa waswas dengan penghasilan bulanan. Kalau sudah mencapai financial security, berarti kamu sudah bisa mengontrol sendiri pilihan dan kondisi keuangan sesuka hati. Di level ini kamu punya kebebasan untuk gak bekerja setiap saat untuk menikmati hidup.  

 

Level 6: Indahnya Berada di Level Financial Freedom 

Di level ini kamu sudah mencapai level kemandirian dan kemerdekaan finansial dalam hidup, hanya dari pendapatan yang kamu peroleh dari investasi. Agar dapat mencapai level ini, kamu harus menginvestasikan pendapatan kamu dalam presentase yang lumayan tinggi. Hal ini supaya kamu dapat mengejar kemandirian finansial lebih cepat lagi.

Level finansial ini berarti kamu punya kebebasan waktu untuk melakukan hal yang kamu inginkan tanpa perlu memikirkan pekerjaan atau biaya sehari-hari. Uang dari hasil investasi yang kamu miliki bahkan sudah cukup untuk menutup biaya hidup di atas rata-rata.

Kalau punya rencana pensiun dini dengan gaya hidup yang standar, rasanya kamu bisa melakukannya tanpa perlu khawatir merepotkan orang. Soalnya, dana dari investasi yang kamu miliki sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, proteksi, gaya hidup, hingga hiburan.

 

Level 7 -  Puncaknya Tahap Kemakmuran Finansial (Financial Abundance)

Wow, kamu sudah berada di level tertinggi dalam kemerdekaan finansial yang didamba-dambakan banyak orang. Kamu bahkan punya kebebasan memilih tak bekerja sama sekali tanpa perlu mengkhawatirkan keuangan saat ini dan masa tua nanti.

Hasil jerih payahmu sudah berbuah manis karena pilihan untuk pensiun—dini maupun nanti—dengan gaya hidup di atas standar juga sudah ada di genggaman. Oh ya, di level ini, rasanya kamu pun bisa menjadi filantropis yang berkemampuan membantu sesama. Jangan ragu untuk memaksimalkan kemampuan finansialmu yang baik untuk kebaikan yang lebih besar ya.

Penulis buku Financial Freedom, Grant Sabatier menyatakan level 7 adalah kamu sudah memiliki kekayaan yang melimpah, mereka punya uang yang jumlahnya lebih banyak daripada yang mereka butuhkan sehingga tidak perlu khawatir tentang uang. 

 

Saatnya Panen Emas di Treasury

Sobat Treasury, di mana pun level kamu berada, asal memahami kondisi finansial sudah jadi langkah awal yang sangat baik. Tinggal siapkan strategi untuk naik ke level yang lebih tinggi. Selama kamu merasa bercukupan dan tak terlilit utang, maka kondisimu sudah cukup oke kok. Perlahan-lahan tapi pasti tinggal asal kemampuan untuk naik level, salah satu caranya adalah dengan investasi emas. 

Seperti kita tahu, nilai Emas itu memang akan selalu naik dalam jangka waktu panjang, dan bisa jadi pilihan buat masa depan Kamu, walau digempur sama yang namanya inflasi. Makanya Treasury nggak akan pernah bosan semangatin kamu untuk investasi emas.

Treasury ada kabar menarik buat kamu! Pasti Sobat sudah tahu fitur Panen Emas dong?!

Di fitur Panen Emas, Sobat bisa dapat tambahan penghasilan bonus Emas (gramasi) dengan cukup menyimpannya selama periode tertentu. Bonus emas yang didapatkan merupakan hasil dari pertumbuhan bunga setiap bulannya! Cukup simpan min. 14 hari, sudah bisa dapat bonus emas tiap bulannya! Sekarang ada kenaikkan bunga baru di fitur Panen Emas! Nikmati bunga s.d 9% p.a di fitur Panen Emas!

 

Gimana caranya? Sangat mudah! 

Yang pertama kudu Kamu lakukan adalah menaruh saldo awal emas di fitur Panen Emas. Sobat bisa atur jumlah gramasi awal dan tenor waktunya sesuai dengan kenyamanan kamu. Setelah beres di proses awal, cukup kamu diamkan saja deh!

Setiap bulan Kamu akan dapat bonus emas yang akan di-update secara berkala melalui notifikasi apps dan juga status simpanan Panen Emasmu. Bonus tersebut akan otomatis masuk ke saldo Emas Sobat secara berkala setiap bulannya dengan pertumbuhan bunga s.d 4,8%*pa! Lumayan kan untuk naik ke level teratas menuju finansial freedom.

Soal legalitas jangan khawatir. Sebab, Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI. Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI.  Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Yuk mulai Panen Emas sekarang!