7 Jenis Batu Permata dan Maknanya, Jangan Salah Pilih ya



Kita sering melihat perhiasan-perhiasan yang bertatah batu permata. Kemilau batu mulia sering mengundang decak kagum kepada orang-orang yang memandangnya.  Ada banyak batu permata yang dijadikan untuk mempercantik perhiasan. Sebut saja berlian, aquamarine, dan kecubung. Ada juga safir dan zamrud. 

Kamu bisa mengetahui jenis-jenis permata dan maknanya agar cocok digunakan sesuai kepribadian dan momen spesial. Berikut ini penjelasannya. 

 

1. Kecubung (Amethyst)

Batu ini berwarna ungu yang menawan hati. Banyak orang menyukai kecubung alias amethyst karena harganya lebih terjangkau.  Amethyst melambangkan kelembutan dan ketenangan. Selain itu, batu ini juga mengajak banyak orang dekat untuk dekat dengannya. 

 

2. Aquamarine

Batu aquamarine berwarna biru muda nan lembut. Menurut pakar kristal, aquamarine dipercaya sebagai harta putri duyung dan membawa energi laut yang menenangkan. Bahkan, para pelaut dan prajurit pada zaman dulu, sering memakai batu aquamarine. 

Batu ini melambangkan kepercayaan, pertemanan yang kuat dan komunikasi yang terbuka. Tidak heran kalau dulu orang Romawi Kuno melihat aquamarine sebagai tanda persahabatan. Batu tersebut juga berkaitan dengan laut dan air serta terkait dengan emosi dan intuisi yang membantu menjaga ketenangan dan kejernihan. Efek ini juga bagus untuk komunikasi dan kreativitas sang pemakai.

 

3. Citrine

Citrine merupakan salah satu kristal kuarsa yang populer dan cukup langka. Kebanyakan citrine berasal dari kecubung yang telah dipanaskan untuk mengubah warna. Nama citrine ini berasal dari bahasa Perancis, citron, yang artinya lemon. Hal ini disebabkan oleh warna citrine yang berwarna kuning cerah dan oranye. Batu ini dipercaya bisa menumbuhkan kepercayaan diri dan kekuatan pribadi. Tidak hanya itu, citrine juga sering digunakan bersamaan dengan feng shui untuk menyambut kekayaan, kemakmuran, dan energi positif. 

 

4. Rubi (Ruby)

Ruby merupakan mineral korondum di lapisan bumi yang terkena proses pengotoran oleh beragam mineral. Selain kemilau yang sempurna, rubi punya warna yang merah merona. Ruby sering diasumsikan sebagai kedamaian, kekuatan, dan cinta. Selain berlian, permata ini sering digunakan untuk acara pertunangan atau pernikahan. 

 

5. Safir (Sapphire)

Batu safir hadir dalam beragam warna. Akan tetapi, yang paling banyak disukai adalah biru laut. Safir melambangkan komitmen, cinta, kesetiaan, dan kejujuran. Ada satu cincin tunangan yang berhias safir biru, yaitu cincin milik Lady Diana yang diberikan oleh Raja Charles III. Kemudian, Pangeran Willian memberikan cincin itu kepada Kate Middleton ketika melamarnya.

 

6. Zamrud (Emerald)

Emerald alias zamrud ini sering disebut sebagai permata Dewi Venus--dewi cinta dan harapan dalam mitologi Yunani. Warna hijau yang indah membuat zamrud sebagai salah satu permata yang menawan.  Sobat Treasury, batu ini menjadi simbol kelahiran, cinta, kesuburan, dan keabadian. 

 

7. Berlian

Batu permata yang satu ini sangat familiar di kalangan masyarakat. Berlian punya sifat yang klasik, timeless, dan tradisional. Berlian melambangkan kekuatan, kesetiaan, kemurnian, dan keseimbangan. Tidak mengherankan permata ini sering digunakan oleh pengantin untuk cincin kawinnya. 

Jika tertarik membeli berlian, Sobat Treasury sebaiknya memilih yang sudah mengantongi sertifikat, misalnya sertifikat GIA (Gemological Institution of America). Berlian yang sudah mengantongi sertifikat GIA itu sudah terjamin keaslian dan kualitasnya. Sekadar informasi, GIA meripakan lembaga pemeriksa berlian terkemuka di dunia. 

Kalau kamu membeli perhiasan berlian yang bersertifikat GIA, akan ada beragam informasi seputar permata yang dibeli, seperti header lembaga pemeriksa berlian, laporan grade berlian, serta hasil grade 4C. Sertifikat yang asli punya hologram dan micro print. 

Kalau perhiasan kamu punya sertifikat ini, berlian itu bisa dijadikan investasi karena harga akan stabil, bahkan bisa naik.


 

Mobile-Banner

Kamu bisa beli perhiasan bermata berlian di sini. 

Ingin punya perhiasan emas bertatahkan berlian? Sobat Treasury bisa melirik koleksi Lumine. Perhiasan ini merupakan kolaborasi FROM.Story dengan Treasury. 

Desain Lumine yang tidak lekang oleh waktu ini terinspirasi dari mitologi bintang. Selain terbuat dari emas 18 karat dan warisan bagi anak cucu, koleksi perhiasan ini juga berhias berlian, lho! Berlian yang digunakan sudah mengantongi sertifikat GIA. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai investasi juga.

Dalam serial Lumine, kalung Vega berhias berlian 0,04 karat serta anting-anting Andromeda 0,08 karat dan Polaris 0,02 karat. 

Kamu tertarik untuk membelinya? Yuk download aplikasi Treasury sekarang agar bisa memboyong perhiasan emas Lumine.