7 Keuntungan Investasi Emas, No. 1 Nggak Ada Lawan!



Belakangan ini, harga emas menjadi sorotan banyak orang. Harganya menanjak karena efek pelemahan dolar AS. Inilah yang membuat emas menjadi instrumen yang semakin menarik di mata investor.

Mengutip Reuters dari Bisnis, lesunya dolar AS mendukung pergerakan emas yang menggunakan greenback sebagai acuan. Saat imbal hasil obligasi dolar AS meningkat dan membatasi kenaikannya, emas pun tetap perkasa.

Bahkan, dalam sepekan, berdasarkan Treasury, harga emas naik Rp13.447 per gram, dari Rp887.630 per gram pada 17 Mei 2022 menjadi Rp901.077 per gram pada Selasa 24 Mei 2022.

Bicara soal emas, instrumen investasi ini memang familiar di tengah masyarakat. Dikutip dari Cermati, kepastian keuntungan investasi merupakan nilai plus dari logam mulia itu.

Makanya, tak heran investasi emas punya keuntungan utama, yaitu harganya naik dari tahun ke tahun. Ini memberikan keuntungan bagi pemiliknya, apalagi kalau harga beli dan jualnya punya selisih yang besar.

Masyarakat pun menjadikan emas sebagai salah satu bentuk investasi dan berminat terhadap beragam bentuk emas, seperti batangan, perhiasan, bahkan dinar. Tak hanya bentuk fisik, masyarakat juga melirik tabungan emas untuk dana pendidikan, biaya kesehatan, dan keperluan biaya haji, bahkan membeli rumah.

 

Pertama, mudah dicairkan. Ini merupakan keuntungan yang cukup menggiurkan dalam berinvestasi. Instrumen investasi lainnya punya sifat lebih susah dicairkan atau hanya bisa diklaim pada saat tertentu.

Berbeda dengan emas, instrumen ini bisa dicairkan ke dalam bentuk uang tunai dengan mudah. Selain itu, pencairannya pun dilakukan dengan waktu yang relatif singkat dan fleksibel.

 

Kedua, melindungi nilai kekayaan. Emas cocok disebut sebagai alat lindung nilai (hedging) kekayaan seseorang karena cenderung nilai emas meningkat dari tahun ke tahun. Perlindungan ini terlihat dari harganya yang stabil dan cenderung naik. Saat dijual kembali, pemilik emas bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi.

 

Ketiga, minim risiko. Dikutip dari Lifepal, emas bisa digunakan sebagai instrumen investasi bagi investor pemula. Logam mulia ini bisa disimpan dalam waktu yang lama dan tidak akan berubah fisiknya. Ini tidak akan membuat kualitasnya turun dan nilainya tetap terjaga. Selain harga yang cenderung stabil, emas juga tidak terdampak inflasi, malah harganya bisa semakin naik.

 

Keempat, bisa jadi dana darurat. Logam ini merupakan instrumen jangka panjang karena keuntungannya tak didapat dengan cepat. Fluktuasi harga memang ada. Namun, kondisi ekonomi yang stabil akan membuat harganya cenderung stabil.

 

Kelima, harga mudah dipantau. Harga emas bisa dipantau secara online. Fluktuasi harganya bisa diketahui secara real time. Kalau ingin menjualnya, kamu bisa mengecek harga emas yang terbaik. Begitu pula sebaliknya. Kamu bisa membeli emas saat berada di level terendah.

 

Keenam, digunakan saat terjadi ketidakpastian. Situasi ekonomi dan politik yang tidak pasti menjadi momok banyak orang, terutama orang kaya. Saat itu terjadi, investasi emas menjadi keputusan yang tepat.

Investor akan mengalihkan uangnya ke emas daripada instrumen lainnya saat perekonomian sedang tidak pasti. Daripada menerima risiko yang besar, mereka mengamankan kekayaan dengan investasi emas.

 

Ketujuh, diakui dan diterima banyak orang di dunia. Menariknya, hampir semua orang di dunia percaya dan sepakat dengan nilai yang dikandung emas. Ditambah lagi ada sejarah emas yang telah dikenal dari zaman dahulu dan membuat nilai logam ini terus bertahan. Malah, emas dulunya jadi alat tukar yang dominan.

 

Untuk pemula yang baru berinvestasi, aplikasi Treasury bisa jadi pilihan. Investasi emas di Treasury bisa kamu lakukan mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu.

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!